Langsung ke konten utama

Serunya Menyiapkan Kecerdasan Multitalenta Sikecil Pada Konferensi Ayah Dan Bunda Platinum

Setiap orang tua tentu ingin memberikan semua yang terbaik bagi anak anak nya... bahkan andaikata disuruh memberikan nyawa sekalipun, orang tua pasti akan dengan ikhlas memberikannya... hal ini tentu saja dapat menjadi bumerang tersendiri bagi orang tua, karena tidak selamanya semua yang kita berikan untuk anak adalah yang terbaik...
Dalam membentuk generasi platinum, seperti yang diinginkan setiap orang tua,perlu adanya koordinasi yang baik antara faktor biologis ( nature ) dan faktor pengasuhan orang tua ( nurture )  yang kemudian harus berinteraksi secara dinamis dan berkesinambungan.
walaupun pada dasarnya tidak ada suatu lembaga pendidikan khusus yang mengajarkan soal cara menjadi orang tua, demi anak anak kita,tentunya kita harus berperan aktif dalam mencari ilmu parenting dari berbagai sumber... salah satunya dengan cara mengikuti seminar seminar parenting yang marak diadakan oleh berbagai kalangan.
Hal ini lah yang juga menginspirasi Morinaga  untuk mengadakan Konferensi Ayah dan Bunda Platinum bertajuk " Siapkan Kecerdasan Multitalenta si kecil sejak dini ". bertempat di ballroom hotel novotel tanggerang pada tanggal 12 agustus 2017.



Antusiasme para ayah bunda untuk mengikuti konferensi yang merupakan konferensi pertama kali yang diadakan di kota tanggerang ini, sudah terlihat sejak pukul 09.00 WIB. Antrian registrasinya pun sudah terlihat padat... Hampir sebagian besar para ayah dan bunda ini mengajak serta putra putri nya dalam acara ini... setelah registrasi, para ayah dan bunda akan langsung mendapat kan goody bag dan beberapa kupon berkaitan dengan penukaran snack,makan siang dan door prize serta gelang tanda masuk ke ruang konferensi.



Begitu memasuki ruang konferensi, para Ayah dan Bunda akan langsung dibagi menjadi 4 kelompok sesuai warna bangku yang telah disediakan oleh panitia acara tersebut.
Tepat pukul 10.00 WIB konferensi Ayah Dan Bunda Platinum ini pun dimulai dengan ditandai kemunculan MC ternama yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, Irfan Hakim. Suasana riuh dan akrab mulai terasa, walaupun ia adalah artis terkenal tapi tidak ada kesan sombong sedikitpun loh dalam diri  Mc yang juga seorang ayah dari 4 orang anak itu. Di awal acara Irfan pun sempat cerita soal perbedaan karakter dan sifat yang dimiiki oleh keempat anaknya. Ya, setiap anak itu unik...adakalanya kita menganggap anak kita bodoh saat melihat nilai anak kita yang jelek,padahal bisa saja anak kita itu pintar nya dalam bidang lain, begitu kata Irfan Hakim.
tentunya sebagai ayah Irfan Hakim pun ingin agar anak anaknya kelak bisa menjadi generasi platinum yang memiliki kecerdasan multi talenta juga,makanya Irfan Hakim pun amat bersemangat saat mengetahui bahwa ia didaulat sebagai MC Konferensi Ayah dan Bunda Platinum kali ini.



Menurut DR. Dr.Ahmad Suryawan,SpA ( k), dalam membentuk generasi multitalenta di era milenial, para ayah dan bunda harus memperhatikan 4 faktor pembentuk yang sekaligus menjadi perisai pelindung tumbuh kembang anak.

Keempat perisai pelindung itu diantaranya adalah...

1. Pertahanan Tubuh Ganda

Perjalanan tumbuh kembang sikecil akan berlangsung lama dan sangat panjang, dari mulai si kecil di dalam kandungan sampai ia memasuki masa dewasa. Oleh karena itu diperlukan perisai khusus untuk memberikan perlindungan lebih pada tubuh kecilnya agar tidak terserang berbagai penyakit. Ada banyak cara agar pertahanan tubuhnya lebih kuat diantaranya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang benar benar sesuai dengan tahapan usia nya.

