09/07/17

Kunjungan ke Pabrik Sosro

Tau  dong program tv " laptop si unyil" ?? Program tersebut merupakan program edukasi tentang proses pembuatan suatu produk melalui kunjungan pabrik yang ceritanya dilakukan oleh si unyil dan teman temannya. Nah kebetulan anak-anakku suka sekali menonton program tersebut dan amat ingin dapat melakukan kunjungan pabrik juga seperti si unyil. 

Sebagai ibu, aku jelas ingin mewujudkan keinginan anak anakku tersebut, tanpa pikir panjang aku pun lanjut tanya-tanya dan browsing sana-sini mencari info kira kira pabrik mana aja yang membuka kunjungan pabrik untuk umum, dan berdasarkan hasil googling, ternyata banyak loh pabrik yang membuka kunjungan pabrik untuk umum. Tinggal dipilih saja mana yang kira kira cocok dan disukai anak anak. Daaann akhirnya kami pun memilih untuk melakukan kunjungan pabrik ke pt sinar sosro, perusahaan yang memproduksi teh botol, fruity,tebs, dan es tee.

Kunjungan Pabik Gratis

Sebelum melakukan kunjungan pabrik aku melakukan registrasi dulu di website nya sinar sosro, setelah itu ga sampai  2 hari aku sudah mendapat konfirmasi melalui email dan ga lama kemudian aku pun  dihubungi via wa oleh pihak sosronya  untuk koordinasi selanjutnya soal jumlah peserta yang akan ikut nantinya. Konfirmasi ini berkaitan dengan banyaknya konsumsi  yang akan disiapkan oleh pihak sosro saat kunjungan. O iya jumlah peserta kunjungannya dalam  1 sesi nya minimal 30 orang dan tidak dibatasi usianya.

Sekitar 2 hari sebelum tanggal kunjungan  yang telah disepakati sebelumnya,  pihak sinar sosro akan mengirimkan surat konfirmasi lagi dan memastikan kembali soal kunjungan tersebut. Email ini wajib kita balas ya sebagai bentuk kepastian kunjungan yang akan dilakukan.

Dan akhirnya, pada tanggal  6 juli 2017 , kami pun berkunjung ke pabrik sosro. Rombongan yang kami sebut kelompok ibu ibu rt 02/04 harapan jaya ini, berjumlah 40 orang. Kebanyakan dari kami membawa serta anak anak, karena memang tujuan awal kami datang ke pabrik sosro ya untuk edukasi buat anak anak.

Begitu masuk ke pt sinar sosro tersebut, kami langsung disuguhi teh botol sosro dan langsung diarahkan ke ruang galeri  teh botol sosro. Di ruang galeri ini terdapat berbagai macam penghargaan yang diterima oleh pt sinar sosro, disertai juga sejarah singkat soal berdirinya pt sinar sosro tersebut.  O iya di salah satu sudut ruang galeri itu juga disediakan komputer lengkap dengan games yang tentunya disukai oleh anak anak yang hadir.

Galeri pt sinar sosro
Galeri pt sinar sosro

Games yang bikin anak anak makin betah...



Puas berfoto dan berkeliling galeri, kami pun diarahkan untuk memasuki ruang auditorium. Disana kami menyaksikan beberapa video, diantaranya video tentang sejarah berdirinya pt sinar sosro, video pembuatan  fruity dan teh botol sosro kemasan karton di pabrik yang berlokasi di cibitung, bekasi, dan video tentang pembuatan teh botol sosro kemasan botol beling yang diproduksi di pabrik yang  kami kunjungi ini.

Setelah melihat video video itu, kami pun langsung diajak berkeliling pabrik dan melihat secara langsung bagaimana  proses pembuatan teh botol sosro dari mulai pemilihan bahan baku sampai dengan proses pengolahan limbah yang dihasilkan. Sayangnya di dalam pabrik tidak diperbolehkan membawa kamera jadi aku sama sekali tidak memiliki foto didalam  pabrik...

