01/11/17

Tetap Aktif Menulis Ditengah Hectic Nya Rumah Tangga

Meski bertubuh mungil dan sering dianggap masih single, aku ini sebenarnya sudah berstatus Ibu dari tiga orang anak yang masih kecil kecil loh... saat aku menghadiri suatu event blogger, aku memang selalu terlihat paling kecil diantara para moms blogger lain, jadi ya wajar saja kalau mereka beranggapan aku masih single... dan sebagian besar dari mereka akan langsung terkejut saat aku mengungkapkan status ku yang sebenarnya... selain karena postur tubuhku yang mungil ini, agaknya mereka juga dibuat terheran heran soal keaktifan ku dalam menulis, kok bisa sih ibu dari tiga orang anak yang masih kecil kecil ini tetap aktif menulis dan lincah kesana kesini menghadiri event event blogger itu, begitu kira kira yang mereka pikirkan.


Aku pun paling hanya bisa tersenyum manis pada mereka... duuhhh... mereka tidak tau saja bagaimana ke-hectic-an rumah ku sehari hari...  Biar bagaimanapun aku kan juga manusia biasa yang memiliki banyak keterbatasan...
 anak anak rewel dan saling bertengkar sehari hari, rumah yang tak pernah rapi meski bolak balik dirapihkan,  maupun cucian piring dan cucian baju yang senantiasa menggunung tuh sudah jadi santapan ku setiap hari. Hanya saja Alhamdulillah makin kesini aku pun semakin bisa mengatasi semua ke hectic an rumah kami ini. Ini lah beberapa hal yang aku lakukan untuk dapat tetap aktif menulis ditengah hectic nya rumah dengan tiga orang anak yang masih kecil kecil.


1. Manajemen waktu

Tanpa manajemen waktu yang baik seringkali para Ibu rumah tangga akan merasa kalau waktu 24jam dalam sehari yang dikaruniakan Allah untuk nya tuh kurang banget. padahal coba renungkan deh, setiap manusia kan diberi waktu yang sama setiap harinya, tapi ada yang bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan baik, ada juga yang tidak, semua tergantung bagaimana orang itu dapat memanage waktu mereka. 
Dalam manajemen waktu ini biasanya aku sudah mengaturnya dari satu hari sebelumnya. 
o iya manajemen waktu disini juga termasuk berapa lama waktu yang aku pakai untuk menyelesaikan suatu pekerjaan ya... jadi bisa dibilang semacam target waktu juga sih...

2. Disiplin

kalau manajemen waktu nya sudah dibuat ya tinggal pelaksanaannya saja yang harus diperhatikan lagi. harus benar benar disiplin... sebagus apapun rancangan manajemen waktu tak akan berarti apa apa tanpa kedisiplinan dalam menjalankannya.

3. Libatkan anggota keluarga yang lain

Ingat biar bagaimana pun kita ini adalah seorang manusia biasa yang punya banyak keterbatasan. Komunikasikan semua ini ke anggota keluarga yang lain seperti suami misalnya agar mereka pun bisa membantu kita 
dalam mengatasi semua ke hectic an rumah.

4. Tetap Jalani Hobi

sehectic apa pun keadaan rumah, usahakan untuk tetap menjalani hobi kita. Kebetulan hobi ku adalah menulis dan membuat kerajinan tangan, maka sebisa mungkin aku menyiapkan waktu khusus untuk ini. Menjalankan hobi atau pekerjaan yang kita senangi dapat menjadi terapi stres juga loh... meski ibu rumah tangga terkesan sebagai profesi sepele tapi tingkat stres nya bisa tinggi juga kalau tidak diatasi.

5. Rutin mengkonsumsi Makanan dan minuman anti stress dan depresi.

Ada banyak makanan dan minuman yang terbukti ampuh untuk menghilangkan stres atau depresi loh moms... seperti kopi misalnya... selain menambah semangat, kopi ternyata sudah terbukti ampuh banget untuk menghilangkan stres, kandungan kafein yang ada didalam kopi memiliki stimulan psikoaktif yang berguna untuk memperbaiki energi, mood serta fungsi kognitif sehingga bisa jadi terapi stres yang bagus untuk para ibu rumah tangga seperti aku ini. kalau tingkat stres kita bisa tekan maka otomatis kita akan bisa menjalani semua aktifitas sampingan kita yang lain. 



Bicara soal kopi, ternyata selain dapat menjadi terapi stres tadi, kopi juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat menunjang aktifitas keseharian kita. cara kerja nya yang meningkatkan kadar Epinefrin ( Adrenalin) dalam darah ini, bisa mempersiapkan tubuh untuk semangat melakukan aktifitas sehari hari. Kopi juga membuat otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat sehingga dapat mencegah penyakit Alzheimer yang sering menyerang para lansia.

Tapi meski kopi mengandung banyak manfaat, kita tentu tetap harus pandai pandai dalam memilih kopi yang cocok untuk kita konsumsi. dalam memilih kopi ini aku pun memiliki beberapa standar yang harus ada pada kopi yang aku minum, simpel aja sih sebenarnya... kopi yang aku ingin minum haruslah yang memiliki wangi dan cita rasa yang khas sehingga dapat lebih nikmat ketika aku minum. dan karena tingkat kehectican rumah ku yang lumayan tinggi maka aku lebih suka memilih kopi yang memang sudah ditakar sesuai porsi untuk satu kali minum. 

Alhamdulillah untuk masalah pemilihan kopi ini sudah tidak lagi menjadi momok buatku karena sudah ada Kopi Kapal Api Special Mix yang menemani hari hari ku menghadapi semua ke- hectic-an rumah ku ini. Kopi Kapal Api Special Mix merupakan paduan tepat dari biji kopi pilihan dan gula yang diolah untuk memudahkan kita membuat kopi yang enak dan harum. Jadi meski kita bukan barista Coffe Shop sekalipun kita tetap bisa menyuguhkan secangkir kopi yang enak dan harum untuk menambah semangat menghadapi hari.

Setiap pagi aku selalu menyisihkan waktu untuk meminum secangkir kopi kapal api ini loh... Dan serius secangkir kopi kapal api di pagi hari buatku benar benar menambah semangat... Rasa nya pun benar benat enak dan takarannya yang pas bikin Kopi Kapal Api ini jelas lebih enak...

Ini #KapalApiPunyaCerita milikku, bagaimana #KapalApiPunyaCerita milikmu moms...??!!

4 komentar: