16/09/17

Kenali Perilaku Anak Usia Pra Sekolah Di Smart Parenting Workshop By Wyeth Nutrition




Sebagai seorang blogger yang juga berstatus ibu dari 3 orang anak yang masih kecil kecil tuh tidak gampang loh... Seringkali aku dihadapkan pada pilihan antara menyelesaikan tugas ku sebagai blogger untuk datang ke suatu acara atau tetap dirumah menemani anak anak... sebagian besar acara yang mengundang para blogger memang melarang membawa serta anak anak, karena dikhawatirkan akan mengganggu jalan nya acara itu sendiri...

Oleh karena itu, setiap kali ada acara yang membolehkan para moms blogger untuk membawa serta anaknya, aku pasti jadi yang paling depan mendaftar... Membawa anak kelokasi acara memang agak ribet tapi perasaan tenang berada di dekat mereka lebih dari segalanya bagi ku... Makanya aku senang banget ketika mendapat undangan untuk mengikuti Smart Parenting Workshop  bertajuk " Kenali Perilaku Anak Usia Pra Sekolah " yang digagas oleh Wyeth Nutrition dan Clozette Indonesia

Dalam acara yang berlangsung di Harlequin Bistro ini, para moms blogger yang diundang WAJIB membawa anaknya. Bayangkan deh... Disaat penyelenggara acara lain melarang untuk membawa serta anak, Wyeth Nutrition justru mewajibkannya loh... Bahkan Wyeth Nutrition telah menyediakan ruang stimulasi khusus yang dijaga oleh para kakak  dari Day Care... Sehingga membuat para moms blogger yang datang bisa tenang dan fokus pada materi yang disampaikan..



Acara yang berlangsung pada tanggal 14  september 2017 lalu itu pun menghadirkan artis Ayudia Bing Slamet  yang membagi pengalamannya soal perilaku perilaku ' aneh' anaknya di usia yang saat ini menginjak masa pra sekolah...
Anaknya cenderung aktif dan membuat ayudia agak kewalahan... Sebagai orang tua tentu hal ini agak membuat artis cantik ini khawatir... Tapi menurut DR.Dr. Rini Sekartini, Sp. A ( K ), selaku narasumber yang hadir di acara tersebut, perilaku anak ayudia ini masih dikatakan wajar.



 Dr Rini pun dengan gamblang menjelaskan soal perilaku perilaku anak sesuai dengan perkembangan usianya... Berikut diantaranya...

Karakteristik Perilaku Anak dibawah 1 tahun
Perkembangan anak dibawah satu tahun, didominasi oleh perkembangan motorik ( gerakan ) yang bersifat reflek dan protektif. Mereka peka terhadap lingkungannya dan mempunyai cara yang unik untuk meresponnya.

Karakteristik Perilaku anak usia 1-3 tahun 
Anak dalam usia ini cenderung sangat energik, aktif, antusias, dan selalu ingin tahu. Kemampuan motorik, sosial, dan bahasa nya akan berkembang optimal pada masa ini.
Kemampuan motorik, memungkinkan anak untuk bergerak sendiri dan menguji lingkungannya.
Sedangkan kemampuan sosial, akan membangun perasaan otonomi dengan menunjukan kemauan keras untuk mandiri, walaupun kadang membuat orang dewasa di sekitarnya menjadi kesal.

Karakteristik Perilaku Anak Usia 4-6 tahun
Perkembangan paling mencolok pada anak di usia ini adalah energi, antusiasme dan rasa ingin tahu yang semakin membesar. Kreativitas dan imajinasinya pun muncul dalam segala hal... Saking besarnya seringkali perilaku anak di cap ' nakal ' oleh orang orang disekitarnya...

Nah, dengan mengenali perilaku anak pada setiap tahapan usianya, kita akan dengan mudah mengidentifikasi serta menstimulasi kecerdasan anak dengan cara cara yang sesuai agar anak kita pun bisa menjadi anak yang sehat dan cerdas seperti dambaan setiap ibu.



Untuk mengidentifikasi kecerdasan anak kita, Wyeth Nutrition pun telah membuat suatu alat bernama Smart Strenght Finder  yang bisa diakses langsung oleh para ibu yang sudah tergabung di Parentingclub.co.id .
Disana akan ada 40 pertanyaan seputar perilaku anak dalam keseharian, yang nantinya akan langsung diidentifikasi kecerdasannya oleh alat tersebut. Jadi kedepannya para ibu bisa mengetahui jenis kecerdasan apa saja yang dimiliki si kecil dan ibu juga bisa tau jenis kecerdasan apa saja yang harus distimulasi lebih lanjut

Di tengah acara sempat diperlihatkan bagaimana para anak sedang di stimulasi oleh Kak Budi Haha dengan melakukan interactive Story Telling. Kak budi haha menceritakan sesuatu pada anak anak dengan konsep yang agak berbeda. Kali ini, selain menggunakan alat peraga dalam story telling nya, kak budi haha pun mengajak anak anak untuk ikut interaktif secara emosional dan anak anak juga distimulasi lewat kegiatan menempel sticker yang telah disediakan sesuai dengan jalannya cerita.



Ketika live observation melalui layar video ini, para ibu pun terlihat senang ketika menyaksikan anak anaknya semangat distimulasi oleh kak budi haha... Dan agar bisa bertanya lebih jauh soal interactive story telling untuk dapat diterapkan nantinya dirumah, kak budi haha pun diundang ke tengah para ibu ini.

Kak budi haha, yang merupakan Indonesian Ventriloquist atau seorang ahli suara perut, ini pun menjelaskan bahwa stimulasi yang tepat bagi anak anak di usia pra sekolah itu amat penting, karena menyangkut masa depannya kelak.
Story telling tidak harus dengan peralatan mahal, tapi bisa juga dengan menggunakan alat dan bahan yang ada dirumah... Dalam hal ini tentunya kreativitas dari sang ibu amat diperlukan.

Smart parenting workshop by wyeth nutrition ini membuat para ibu makin mengerti soal stimulasi yang tepat untuk anak usia pra sekolah.... Ternyata acara seperti ini memang rutin diadakan oleh wyeth Nutrition loh... Terus pantau parentingclub.co.id untuk info lengkap kota kota mana saja yang akan dikunjungi oleh smart parenting workshop ini dan rasakan langsung keseruan menstimulasi si kecil disana ya moms...

0 komentar:

Posting Komentar