2. Kecerdasan Multitalenta 

Pembentukan otak berlangsung secara bertahap dari mulai si kecil masih berada didalam kandungan. Otak yang berkembang sehat dan normal merupakan syarat utama anak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Dan bahan perkembangan otak yang paling utama juga bersumber pada asupan nutrisi sikecik di 1000 hari kehidupannya.

3. Tumbuh Kembang Optimal 

Proses pertumbuhan fisik si kecil ini sangat terkait dan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan otak dan sistem pertahanan tubuh. karena bila otak sikecil mampu berkembang dengan baik,dan sistem pertahanan si kecil juga sudah kokoh terbentuk maka tumbuh kembang si kecil akan dapat lebih optimal.

4. Kesehatan Saluran Cerna 

Pertahanan tubuh ganda, kecerdasan multitalenta,serta tumbuh kembang optimal akan mengalami masalah jika Ayah dan Bunda tidak memperhatikan masalah kesehatan cerna. Karna biar bagaimanapun asupan nutrisi untuk si kecil akan masuk melalui saluran cerna. Jadi, jika Ayah dan Bunda ingin sikecil dapat menyerap asupan nutrisi dengan baik, tentunya masalah kesehatan cerna ini tidak boleh diindahkan ya...



Serunya... dalam konferensi ini ayah dan bunda bisa ikut berpartisipasi juga loh... inget pembagian kelompok sesuai warna bangku yang telah disediakan tadi?? Nah ternyata ini berkaitan dengan tema pertanyaan yang akan diajukan oleh ayah dan bunda. Jadi, ayah dan bunda boleh menanyakan pertanyaan seputar tema yang sesuai dengan warna  bangku yang ayah dan bunda duduki selama konferensi berlangsung ini. Para ayah dan bunda pun amat bersemangat memberikan berbagai pertanyaan pada dokter yang juga merupakan ketua divisi tunbuh kembang anak dan remaja,Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr.Soetomo.

Setelah makan siang,acara pun dilanjutkan dengan edukasi mengenai stimulasi yang dibawakan oleh Dr. Rose Mini A. Prianti,M.Psi.
Dalam konferensi tersebut ibu yang juga merupakan ketua program studi psikologi terapan,Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini pun menjelaskan bahwa kekuatan bermain amatlah kuat untuk membentuk kecerdasan multitalenta di era milenial ini. Karena dunia anak adalah dunia bermain... kita sebagai orang tua tidak bisa begitu saja menarik dan menyuruh mereka untuk belajar. Sudah seharusnya kita lah yang harus bisa menyesuaikan diri dengan dunia mereka.
Menurut dokter yang merupakan Presiden Direktur ESSA Consulting itu, ada 9 kecerdasan majemuk pada setiap anak yang bisa ayah dan bunda eksplorasi lebih agar dapat dengan tepat dilakukan stimulasi sesuai minat dan kecerdasan si kecil.



Sembilan kecerdasan majemuk itu diantaranya adalah...

1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan dalam berbicara, membaca maupun mengeja... pokoknya kecerdasan yang berkaitan dengan bahasa si kecil dalam kesehariannya

2. Kecerdasan Logika Matematik
Tidak selalu soal pelajaran matematik di sekolah ya... ini juga soal kecerdasan sikecil dalam memahami kondisi /situasi menggunakan penalaran logika

3. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan dalam memahami musik baik dalam bernyanyi maupun dalam nemainkan alat musik

4. Kecerdasan kinestetik
Keahlian menggunakan anggota tubuh.

5. Kecerdasan visualpasial
Berkaitan dengan kemampuan si kecil memahami bentuk arah dan ruang

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan dalam membangun hubungan dengan orang lain

