02/03/18

Sensasi dahsyat makan sambal di Hokben

Ada ungkapan yang bilang, hanya dengan makan pakai sambal saja sudah cukup untuk membuat kita tidak memperdulikan mertua yang lewat didepan kita. Ungkapan yang terbilang nyeleneh dan lucu tersebut menggambarkan begitu nikmatnya makan menggunakan sambal sebagai pelengkap hidangan. Ya, Orang Indonesia memang identik dengan sambal. Saking identiknya, sebagian besar dari kita sampai tidak bisa melahap makanannya tanpa ada si sambal tersebut.

Selain sebagai pembangkit selera makan, sambal yang mengandung capsaicin pada cabe si bahan utamanya tersebut memang terbukti dapat menyehatkan jantung serta efektif menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C di dalamnya yang juga terbilang cukup besar itu mau tidak mau harus diakui dapat membantu menjaga stamina serta ketahanan tubuh kita dari penyakit.

Rasanya yang memang mantab dan manfaat dari sambal tersebut itu lah yang membuatku tak bisa makan tanpa kehadirannya. menurutku makan tanpa sambal akan terasa amat hambar. Sambal buatku adalah semacam obat penambah selera yang membuat nafsu makanku kian besar.



 Alhamdulillah dalam hal ini ternyata aku tidak sendiri, karena hampir sebagian besar orang Indonesia amat menyukai sambal, terbukti dengan adanya berbagai jenis sambal khas daerah masing-masing di Indonesia. Seperti sambal bawang, sambal matah, sambal ijo, sambal tomat, sambal terasi dan berbagai jenis sambal favorit lainnya.

Bagai gayung bersambut, Kesukaanku pada sambal serta hobiku dalam menulis pun membuatku berkesempatan untuk mencoba langsung menu terbaru Hokben dalam Blogger Gathering di Hokben Harapan Indah Bekasi. Aku jelas amat excited untuk menghadiri acara tersebut. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari rumahku juga cukup memudahkan bagiku. Selain itu, Lokasi strategisnya pun membuat teman blogger lain tidak merasa kesulitan untuk menuju kesana. Hokben Harapan Indah ini masih berada di wilayah Meli Melo, kawasan sentra kuliner ternama di Harapan Indah Bekasi.



Kawasan Hokben Harapan Indah ini lumayan luas loh, bisa menampung hingga 260 kursi. Selain fasilitas wifi yang menjadi favorit saat makan disana, Tarif parkirnya yang flat membuat aku dan teman blogger lain betah untuk berlama lama disana. O iya ada fasilitas playground yang lumayan besar disana, tentunya ini amat memanjakan para pelanggannya yang juga membawa serta anak-anak mereka. 

Acara yang berlangsung cukup santai tersebut diawali dengan berbagai games seru, salah satunya adalah games mengisi teka teki yang berhubungan dengan menu-menu yang ada di Hokben dan berhadiah notes, pulpen hingga voucher makan. Terlihat banget antusiasme para blogger sepanjang acara berlangsung. 



Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Kartina Mangisi selaku Communication Division Head Hokben. Beliau menceritakan perihal sejarah singkat dari Hokben. Hokben didirikan pada tahun 1985 di Jakarta dan masih berada di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Saat itu Hokben yang masih bernama Hoka Hoka Bento tersebut menjadi restoran pertama di daerah Kebon kacang jakarta. 

Hokben terus mengembangkan sayapnya didunia kuliner Indonesia, dimulai dari tahun 1990 saat Hokben mulai membuka cabang pertamanya di kota Bandung hingga saat ini sudah ada 25 gerai yang tersebar diseluruh Jawa Barat.

Tak hanya di Jawa Barat saja, Hokben pun juga membuka cabang-cabangnya di kota lain. Salah satu kota yang menjadi pilihannya adalah Surabaya, tepatnya di tahun 2005 gerai Hokben di Surabaya pun dibuka. Dan hingga saat ini sudah ada 10 gerai di wilayah malang dan Surabaya.



Agaknya Hokben selaku restoran jepang ternama di Indonesia ini paham betul akan kegemaran masyarakat Indonesia terhadap sambal dan tidak melepas peluang emas ini begitu saja. Melihat tingginya minat masyarakat terhadap sambal khas Indonesia, Hokben yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI sejak tahun 2008 tersebut berhasil memadukan makanan khas jepang yang memang menjadi andalannya dengan tiga pilihan sambal terfavorit di Indonesia dalam menu yang diberi label Hoka Suka.  

Awalnya aku agak sedikit merasa aneh membayangkan bagaimana rasanya makan masakan jepang yang notabene identik dengan saos dan mayonaise nya tersebut dipadukan dengan sambal khas Indonesia. Padahal seperti yang kita ketahui bersama sambal khas Indonesia memiliki paduan rempah yang jelas berbeda dengan masakan Jepang tadi. 



Ternyata, justru rasa sensasi  beda itulah yang ingin disuguhkan oleh Hokben sang peraih Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia tersebut dalam perpaduan unik nya kali ini.  Sensasinya dahsyat, begitu tagline yang diangkat untuk menu Hoka Suka ini.

