30/03/18

Ayo Lihat Wisata Baru Teluk Seribu Balikpapan

Indonesia bukan hanya pulau jawa saja, tapi juga keseluruhan wilayah NKRI, dari sabang sampai merauke. Tentu akan amat disayangkan jika kita hanya tau soal wisata yang ada di pulau jawa saja, padahal diluar pulau jawa banyak sekali destinasi wisata yang patut kita jadikan tujuan wisata saat liburan bersama keluarga.
Oleh karena itu yuk mari kita berkenalan dengan kota lain diluar pulau jawa. tepatnya di kota Balikpapan. Selama ini, wisata di Kota Balikpapan identik dengan pantai yang indah dengan pemandangan senja nan memukau. Namun sejak pertengahan tahun 2017 lalu, Balikpapan memiliki satu spot cantik yang menarik untuk dikunjungi, tak lain adalah Teluk Seribu.
Sejak pertama dibuka, sampai sekarang wisatawan masih memadati kawasan Teluk Seribu. Nggak sedikit pula wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang untuk mengunjungi tempat wisata kampung tematik ini dan membuat tiket pesawat ke Balikpapan selalu laris diburu para traveler.
Dulunya kampung kumuh
Melihat indahnya kampung Teluk Seribu, siapa sangka kalau dulunya tempat ini adalah kampung kumuh. Rumah-rumah kayu yang berdiri di atas muara Sungai Somber ini dulunya nampak kotor dengan warna yang muram. Warga pun memiliki kebiasaan jorok, membuang sampah ke sungai dan melakukan MCK di tempat yang sama. Hal ini membuat kawasan Teluk Seribu tak pernah dilirik warga untuk dikunjungi, bahkan bagi masyarakat Balikpapan sendiri.
Kini bersih dan warna-warni
Atas inisasi Kelompok Sadar Wisata Teluk Seribu yang mengajukan proposal ke Pemkot Balikpapan dan menggandeng sebuah perusahaan cat ternama di Indonesia, Kampung Teluk Seribu berubah wajah. Dalam waktu singkat, rumah-rumah kayu yang dulunya kumuh menjelma jadi lebih cantik dan berwarna-warni.
Kecantikan rumah-rumah ini ditambah dengan beragam lukisan-lukisan indah yang membuat banyak wisatawan mulai datang ke Teluk Seribu. Salah satu tujuan utamanya tentu selfie di kampung yang berubah jadi cantik ini.
Efek dari perubahan wajah kampung Teluk Seribu ini pun mulai terasa. Warga tidak lagi sembarangan membuang sampah dan melakukan MCK di sungai. Mereka sadar akan kebersihan dan malu jika MCK di depan para wisatawan. Sungai pun jadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Tak sekedar wisata selfie
Dengan kondisi sungai yang bersih, pemandangan di sekitar Teluk Seribu jadi lebih menarik wisatawan. Para pengunjung bisa berkeliling kampung dengan menggunakan perahu kelotok, melihat bagaimana kehidupan warga dan juga alam di sekitar muara sungai yang cukup lebar ini.
Selain wisata selfie, kamu juga bisa melihat pemandangan alam indah dan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Kampung Seribu dan kebudayaan masyarakat Balikpapan di sini.
Puas wisata, saatnya berburu kuliner lezat di Balikpapan

Nggak lengkap rasanya wisata ke Balikpapan tapi tak mencicip aneka kuliner khas kota minyak ini. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah kepiting khas Balikpapan yang ukurannya besar dan rasanya amat gurih. Saking lezatnya kepiting dari kota ini, banyak wisatawan yang berburu tiket pesawat ke Balikpapan hanya demi mencicip seafood yang satu ini. Dari beberapa resto yang menyajikan kepiting, RM Kepiting Kenari dan RM Dandito adalah salah satu yang paling terkenal di sana.
Selain kepiting, jangan lupa juga mencicip Soto Banjar. Yang paling terkenal di Balikpapan adalah Kuin Abdhu, yang warungnya terletak di pinggir jalan, namun kelezatannya sudah dikenal seluruh penjuru kota.
Buat oleh-oleh, jangan lupa membeli amplang atau kerupuk ikan khas Balikpapan. Berbeda dengan amplang dari Banjarmasin, amplang di Balikpapan memiliki tekstur yang lebih empuk dan gurih.
Dengan bertambahnya destinasi wisata dan aneka kuliner lezat di kota ini, nggak heran kalau banyak wisatawan dari luar kota berburu tiket pesawat ke Balikpapan. Setiap harinya ada banyak penerbangan menuju kota ini, dengan berbagai promo menarik dari masing-masing maskapai.


0 komentar:

Posting Komentar