06/05/18

Cari tau cara jaga organ kewanitaan di HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih

Pernikahan bagiku bukan hanya menyatukan dua insan semata saja, tapi juga bertambahnya kewajibanku dalam menjaga kesehatan. Ini dikarenakan aku memiliki anggapan kalau setelah menikah, raga serta tubuhku juga menjadi milik dia yang aku sebut suami tersebut. Tentunya pemikiran ini membawa banyak manfaat yang secara langsung dapat aku rasakan, mulai dari pahala besar yang Ia janjikan, merasakan enaknya memiliki tubuh sehat itu sendiri, hingga keharmonisan keluarga yang menjadi idaman bagi banyak orang misalnya.

Aku sama seperti wanita lain yang amat memimpikan dapat membangun rumah tangga bahagia serta harmonis. Meski tidak dikaruniai harta melimpah maupun paras cantik nan rupawan, impian tersebut tentu sah-sah saja ada dalam pikiranku, dan Insya Allah itu bukan sekedar mimpi semata pastinya, karena saat ini aku sudah mulai memahami cara-cara tertentu untuk menjaga keharmonisan keluarga, salah satunya dengan menanamkan pemikiran kalau ‘raga ini juga miliknya’ tadi.



Bicara soal keharmonisan keluarga akan erat kaitannya dengan kesehatan organ kewanitaan. Walau pada kenyataannya tidak mempengaruhi keharmonisan keluarga secara keseluruhan, mau tidak mau harus diakui kalau kesehatan organ kewanitaan bagi wanita yang sudah menikah sepertiku ini amatlah penting dan berpengaruh besar pada keberlangsungan rumah tangga itu sendiri. Oleh karena itu aku benar-benar concern dalam menjaga organ kewanitaanku.

Alhamdulillah bak gayung bersambut, aku mendapat semua pengetahuan lengkap untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan tersebut dalam acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih pada 22 April 2018 lalu. Acara yang diadakan di Opulence Restaurant, Jakarta selatan itu semakin membuka mataku akan kesehatan organ kewanitaan.



Masalah-masalah sepele yang kita biarkan di organ kewanitaan bisa menjadi bom waktu yang siap meledak setiap saat jika tidak segera kita tangani. Seperti keputihan dan menstruasi yang tidak biasa misalnya. Hal yang terdengar amat sepele dan sering dianggap lumrah bagi banyak orang ini ternyata juga bisa mengancam kesehatan organ kewanitaan dan nantinya akan berdampak pada keharmonisan keluarga.  

Hal ini juga disampaikan oleh Lulu Elhasbu, sang Social Media Influencer yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut. Lulu yang semasa kecilnya tinggal di lingkungan pesantren  mengaku saat itu agak minim pengetahuan soal organ kewanitaan dan serba-serbinya karena tinggal jauh dari sang ibu yang notabene biasa menjadi ‘guru’ seputar organ kewanitaan bagi para gadis yang beranjak remaja.  

Namun, meski jauh dari ibu, Lulu pun tak lantas patah semangat, ia memanfaatkan perkembangan digital saat ini untuk mendapatkan pengetahuan yang tidak ia dapatkan dari ibunya tersebut. Ya, melalui internet, Lulu mempelajari semua hal tentang pentingnya menjaga organ kewanitaan tadi, termasuk menstruasi dan keputihan yang tidak biasa pastinya.




Sepaham dengan Lulu, Dr. Bram Pradipta Sp.OG, selaku pembicara dalam acara bertema Stay Productive, Clean and Healthy tersebut menyebutkan kalau keputihan akan menjadi berbahaya jika memiliki keluhan-keluhan tertentu, seperti gatal dan nyeri, berbentuk agak kental dari biasanya, memiliki perubahan warna, berbau, maupun keluar flek atau darah saat berhubungan intim.

Dokter berparas rupawan itu menyarankan untuk sesegera mungkin periksa jika kita memiliki keluhan-keluhan tersebut, karena selain menjadi penyebab dari beberapa penyakit berbahaya, keputihan dengan keluhan yang tidak biasa itu juga bisa menjadi tanda atau gejala dari adanya penyakit berbahaya lain.

Penyebab keputihan itu sendiri bisa berasal dari banyak faktor, baik itu faktor fisiologis yang memang merupakan proses perlindungan diri alami sehingga mengeluarkan ‘cairan’ dari si miss V maupun faktor patologis yang disebabkan oleh keberadaan jamur, bakteri serta virus tertentu. Nah faktor patologis inilah yang wajib kita waspadai karena biasanya akan diikuti dengan adanya berbagai keluhan tadi.



Selain itu, keputihan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain salah satunya adalah karena keberadaan penyakit tertentu seperti HIV atau kencing manis yang secara tidak langsung menurunkan daya tahan tubuh sehingga virus maupun bakteri keputihan dapat berkembang secara cepat. Pada beberapa kasus, penggunaan antibiotik yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan pada wanita.

Untuk menghindari keputihan yang tidak biasa tersebut sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk kita lakukan. Kuncinya adalah menjaga kebersihan area si miss V agar bakteri, jamur atau virus tidak sempat berkembang biak. Dr Bram pun menyarankan beberapa hal yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kebersihan organ intim itu bisa tetap terjaga, berikut diantaranya :

1. Mencuci area miss V dengan cara yang benar

Cara paling benar adalah dengan membasuhnya dari bagian depan kearah belakang dan bukan sebaliknya, karena area belakang merupakan area yang memiliki banyak kuman serta bakteri yang bisa saja berpindah ke area miss V jika kita salah arah membasuhnya. Selain itu juga hindari menggunakan sabun yang mengandung pewangi berlebih serta jangan lupa untuk mengeringkan kembali area miss v agar tidak lembap.

2. Hindari menyemprot Miss V dengan cairan apapun

Meski diberi label sebagai pembersih, ada baiknya kita menghindari membersihkan miss V dengan cara menyemprotkan cairan pembersih, karena dikhawatirkan dapat menginfeksi bagian dalam juga.

3. Ganti Pantyliner atau pembalut setiap tiga jam sekali

Selain bermanfaat untuk dapat selalu terjaga kebersihannya, rutin mengganti pantyliner maupun pembalut ini juga bisa menghambat petumbuhan jamur dan bakteri pastinya.

4. Pilih pantyliner atau pembalut yang tepat.

Tak hanya dari segi ukuran nya saja yang harus kita sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian kita, tapi juga perihal kandungan bahan didalam si pantyliner maupun pembalut itu sendiri.


O iya, bicara soal pemilihan panty liner dan pembalut yang tepat, dalam acara ini juga dihadirkan Ibu Anastasia Erika selaku Brand Manager PT Softex Indonesia yang dengan lugas memberikan pencerahannya seputar pemilihan pantyliner dan pembalut itu sendiri.



Menurut Ibu Anastasia, penggunaan panty liner memang belum begitu dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kalaupun ada yang telah mengenal dan menggunakannya, 90% cara pemakaiannya masih salah, karena panty liner tersebut biasa digunakan sepanjang hari meski dalam keadaan berkeringat sekalipun. Hal ini lah yang kemudian menimbulkan masalah-masalah di organ kewanitaan, salah satunya adalah si keputihan tadi.

Pemakaian panty liner yang salah tersebut justru membuat fungsi utama panty liner yang notabene seharusnya berguna untuk mengurangi kelembapan dan menjaga higienitas di area miss v itu justru berbalik fungsi menjadi ‘sarang’ kelembapan dan kuman serta bakteri di area tersebut. Nah agar tidak mengalami hal ini, kita disarankan untuk mengganti panty liner secara rutin setiap tiga jam sekali, dengan begitu kuman serta bakteri tadi tidak akan sempat berkembang biak pastinya.

Sebenarnya, pemakaian panty liner atau pembalut selama tiga jam yang dianjurkan tersebut juga tidak sepenuhnya dapat menangkal si bakteri di area miss v kita, Oleh karena itu melalui penelitian-penelitian ilmiah yang didukung para ahli didalamnya, PT Softex Indonesia pun meluncurkan produk pembalut dan panty liner yang mengandung antiseptik alami dari daun sirih. Ya, produk tersebut tak lain adalah Softex Daun Sirih. Seperti yang kita ketahui bersama, daun sirih memang sudah kita kenal dan percaya khasiatnya dalam menjaga higienitas area kewanitaan kita.