Bagaimana tidak dahsyat...? konon katanya, dalam memilih ketiga menu sambal nya saja, Hokben sempat melakukan riset serta survei mendalam terlebih dahulu, hingga akhirnya dipilih lah Sambal bawang, sambal matah, dan sambal ijo ini sebagai sambal khas pilihan yang kemudian disandingkan dengan menu andalannya Hokben tersebut. 

Sambal Bawang


Sambal bawang yang merupakan sambal khas dari Jawa ini cukup membuatku rindu akan masakan simbahku. Dulu aku bisa makan dengan lahap hanya dengan menu sambal bawang nya simbahku itu loh. Dan kali ini aku kembali menemukan 'rasa' itu lagi di sambal bawangnya Hokben ini. Tidak seperti sambal yang biasa ada di Restoran ternama lain, Sambal bawang nya Hokben ini memiliki tekstur agak kasar khas sambal uleg. Sepertinya inilah yang menguatkan rasa si sambal bawangnya tersebut. 

Sambal Matah


Di Hokben, sambal asal pulau dewata Bali ini tidak disajikan mentah seperti aslinya, namun tetap dalam bentuk cincangan. Jujur, aku sendiri belum pernah mencoba langsung sambal matah yang asli, tapi menurutku sambal matahnya Hokben ini juara lah.

Sambal Ijo


Pasti sudah pada akrab lah ya dengan si sambal ijo ini. Yup, sambal ijo ini merupakan sambal khas Sumatera yang biasa kita temui di warung makan padang itu. Hanya saja, sambal ijo nya Hokben ini berbeda karena 'teman'nya bukan lagi teri ataupun ikan tongkol tapi si chicken katsu dan ebi furai. Tentu sensasi rasanya pun jelas jauh berbeda. 



Ketiga menu sambal tersebut bisa kita pilih untuk dijadikan pelengkap dalam menu Hoka Suka secara gratis. tak hanya itu, ternyata dalam paket menu Hoka Suka ini kita juga bisa merasakan sensasi khas Indonesia lain, tepatnya dalam kering kentang dan acar kuning yang juga hadir disana. 
Ketiga menu Hoka Suka itu diantaranya adalah...

1. Hoka Suka 1

Hoka Suka 1 terdiri dari Yakitori grill yang merupakan sate bernuansa Jepang banget dipadukan dengan nasi, kering kentang acar kuning dan sambal khas pilihan kita

2. Hoka Suka 2

Hoka Suka 2 terdiri dari Ebi Furai, nasi, Kering Kentang, Acar kuning, dan pilihan sambal yang sama. Ebi furai ini merupakan menu khas jepang yang cukup difavoritkan oleh para pelanggan Hokben.

3. Hoka Suka 3

Hoka Suka 3 ini juga menghadirkan nasi, kering kentang dan acar kuningnya serta pilihan sambal tadi, hanya saja yang membedakan adalah Chicken Katsu sebagai menu khas andalan nya Hokben.

Dari ketiga menu hoka suka tersebut, aku memilih Hoka Suka 3 ini. Chicken Katsu Hokben ini memiliki ukuran yang lumayan besar menurutku, ini yang membuatku selalu mencoba menu yang satu ini setiap kali aku ke Hokben.



O iya, Selain dalam ketiga menu hoka suka tersebut, Sambal Hokben ini juga bisa kita padukan dengan menu lain di Hokben hanya dengan menambah Rp 5.000,- saja. Seperti  Beef Teriyaki dipadu sambal matah  misalnya. 

Setelah mencoba ketiga sambalnya tersebut, aku merekomendasikan sambal bawang bagi kalian yang memang pecinta pedas sepertiku, pedasnya muantaabbb... Nah untuk yang sukanya sedang sedang saja bisa langsung deh cobain sambal matah nya, rasanya pas begitu, tidak terlalu pedas tapi juga tidak kurang pedasnya. Buat kalian yang tidak terlalu suka pedas bisa banget tuh cobain sambal ijonya.

Ada satu info penting lagi ini yang wajib kalian tau, saat ini sedang ada foto kontes berhadiah tiket Java Jazz loh. Cara ikutnya gampang banget, kamu hanya perlu bernarsis ria sekreatif mungkin saat cobain menu Hokben pakai sambal Indonesia ini, lalu upload di media sosialmu dengan hastag #SambalKitaSambalIndonesia dan mention ke akun sosmed resmi Hokben.

Jadi, mau coba sensasi dahsyat dari Sambal Hokben...? Hayuk atuh jangan ragu cuss ke Hokben Terdekat di wilayahmu, atau kalau tidak mau repot bisa kok delivery order via 1500505... Psssttt jangan lupa pesanin satu buat aku ya...








6 komentar:

  1. Ketagihan sama sambal matah-nya jadi pengen balik lagi dan lagi ke HokBen

    BalasHapus
  2. Aku suka hoka suka 1 trus pake sambel bawang. Wahh sedap banget deh

    BalasHapus
  3. Wah asiknya yg makan Hoka Hoka Bento. Sekarang ada sambal tradisionalnya ya makin yummy

    BalasHapus
  4. Asik ya ada sambal matah begini, bisa rajin ke hokben nih aku

    BalasHapus
  5. Waaa kangen hokben dan penasaran banget sama sambal matahnya. Hoka Suka itu paket baru lagi ya mba?

    BalasHapus
  6. Jadi inign nyobain yang samabal ijo, kayaknya bakalan enak tuh ..

    BalasHapus