15/04/18

Sarapan Sehat Seperti Ratu di Bistro Baron

Sarapan sehat lah seperti seorang ratu, makan-sianglah layaknya seorang putri, dan makan-malamlah bagaikan seorang pengemis, begitu caption di salah satu posting-an instagramku beberapa waktu yang lalu. Caption tersebut sebenernya merupakan plesetan dari ungkapan seorang ahli nutrisi yang cukup terkenal di tahun 1960, Adelle Davis, yang aslinya berbunyi “makan pagi bagaikan raja- makan siang bagaikan pangeran dan makan malam bagaikan pengemis”.

Ungkapan tersebut menggambarkan betapa pentingnya arti sarapan atau makan pagi untuk mengawali aktivitas harian kita. Jujur, aku sendiri sih tidak pernah bisa beraktivitas tanpa diawali dengan makan pagi karena biasanya akan berdampak pada tenaga serta emosiku di satu hari tersebut. Oleh sebab itu, sampai saat ini kebiasaan makan pagi masih setia aku terapkan, hanya saja aku masih sedikit sangsi soal kualitas menu sarapanku.



 “Sarapan sehat lah seperti seorang ratu” tidak selamanya berkaitan dengan kuantitasnya saja, tapi juga dengan kualitasnya. Tentu akan amat disayangkan jika sarapan pagi kita dalam porsi besar tapi tidak bermutu bukan...?

Tema inilah yang dibahas oleh Sembutopia, sebuah digital platform yang diluncurkan pada November 2017 lalu, dalam rangka merayakan World Health Day 2018 di Bistro Baron. Acara yang bertajuk “Breakfast : The most important meal of the day ?” tersebut benar-benar membuka mataku tentang pentingnya sarapan yang berkualitas untuk mengawali hari lewat menu-menu yang disajikan oleh Bistro Baron.



Agak kaget juga sih sebenernya ketika kami, para blogger yang hadir di acara tersebut, disajikan menu sarapan yang tidak biasa. Kami yang terbiasa sarapan nasi uduk, mie, atau bubur ayam ini justru disajikan menu sarapan dengan kelezatan klasik yang berasal dari bahan-bahan berkualitas dari Amerika khas Bistro Baron.

Pemilihan menu tersebut sudah disesuaikan dengan menu sarapan sehat dengan keseimbangan kalori dan nutrisi pastinya. Tidak seperti nasi uduk yang cenderung lebih berat dengan karbohidrat, Bistro Baron justru menyajikan menu makan pagi dengan komposisi 40% nya terdiri dari buah-buahan yang jelas akan lebih sehat.



Setidaknya ada 6 pilihan menu sarapan sehat yang bisa kami pilih, diantaranya adalah Le Omelette, Good Old Fashioned Pancake, Eggs Benedict, Classic French Toast, Mixed Fruit Stuffed French Toast, Mixed Fruits Crepe. Menu yang aku pilih adalah Le Omelette, yang merupakan kombinasi antara omelette, lengkap dengan tambahan salad, sosis, kentang goreng serta roti panggang.

Pertama kali melihat tampilan menu Le Omelette ini aku agak meragukan tingkat kekenyangan nya jika dibandingkan dengan nasi uduk yang biasa menjadi andalan sarapanku. Tapi ternyata aku salah, karena meski terlihat tidak begitu mengenyangkan ternyata menu ini amat cukup untuk meghilangkan rasa laparku di pagi hari. Kenyang bangeet lah pokoknya mah...



Selain itu komposisi nutrisi dari menu Le Omelette ini cukup proporsional dan tidak ‘berat’ disalah satu komponen saja. O iya, pada sarapan kali ini, Bistro Baron juga tak lupa menyajikan buah-buahan pendampingnya, seperti Jeruk mandarin sunkist delite yang merupakan jeruk favorit tanpa biji dari California, kismis SunMaid yang juga dari California dan kurma Medzool dari Arizona.

Tak sampai disitu, Bistro Baron juga memperhatikan pemilihan kentang berkualitas dari Amerika sebagai sumber karbohidrat menu sarapan yang disajikan. Ya, seperti yang kita ketahui bersama, kentang dengan berbagai macam tampilannya tersebut memang masih amat diandalkan sebagai pilihan para chef di berbagai restoran dan hotel di Indonesia.



Sesuai dengan lokasinya yang berada di wilayah Central Bussiness District Jakarta, Bistro Baron memang ditujukan pada para eksekutif muda disekitar wilayah tersebut agar tetap dapat sarapan sehat dengan sajian serta pelayanan yang mewah agar dapat menjalani aktivitas harian dengan sebaik-baiknya.  

Jadi, sudah cukup sehatkah sarapanmu teman...? kalau belum hayuk atuh kita sama-sama mulai memilih menu sarapan sehat agar hari kita dapat berjalan sesuai yang kita inginkan... O iya kalau mau traktir aku di Bistro Baron boleh banget loh...

5 komentar:

  1. maunya ditraktir bukan nrktir :D enak-enak ya makanan di bstro

    BalasHapus
  2. Makanannya menu sarapan yg lain dari lainnya. Sedikit tapi mengenyangkan. Yukk sarapan seperti raja. Makan yg sehat emang akan bikin kita kuat beraktivitas ya

    BalasHapus
  3. Sebutannya menu sarapan tapi porsinya ngenyangin bangeeettt, dan aku SUKA.

    BalasHapus
  4. Ini aku lagi ngebayangin abis CFD mampir deh sarapan cantik di Bsitri Baron hahahah..trus ketemu mbak Natara :D Makan sehat di sini dengan konsep makanan bergizi, enak kan ada harga ada rupa ya. Chef juga berpengalaman. Makan pagi seperti raja memang benerrr..Aku ga bisa keluar rumah tanpa sarapan loh, bisa pingsan ntar wkwkkwkw... Mau omeletnya, mau French toast, mixed fruit dll hhmmm :)

    BalasHapus
  5. Ini aku lagi ngebayangin abis CFD mampir deh sarapan cantik di Bistro Baron hahahah..trus ketemu mbak Natara :D Makan sehat di sini dengan konsep makanan bergizi, enak kan ada harga ada rupa ya. Chef juga berpengalaman. Makan pagi seperti raja memang benerrr..Aku ga bisa keluar rumah tanpa sarapan loh, bisa pingsan ntar wkwkkwkw... Mau omeletnya, mau French toast, mixed fruit dll hhmmm :)

    BalasHapus