Softex Daun Sirih ini pun hadir dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya, dari mulai Slim Extra Heavy Flow yang berukuran panjang hingga 36cm untuk penggunaan saat menstruasi yang sedang banyak-banyaknya dan pada malam hari, Slim Heavy Flow yang berukuran panjang 29cm, Slim Regular Flow yang berukuran 23 cm, Panty Liner yang berukuran 18 cm, hingga Panty Liner yang berukuran 15 cm  untuk penggunaan sehari-hari.

Alhamdulillah banget aku bisa ikut acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih ini, karena selain bisa dapet pengetahuan seputar organ kewanitaan tersebut aku juga bisa ikut membagikan voucher diskon sebesar Rp 50.000 untuk minimal pembelanjaan Rp250.000 di HIJUP dengan kode voucher : HIJOUSFTXJAKARTA yang berlaku hingga 31 Juli 2018. Hayuk lah kita borong perlengkapan hijab kita di HIJUP dengan voucher ini... Lumayan banget pastinya...





  

17 komentar:

  1. Alhamdulillah ya mba bisa ikut acara kemarin. Selain dapet ilmu, dapet hampers kece lagi :D

    BalasHapus
  2. Kebersihan dan perawatan organ intim menjadi wajib ya tuk kaum hawa, jangan sampe deh kita kena penyakit atau virus berbahaya karena kurang menjaga atau salah dalam memilih produk organ intim kita. Makasih sharing infonya ya.

    BalasHapus
  3. Pernah ko ngalamin daerah Miss Venezuela ku gatal dan keputihan gara-gara kurang menjaga kebersihan organ intim. Efeknya begitu hihihi

    BalasHapus
  4. Memang penting banget menjaga area V karena aset reproduksi dan banyak penyakit berbahaya yg mengintai kalau gak dirawat dgn baik.

    BalasHapus
  5. Aku cocok pakai softek daun sirih, tetapi ttep hrs jaga kbersihan organ intim apalg klo lg mens

    BalasHapus
  6. enak banget pake pembalut ini kaka. aku pake yang ukuran panjang itu. nggak slip, bocor apalagi ganjel. two thumbs up deh

    BalasHapus
  7. Keputihan banyak macamnya seperti habis haid, keputihan kaya itu mpo alami. Kata sih gak apa apa

    BalasHapus
  8. Yuk ah,,, jaga miss V biar terjauh dari keputihan dan selalu bersih biar suami apet terus dan terjauhkan dari pelakor .... Eeh malah curcol :)

    BalasHapus
  9. Aku juga suka pakai softex selain bahan bakunya ringan terhindar dari penggunaan bahan kimia berbahaya aman banget dipakai.

    BalasHapus
  10. Sebagai wanita penting untuk menjaga daerah intim biar sehat dan biar makin mesra dengan suami

    BalasHapus
  11. Aku pakai produk ini sejak smu dulu, dan sampai srkarang masih dengan banyak pilihan manfaat

    BalasHapus
  12. Aku pakai produk ini sejak smu dulu, dan sampai srkarang masih dengan banyak pilihan manfaat

    BalasHapus
  13. Materi yg disampaikan sangat berguna, penting banget menjadi informasi Kita sebagai perempuan

    BalasHapus
  14. Aku ga berani pakai cairan pembersih ekstrak alami. Sebaiknya bersihkan dengan air biasa saja.

    BalasHapus
  15. Terimakasih sharingnya , Wil v wanita memang sensitif harus pintar2 penangananya .AQ jg PK produk ini dan nyaman

    BalasHapus
  16. Bagiku kenyamanan saat menstruasi adalah hal yg penting. Malah saat haid inilah, kita hrs memastikan jika kebersihan organ intim ttp terjaga

    BalasHapus
  17. Ekstrak daun sirihlaj yg membuatku memilih Softex sbgi perawatan feminim. Krn memang terbukti menghambat pertumbuhan bakteri jg ga bikin gatel dan bau

    BalasHapus