Langsung ke konten utama

Pahlawan Kekinian, Mengabdi Dan Berkarya Untuk Negri

Tak terasa saat ini negri tercinta kita, Indonesia sudah memasuki usia nya yang ke 72 tahun. Memandang gedung gedung bertingkat yang sekarang gagah berdiri di tengah ramainya ibu kota, membuat ku melayangkan pikiran pada bayangan soal keadaan Indonesia sebelum kemerdekaan. keadaan Indonesia yang saat itu masih diduduki oleh para penjajah tentu amat mencekam. Pertumpahan darah pun tak terelakan lagi saat para pahlawan kita berusaha merebut kembali NKRI dari tangan para penjajah. Darah yang mereka kucurkan saat itu tak lain merupakan rasa cinta mereka pada generasi selanjutnya yang notabene adalah kita. Maka, saat semua itu telah berakhir, pantaskah kita melupakan jasa jasa mereka?? tentu tidak ya... 



sejak dulu peringatan hari pahlawan selalu dilaksanakan setiap tahunnya. dan untuk tahun ini, perayaan hari pahlawan yang mengangkat tema " perkokoh persatuan untuk membangun negri " diharapkan bisa membuat kita sebagai generasi penerus mereka semakin bersatu padu membangun negeri.  Hal ini lah yang kemudian diangkat dalam diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 ( Dismed FMB9) pada kamis, 9 november 2017 di Ruang Roeslan Abdulgani, gedung Depan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa beliau baru saja ikut menghadiri acara penganugrahan gelar pahlawan Nasional kepada empat orang tokoh, diantara nya adalah TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid tokoh asal Nusa Tenggara Barat, Laksamana Malahayati ( Keumalahayati ) tokoh asal Nangroe Aceh Darussalam, Sultan Mahmud Riayat Syah tokoh asal kepulauan riau, dan Lafran Pane tokoh asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan dianugrahkannya gelar pahlawan pada Keempat tokoh tersebut, maka jumlah pahlawan Nasional Indonesia saat ini berjumlah 173 orang yang terdiri dari 160 orang laki laki dan 13 orang perempuan.



Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa pahlawan nasional merupakan gelar yang  diberikan  pemerintah kepada seorang WNI yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan. Tapi, meski pemberian gelar pahlawan nasional adalah wewenang presiden, tetap harus ada prosedur yang dilalui sebelum akhirnya bisa dilakukan prosesi penganugrahan gelar tersebut. seperti harus ada pengajuan dari masyarakat yang memang tau betul kehidupan dari sang calon pahlawan nasional.

Dalam Acara yang bertajuk "Pahlawan kekinian, mengabdi dan berkarya untuk negri " ini, Menteri sosial Khofifah Indar Parawansa  mengajak pengguna media sosial untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 dengan memviralkan lini masa sosial media dengan hashtag #pahlawanku dan #haripahlawan, seperti berbagi foto atau lokasi di mana pengguna medsos melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan, atau mengabadikan foto setelah hening cipta.



Beliau juga mengimbau seluruh masyarakat untuk melakukan hening cipta serentak selama 60 detik tepat pada 10 November pukul 08.15 sesuai waktu masing-masing daerah.
Hening cipta dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan. 
Seluruh warga diharapkan menghentikan sementara kegiatannya dimana pun berada untuk mengheningkan cipta. 

Selain Hening Cipta Serentak, Peringatan Hari Pahlawan juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan, 
Dimulai dengan kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan yang melibatkan 400 pelajar dan santri berlayar dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990 untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan. 
Kegiatan ini berlangsung di Selat Madura pada 30 Oktober hingga 1 November 2017. 
Kegiatan berlanjut dengan Doa Lintas Agama dan Jalan Sehat Kebangsaan. 
Doa lintas agama dipimpin lima perwakilan pimpinan agama di arena Car Free Day (CFD) di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. 
Acara ini diikuti berbagai komunitas, keluarga pahlawan, relawan dan masyarakat umum. 



Sementara itu Puncak Hari Pahlawan akan dilaksanakan Ziarah Nasional pada 10 November yang direncanakan akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta. 
Pada hari yang sama dilakukan tabur bunga di perairan laut Jakarta dengan menggunakan KRI dr. Soeharso 990 dan akan dipimpin Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. 
Peringatan hari Pahlawan juga masih dirangkai dengan wisata sejarah yang diikuti pelajar dengan rute wisata mulai dari kantor Kemensos menuju Lubang Buaya hingga ke Museum Satria Mandala.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…