Langsung ke konten utama

Ngobrol enteng soal Pancasila...

Berasa ga sih kalau sekarang tuh dunia internet dan media sosial udah ga senyaman dulu lagi ?? Aku kok merasa begitu yaa... Kondisi dunia maya makin berasa panas pas ada pilkada rasa pilpres dan berbagai isu SARA yang terus terusan di buzz oleh beberapa kalangan.... Banyak loh yang jumlah friendlist atau followers nya langsung anjlok semasa dan setelah pilkada rasa pilpres itu... Dan dampaknya bahkan berimbas juga kedunia nyata, banyak yang tadinya tetangga akur adem ayem jadi ga saling tegur sapa hanya karna beda paslon yang didukung... Belum lagi kasus persekusi yang belakangan juga marak dibicarakan itu, membuat dunia maya makin panasss...
Menanggapi hal ini, MPR RI mengundang 100 orang netizen pilihan yang berasal dari berbagai daerah ke acara bertajuk " Netizen Ngobrol Bareng MPR RI" di ruang delegasi IV gedung MPR RI. Acara ini sih sebenarnya masih merupakan rangkaian acara Pekan Pancasila yang digagas oleh seluruh jajaran pemerintah, guna meningkatkan kesadaran masyarakat kembali soal nilai nilai luhur pancasila.
100 netizen peserta ngobrol bareng MPR RI

Acara " Netizen Ngobrol Bareng MPR RI " ini merupakan kali ke empat yang diselenggarakan oleh MPR RI. Sebelumnya acara serupa juga pernah diadakan di Bogor, Soli, dan Yogyakarta.
Acara dibuka dengan sambutan oleh mbak Mira Sahid selaku koordinator acara ini yang sekaligus merupakan founder dari komunitas emak blogger.
Tadinya aku pikir acara ini bakalan berjalan kaku, mengingat tema yang diangkat soal pancasila, agak berat dibicarakan oleh orang awam sepertiku... Sepertinya ini juga yang dirasakan oleh 100 netizen yang hadir... Tapi semuanya langsung cair begitu Bapak Zulkifli Hasan memberi kesempatan kepada kami buat selvi bareng dengannya...
Kontan saja kami langsung berebut untuk bisa selvi dengan beliau dan beliau begitu sabar melayani kami...
Bpk zulkifli hasan meladeni kami berselvi ria...

Selesai berselvi ria, beliau pun menyampaikan beberapa patah kata pada kami sebelum akhirnya beliau terpaksa harus pergi untuk menghadiri acara di tempat lain...
Ada banyak hal yang kutangkap dari obrolan kami dengan beliau... Dan yang membuatku tertarik adalah saat beliau berkata kalau bicara soal pancasila itu ga harus soal kenegaraan aja... Pancasila adalah nilai nilai luhur yang sebenarnya ada juga dalam pelajaran di agama manapun... Jadi seharusnya pancasila bisa banget berjalan beriringan dengan agama kita.. Bukan malah bertentangan seperti yang belakangan ini terjadi... Dan akupun membenarkan pernyataan beliau tersebut...
Orang yang agamis akan otomatis memiliki nilai nilai luhur pancasila dan begitu juga sebaliknya... Orang yang pancasilais akan otomatis juga merupakan orang yang agamis menurut kepercayaan agamanya masing masing.
Contoh simpelnya gini... Saat aku mengajarkan anak anakku mengaji dan ilmu agama lainnya maka itu juga bisa berarti aku sedang mengajarkan soal pengamalan sila ke 1 pancasila . Atau saat aku mengajarkan anak anakku tentang perilaku adil terhadap sesama maka itu juga berarti aku sedang mengajarkan soal pengamalan sila kedua pancasila. Bener kan ?? Bener doong...
Jarang jarang bisa kesini... So selvi tuh wajib hukum nya...

Penanaman soal agama dan nilai nilai pancasila ini harus dimulai dari pendidikan yang paling dasar, yakni di dalam rumah, dengan kita, orang tua, sebagai gurunya.
Ini amat penting sebagai bekal untuk kelak anak anak kita berperilaku dan bertindak di luar rumah... Dan jangan sampai lupa kalau ' buku' yang paling mudah dimengerti oleh anak anak kita adalah kita sendiri sebagai contoh nyata bagi mereka. Jadi jangan berharap anak anak kita bisa berjiwa pancasilais dan agamis kalau kitanya aja masih belum mengamalkan nilai nilai pancasila itu sendiri terutama saat kita bermedsos ria...
Dulu aku juga sering menuangkan kekesalan dan kegalauan di medsos tapi belakangan ini aku berpikir, bagaimana jadinya kalau kelak anak anakku dewasa dan membaca medsos orang tuanya yang penuh amarah dan kegalauan... Duh malunya...
Itu sebabnya sekarang aku memilih menahan diri untuk bergalau galau ria atau sekedar share share berita yang belum tentu benar...
Intinya... Dari pada perang dingin di medsos soal paslon yang kita dukung... Mending juga perang background  facebook cantik ala emak emak ajeee... Setuju...??!!!

Komentar

  1. mudah2an panacsila tetap di hati masarakat indonesia shg bsia menjaga keberagaman yang ada di negeri tercinta ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Berharap banget Indonesia bisa tetep jadi negara yang aman dan damai...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…