Semangat liat video di ruang auditorium...

Di dalam pabrik sosro itu ada beberapa bagian, pertama kami diajak ke bagian pembuatan botol plastik nya, anak anak begitu takjub melihat botol kecil seukuran kurang lebih  5cm bisa jadi besar seukuran botol teh botol sosro hanya dengan ditiup oleh mesin.

Setelah botolnya jadi, teh yang sudah diracik pun dimasukkan kedalam botol  dengan mesin dalam keadaan masih panas dan langsung ditutup rapat agar mikroba-mikroba tidak sempat masuk kedalam botol tersebut. Setelah terisi, botol botol itu pun melalui mesin penyiram untuk menurunkan suhu panasnya, dan lanjut dipasang label deh.

Sudah selesai? Belum dong. Botol-botol yang telah berlabel ini masuk ke area inkubasi untuk didiamkan terlebih dahulu selama 3-7 hari. Nah setelah masa inkubasi selesai, botol-botol tersebut akan melalui uji laboratorium dulu untuk mengecek ada atau tidaknya mikroba dan untuk standarisasi rasa. Setelah lolos uji laboratorium, baru deh teh botol sosro nya siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.

O iya kami juga diajak melihat proses pengolahan limbahnya juga loh. Namanya juga proses produksi, mau tidak mau pasti akan menghasilkan limbah, begitupun dengan pabrik sosro ini. Limbah di sini adalah ampas teh dan karena produksi nya banyak, ampas teh yang dihasilkan juga banyak. 

Ada satu kolam khusus untuk menampung limbah tersebut. Uniknya, kolam itu dialirkan ke suatu alat penyaring dalam kolam terpisah dan hasil saringannya itu kemudian dialirkan ke dalam kolam lain yang berisi ikan mas. Di sini dijelaskan bahwa setelah melalui proses penyaringan, airnya sama sekali tidak berbahaya, terbukti dengan tetap hidup dan berkembangbiaknya ikan mas di kolam hasil saringan limbah tersebut.

Setelah lelah berkeliling pabrik, kami pun kembali dijamu dengan snack dan teh botol sosro (lagi). Pokoknya pengalaman berkunjung ke pabrik sosro tuh bener-bener berharga banget deh buat kami semua. Nah buat yang mau melakukan kunjungan ke pabrik sosro juga bisa langsung aja kepoin website teh botol sosro atau cari tau lebih jauh di akun sosial media nya yaa.

8 komentar:

  1. kreatif banget mbak kelompok ibu-ibunya bikin kunjungan ke pabrik sosro, pasti berkesan banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkesan banget mbak... Terutama buat anak anaknya... Seneng semuaa... :)

      Hapus
  2. Ohhh bisa lgs daftar gt yaaa.. Gratis ya mba kalo mw liat pembuatannya gitu? Dulu 1-1 nya pabrik yg pernah aku dtgin itu indofood yg pabrik indomie nya.. Tp itu diurusin sekolah, jd ga ngerti jg cara daftarnya.. Seru memang kalo kita bisa tau cara pembuatan sampe ke hal limbah2 nya gt yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa langsung daftar aja... Di web nya... Respon nya bagus dan cepet bgt...

      Hapus
  3. Hmm enak bisa pergi sejakama edukasi buat kidos,,,notedbngt acaranya kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idenya sih dari anak anak mbak... Berarti yang kreatif mah anak anaknya ya... Hehehe... :)

      Hapus
  4. teh ini masihg ngehits.. di mana mana ada....

    temen sih nyaranin buat g banyak2 minum kemasan karena kadar gulanya banyak..... bs diabet kalo keseringan.

    heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bener banget tuh kalo kebanyakan bisa diabetes... Tapi sejauh ini sih minum teh botol ga bikin sakit tenggorokan atau batuk ya karena gulanya bukan gula biang... :)

      Hapus