7. Kecerdasan intrapersonal
Berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri

8. Kecerdasan naturalis
Mengenali serta mengungkapkan hal hal yang berkaitan dengan alam

9. Kecerdasan Moral
Ini soal kecerdasan si kecil dalam menilai sesuatu yang baik atau buruk.

Masih menurut Dr Rose Mini A. Prianto, M.Psi, sebagai ayah dan bunda kita harus bisa membantu si kecil mengenali jenis kecerdasan apa saja yang menonjol dari diri si kecil untuk kemudian dapat dikembangkan melalui stimulasi yang tepat. Bagaimana caranya?? Sekarang ayah dan bunda tidak perlu jauh jauh dan bayar mahal mahal untuk pergi ke psikolog lagi,karna Morinaga research center japan telah menghadirkan modul stimulasi digital berjudul Multiple Intellegence Play Plan atau  MI Play Plan. Kelengkapan modul stimulan ini dikreasikan guna memfasilitasi para orang tua untuk mengembangkan multi talenta si kecil secara konsisten dan optimal.  www.morinagamiplayplan.com amat membantu ayah dan bunda untuk mengembangkan talenta dengan cara bermain.MIPP menyediakan fitur yang bisa digunakan oleh ayah dan bunda untuk mengidentifikasi kecerdasan si kecil dan membantu orang tua untuk mengasah multiple intelegence pada sikecil dengan ide ide permainan.
Di MI Play Plan, ayah dan bunda akan diajak untuk mengisi survey singkat tentang perilaku dan keseharian sikecil. Survey ini berguna untuk menentukan jenis kecerdasan apa saja yang paling menonjol pada diri si kecil. Nantinya selain hasil survey, MI Play plan juga akan menerbitkan saran saran permainan yang bisa ayah dan bunda lakukan dengan si kecil guna lebih mengoptimalkan kecerdasan majemuk si kecil. Survey serta hasil dari MI Play Plan ini sudah melewati serangkaian penelitian loh... jadi tidak diragukan lagi tingkat keberhasilannya dalam mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak... tapi saat isi survey ayah dan bunda harus benar benar jujur soal si kecil ya...

O iya untuk asupan nutrisi, Morinaga pun telah menghasilkan inovasi MoriCare Prodiges dalam Morinaga Chil kid Platinun dan juga Morinaga Chil School Platinum. Inovasi yang merupakan kombinasi antara zat gizi makro ( protein) dan mikro ( vitamin dan mineral ), dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan buah hati ayah dan bunda sekalian. Dalam Morinaga Chil kud platinum dan Morinaga Chil School Platinum terkandung bahan bahan yang baik untuk optimalkan tumbuh kembang si kecil,diantaranya adalah Omega 6 / asam linoleat, omega 3 / asam alfa linoleat, alfa Laktalbumin, kolin, zat besi, juga dilengkapi oleh nukleotida,Laktoferin, Prebiotik,dan prebiotik Bifidobacterium Longum dan Bifidubacterium Breve.



Selama konferensi Ayah dan Bunda Platinum ini berlangsung banyak ayah dan bunda yang sesekali keluar dari ruangan untuk berkeliling area konferensi. Bukan karena topik yang dibahas kurang menarik perhatian loh ya tapi karna Ada begitu banyak booth menarik yang disediakan oleh Morinaga di konferensi Ayah dan Bunda kali ini. Ada booth susu, booth tes alergi, booth MI Play plan ada booth area play ground dan banyak lagi...

Booth Susu
Disini disediakan sampel susu siap minum loh... sikecil bisa minum susu sepuasnya disini... tidak hanya susu morinaga yang ada disini, ada susu prenagen juga loh... susu prenagen adalah susu untuk ibu hamil dan menyusui yang juga diproduksi oleh Kalbe.


Booth tes alergi 
Disini ayah dan bunda bisa langsung mencari tau soal Alergi pada anak... ada layar khusus yang langsung terhubung ke cekalergi.com yang bisa langsung ayah dan bunda manfaatkan untuk mendapat beragam informasi seputar alergi pada sikecil. Dari mulai kenali alergi, cek alergi, mendapat ingo tentang dokter rujukan, info nutrisi, artikel, makanan bebas alergi, mendapatkan berita dan promo promo khusus sampai sharing cerita pengalaman soal si kecil.



