Langsung ke konten utama

"Sehat Keluarga Ku, Sehat Indonesia Ku" Di HKN Ke 53

Sebagai seorang ibu, aku ini ibarat nya sebagai ujung tombak kesehatan keluarga. dikatakan begitu ya karena asupan gizi serta aktivas harian seluruh anggota keluarga kecilku sepenuhnya berada di tanganku. tentu nya aku sangat berharap bisa memegang amanah menjaga kesehatan keluarga ku ini dengan baik. apalagi ditengah godaan gaya hidup masyarakat sekarang yang kurang bagus. 
Oleh karena itu aku selalu bersemangat ketika diundang ke suatu acara yang bisa menambah pengetahuanku soal hidup sehat. 

alhamdulillah minggu pagi, 12 november 2017 lalu, aku berkesempatan ikut serta dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun yang selalu diperingati setiap tanggal 12 november tersebut pada acara CFD di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. 



Dalam acara bertema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” itu, aku beserta para peserta CFD yang hadir disana diajak untuk kembali menerapkan gaya hidup sehat di setiap rutinitas harian atau yang sering disebut Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ). aksi GERMAS ini semakin digembar gembor kan oleh kementrian kesehatan karena menurut data yang ada jumlah penderita penyakit tidak menular semakin meningkat terus setiap tahun.

 Jika tidak ada kesadaran masyarakat untuk menerapkan kembali GERMAS dalam kesehariannya, dikhawatirkan akan memberi dampak tidak hanya pada keluarga tapi juga terhadap bangsa Indonesia secara keseluruhan. Dengan GERMAS, diharapkan dapat semakin memperkuat kerjasama sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia  yang kuat.


Booth Posbindu 


Melihat pentingnya membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan keluarga,  Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Dalam acara yang juga dihadiri langsung oleh  Wakil Presiden RI Bapak Yusuf Kalla serta menteri kesehatan Ibu Nila Moelok, aku pun kembali diingatkan untuk selalu memasukkan menu sehat seperti sayur, buah buahan dan ikan dalam menu harian keluarga lewat adanya bazaar bazaar disekeliling area CFD tersebut. booth booth yang ada disekitar CFD itu lumayan lengkap menurutku, ada booth buah buahan, booth ikan segar, sampai ke booth sayur mayur juga ada loh...



Kegiatan peringatan HKN ke-53 dimeriahkan juga oleh  berbagai lomba seru, salah satunya adalah lomba foto on the spot. Dalam lomba foto on the spot ini, para peserta ditantang untuk mengambil gambar keadaan atau situasi di lokasi CFD saat itu, bukan foto selfi loh ya... kemudian hasil fotonya pun diupload ke instagram masing masing dengan menggunakan hastag tertentu. Dan sekitar jam 10.00 WIB pemenangnya pun langsung diumumkan di lokasi acara nya juga loh...

Dalam acara yang juga melibatkan para peserta dari kementrian kementrian lain tersebut juga dilakukan pemecahan rekor untuk kategori senam peregangan dengan peserta terbanyak. hebatnya rekor yang dipecahkan ini bukan lagi pemecahan untuk rekor Indonesia tapi sudah untuk pemecahan rekor dunia loh... kereen banget kan... Pagi itu para peserta yang hadir termasuk Bapak Yusuf kalla dan Ibu Nila Moeloek pun bersemangat melakukan senam peregangan bersama.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun ini merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua, agar senantiasa menjaga kesehatan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan.  Karena Sehat Keluarga ku, Sehat Indonesia ku...






    

Komentar

  1. Betul, mom yang baik ujung tombak keluarga asupan gizi. Maka harus jadi smartmom dan rajin ke belajar workshop kaya mama nada

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat belajar terus... jadi ibu tuh ga ada sekolah nya jadi kudu pinter pinter cari ilmu...

      Hapus
  2. Bner bgt mbak ibu adalah ujung tombak keluarga,dari mulai seksi konsumsi sampai seksi kesehatan. Hari kesehatan nasional ngingetin kita buat terus galakan gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  3. Wah, keren ya mbak HKN ke-53 memecahkan rekor MURI dan bahkan dunia!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…