29/01/18

Asal mula ' Baju Baru' Kreasi-natara.com

Tanpa design interior yang bagus, Semahal apapun barang barang yang ada didalam sebuah rumah tidak akan ada artinya. Rumah akan tetap terlihat berantakan dan kurang cantik pastinya. Begitu juga dengan sebuah Blog atau website, tanpa template yang baik, sebagus apapun konten tulisan didalamnya seringkali tidak diminati oleh pihak brand yang ingin bekerja sama.



Pernyataan tadi sih sebetulnya hanya pemikiran pribadi ku saja, tapi beberapa founder komunitas blogger yang aku ikuti pun membenarkan opini tersebut. Menurut mereka, template blog yang disukai klien adalah template blog yang Clean atau bersih, ringan serta dilengkapi widget tertentu yang mempermudah si klien tadi ‘mengenal’ blog kita tersebut.

Sebelumnya, aku hanya memakai template blog bawaan dari Blogger, karena aku tidak memiliki pengetahuan khusus soal gonta ganti template blog ini.  Template bawaan dari blogger amat mudah digunakan bagi para pemula, kita tidak perlu lagi mengutak atik kode kode HTML yang sulit dimengerti itu. dan Konon katanya, Template bawaan Blogger ini juga ramah SEO loh.... Sayangnya pilihan template yang disediakan kurang banyak, sehingga akan menyulitkan kita untuk ‘mendesain’ blog pribadi kita tadi.

Beberapa waktu yang lalu, aku mengalami perlakuan kurang menyenangkan yang pada akhirnya justru membuatku semangat untuk ‘mengganti baju’ blog ku ini. Mungkin bagi para blogger senior mah urusan gonta ganti template blog ini adalah urusan sepele, tapi tidak bagiku. Dengan bantuan Akang Google, aku pun mulai mempelajari satu demi satu tahapan dalam mengganti template blog ku ini.

Pertama, aku bertanya dulu pada akang google, dimana toko yang menyediakan template blog bagus dan gratis. Tetep dong gratis adalah hal yang paling utama. Hehehe... setelah menemukan ‘toko’nya dan memilih salah satu template blog yang sreg di hati, aku pun lanjut mendownload template tersebut untuk selanjutnya diterapkan ke blog pribadiku ini.

Tapi ternyata tidak selesai sampai disitu saja, Template blog yang aku terapkan tidak serta merta rapi. Ada beberapa bagian yang harus di edit terlebih dahulu kode kode HTML nya. Phiuhhh.... bagian ini agak memeras pikiranku. Satu per satu bahasa planet itu aku telusuri dan ganti sesuai dengan petunjuk yang juga menggunakan bahasa planet lain ( baca : Bahasa inggris ).

Tampilan di seluler


Bagi orang awam sepertiku ini amat susah dan bikin mumet, tapi karena ‘the power of Penasaran’ aku pun terus berusaha Daaannn inilah hasilnya, Template blog yang kalian lihat saat ini. Baju baru Kreasi-natara.com. Manis kan...? Ya iyalah manis, wong yang punya blog aja manis.... Hehehe...

Nah buat kalian yang mau juga ganti template blog, jangan tanya ke aku ya, soalnya aku juga lupa step by step nya gimana. silahkan tanya ke akang google, tidak usah takut atau sungkan ya... akang google mah baik pasti dijawab asal syarat nya terpenuhi. Syaratnya juga simpel banget kok, kalian cukup siapkan ‘ kata kunci’ dan paket data aja....



0 komentar:

Posting Komentar