Booth MI Play Plan 
Di booth ini ayah dan bunda akan diarahkan untuk dapat mengakses www.morinagamiplayplan.com . Dari mulai mengidentifikasi kecerdasan majemuk sikecil, survey singkat yang nantinya akan menunjukan hasil soal kecerdasan yang harus ditonjolkan oleh sikecil, saran saran permainan yang dapat dilakukan dirumah sendiri, sampai praktek langsung membuat permainannya ... seruuu deh... banyak ide permainan yang bisa ayah dan bunda dapaykan disini... dan ternyata mainan tuh tidak harus berharga mahal loh...





Booth playground 
Disini sikecil bisa puas bermain di area yang disediakan. Ada area perosotan dan area bermain pasir yang memanjakan sikecil disana...





Oiya, selain booth booth itu, disana juga disediakan area untuk ayah dan bunda yang ingin melakukan pembelian produk Kalbe. Baik itu Morinaga Chil kid,Morinaga Chil School, prenagen, maupun biskuit milna.
Psst... ada banyak hadiah bagi ayah dan bunda yang memborong susu Morinaga disana loh... Tak heran banyak ayah dan Bunda yang sudah siap siap memborong susu Morinaga. Menurut Bunda Ria,salah satu bunda yang ikut memborong Morinaga juga, " disini lebih murah dan dapet hadiah juga... makanya semangat ngeborong morinaga"....



Dengan membeli Morinaga di area lokasi acara dengan jumlah tertentu ayah dan bunda bisa langsung mendapatkan hadiah hadiah yang pasti disukai sikecil, diantaranya adalah Lunch box double decker, Car school  Box, Kids Storage Box, sampai sepeda mini juga ada.



Seruuuu kan konferensi ayah dan bunda platinum ini.... Nah buat ayah dan bunda di kota lain juga bisa kok mengikuti acara serupa ini di kota tempat ayah dan bunda tinggal... karena Morinaga bersama Kalbe akan berkeliling ke kota kota lain untuk mengadakan konferensi ayah dan bunda platinum seperti di tanggerang ini... Untuk update info soal lokasi dan waktu acara konferensi nantinya bisa bunda dapatkan di semua sosial media nya Morinaga ya...

Website : www.siapcerdaskan.com
                 www.morinagaplatinum.com
Fanpage : www.facebook.com/morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
Instagram : @Morinagaplatinum









Komentar

  1. Aq pas awal datang kaget, ternyata rambe banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya... Ternyata banyak ayah dan bunda yang semangat belajar....

      Hapus
  2. wah seru banget booth boothnyaaa,

    BalasHapus
  3. Konferensi ayah bunda Morinaga Platinum memang selalu ramai peserta. Banyak yang mendukung generasi platinum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Masih banyak yang mendukung generasi platinum untuk menuju indonesia emas di masa mendatang ya... 😊

      Hapus
  4. Seru babget yah ternyata kita bisa menyiapkan anak kita menjadi generasi platinum. Makasih infonya yah,sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama bunda.... Terus semangat menyiapkan generasi platinum ya bunda...

      Hapus
  5. seru bgt yaaa , boothnya banyak dan pasti pulang2 borong ilmu yg bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Borong morinaga juga tentunya ya bunda...

      Hapus
  6. Ayahdan bunda bisa jadi tim yang kompak dalam perkembangan anak bangsa yang cerdas ,aktif dan pintar bersosialisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh mpok... Ayah dan bunda nya kudu kompak dulu ya... Supaya anak anaknya bisa jadi generasi platinum dengan kecerdasan multi talenta nya..

      Hapus
  7. Seru acaranya, apalagi kalau saya juga datang kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu keseruan konferensi ayah dan bunda platinum seperti ini di kota bunda ya... Terus pantau sosmed nya morinaga ya bunda untuk info lengkapnya...

      Hapus
  8. Acaranya seru ya, tap8 sayang sekali terlalu padat. Anak2 jadi rewel dan BeTe padahal masih banyak ilmu yg sedang di share.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…