02/02/18

Public Expose 2018, di 25 tahun Dompet Dhuafa

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di tanggal 26-27 Juli 2017, aku bersama beberapa teman blogger sempat mengunjungi kampung ternak Nusantara (KTN)  binaan Dompet dhuafa di wilayah Nyalindung, Sukabumi Selatan. Disana, aku benar benar merasakan langsung dampak positif dari ‘masuknya’ Dompet Dhuafa ke wilayah tersebut. Penghasilan masyarakat disana mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah mendapat binaan dari Dompet Dhuafa.

(Selengkapnya bisa baca di Panen Raya Buah Naga dan Nanas )

Tidak berbeda jauh dengan masyarakat Nyalindung, Sukabumi Selatan itu, Masuknya Dompet Dhuafa di daerah perkebunan Buah naga dan nanas Subang pun juga memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya. Masyarakat Di subang itu menjadi paham soal seluk beluk perkebunan modern yang tidak mereka kenal sebelumnya.

( Selengkapnya bisa baca Pemerataan Distribusi Hewan Kurban )

Dua daerah tersebut merupakan contoh nyata Program Dompet Dhuafa yang aku lihat secara langsung saat mendapat tugas meliput disana. Berdasarkan pandanganku, Dompet Dhuafa sudah benar benar amanah dalam memegang serta mengelola dana ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah,Wakaf) yang diterima dari masyarakat. Tapi agar lebih transparan lagi Dompet Dhuafa pun menggelar acara bertajuk Public Expose 2018 pada 30 Januari 2018 lalu.



Acara Public Expose 2018 ini merupakan susunan laporan kinerja Dompet Dhuafa di tahun 2017 lalu. Dompet Dhuafa yang pada tahun 2018 genap memasuki usia ke 25 tahun ini mencoba berkolaborasi dengan membawa budaya masyarakat Indonesia untuk terus bersama memajukan bangsa. Budaya yang dimaksud disini tidak hanya terbatas dibidang kesenian saja ya... Tapi juga di bidang peternakan maupun perkebunan seperti yang telah kita bahas diatas tadi.

Perlu kita ketahui bersama, indonesia adalah negara dengan tingkat kesenjangan paling tinggi keempat di dunia. Kekayaan per orang nya memang meningkat 6 kali lipat selama periode 2000-2016, namun menurut standart internasional, kekayaan rata rata orang di Indonesia masih rendah. Total harta empat orang terkaya di Indonesia yang tercatat sebesar 25 milliar dollar AS, hanya setara dengan gabungan kekayaan 100 jt orang termiskin.



Hal inilah yang memberi semangat bagi Dompet Dhuafa untuk terus bersinergi memberdayakan umat demi kemajuan bangsa Indonesia. Ada Sinergi internal dalam Dompet dhuafa sepanjang 25 tahun perjalanannya, yaitu Dompet Dhuafa Filantrophi dan Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Hingga saat ini Jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa didalam negri sebanyak 16,8 juta jiwa dan diluar negeri sebanyak 82.882 jiwa dan layanan.

Dalam perkembangannya ada 5 pilar program yang dijadikan patokan Dompet Dhuafa. Berikut Diantaranya,
1. Pendidikan
2. Kesehatan
3. Ekonomi
4. Sosial
5. Dakwah

Dari kelima pilar program Dompet Dhuafa tersebut ada satu program yang menarik perhatian ku, yaitu program M3 atau Mustahik Move To Muzakki dimana Dompet Dhuafa ingin menjadikan kaum dhuafa yang tadinya adalah seorang Mustahik atau penerima zakat menjadi Muzakki atau sang pemberi zakat. Ingat kan diawal tadi aku sempat menyinggung soal Kampung Ternak Nusantara dan Perkebunan buah naga dan nanas...? Dua contoh tersebut merupakan wujud dari program M3 itu.  
  


Pada bidang retail bisnis, Dompet Dhuafa juga sedang mengembangkan Unit Usaha Daya Mart dan De Fresh yang insya Allah akan ikut menunjang perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Karena hampir semua produk yang dijual disana adalah produksi usaha masyarakat kecil dan menengah.

Melihat keberhasilan Dompet Dhuafa dalam pemberdayaan umat ini masihkah kita menutup mata..?? yuk ikuti gerakan sejuta orang wakaf di Dompet Dhuafa. Tidak harus dimulai dari angka yang besar, yuk mulai berwakaf dari Rp 10.000 saja... bayangkan jika ada 1 juta orang yang berwakaf dengan 10 rb saja, maka sudah terkumpul dana 10 M... Angka yang cukup banyak bukan...?








17 komentar:

  1. Salut dengan gerakan yang dilakukan oleh Dompet Duafa

    BalasHapus
  2. DD bergerak maju, yuk kita dukung gerakan sejuta wakaf, smg thn 2018 lebih banyak mengentaskan kemiskinan. Amin

    BalasHapus
  3. Semoga Dompet Dhuafa makin berkembang dan makin melebarkan sayap utk membantu kaum Dhuafa

    BalasHapus
  4. Wah, kerennya gerakan yang dilakukan. Harus didukung nih Mba.

    BalasHapus
  5. Programnya jelas dan transparan ya mba... Bangga punya lembaga seperti ini ya mba

    BalasHapus
  6. dompet dhuafa keren....menjadikan mustahik berubah jadi muzamil

    BalasHapus
  7. Dompet Dhuafa terus bergerak ya, ada aja gebrakannya. Bekerjasama dengan banyak pihak. Salut dan sukses!

    BalasHapus
  8. semoga sukses dan lancar terus berkelanjutan untuk kegiatan dompet dhuafa ini. aamiin.

    BalasHapus
  9. Udah 25 tahun ya? Luar biasa. Saya jg percaya sama Dompet Dhuafa kalau utk penyaluran infak sedekah dll

    BalasHapus
  10. Pengelolaanya dilakukan secara transparan, jadi masyarakat ngga bertanya-tanya tentang zakat dan sedekah yang telah diserahkannya. Insya Allah amanah :)

    BalasHapus
  11. Masya Allah, salut dengan gerakan Dompe Dhuafa . Semoga diberikan kemudahan untuk program programnya

    BalasHapus
  12. Waw kreatif ya DD utk pengembangan zakat infak n sedekah di tanah air

    BalasHapus
  13. 25 taun bukan waktu yg sebentar. Tp taun2 yg akan dilalui insyaallah lebih panjang lagi. Mudah2an DD bisa terus bersinergi memberdayakan masyarakat

    BalasHapus
  14. DD makin bergerak. Maju demi membina dan memberdayakan masyarakat, semoga semua kegiatan dan usaha nya makin berkembang

    BalasHapus
  15. Dompet Dhuafa ini bener-bener memberdayakan masyarakat, yaa. Jadi bantuan tidak hanya insidentil tapi bikin bergerak mandiri juga. Salut!

    BalasHapus
  16. maasyaa Allah.... semoga dengan berwakaf melalui dompet dhauaf yang sudah terpercaya, bisa menjadi pahala dan amal jariyah bagi si pemberi rezeki.. aamiin

    BalasHapus
  17. Dompet duafa emang selalu totalitas untuk umat, salutt

    BalasHapus