30/05/18

Jangan sepelekan anyang-anyangan demi mereka yang kita sayang

Ada ungkapan yang bilang kalau seorang ibu tidak boleh sakit karena jika wanita yang dipanggil ibu itu jatuh sakit maka sudah dapat dipastikan dampaknya juga akan dirasakan oleh anggota keluarga lain. Pemikiran ini secara alami juga tertanam begitu dalam padaku. sejak menyandang status sebagai seorang ibu, aku benar-benar berusaha menjaga kesehatanku secara keseluruhan agar tidak sampai jatuh sakit.

Hal tersebut aku lakukan bukan untuk diriku sendiri lagi tapi karena rasa sayangku yang begitu besar pada keluarga kecil ini. Rasanya tak sampai hati jika mereka harus ikut juga merasakan dampak akibat jatuh sakitnya aku tersebut. Sayangnya menjaga kesehatan bagi wanita tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, wanita seolah dilahirkan dengan predikat lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit, baik itu yang ringan maupun yang berat.



Secara keseluruhan cara menjaga kesehatan itu tidak berbeda bagi pria maupun wanita, yang membedakan hanya pada menjaga kesehatan organ intim masing-masing. Untuk pria sendiri aku kurang begitu paham, tapi bagi wanita aku mulai menerapkan beberapa cara yang aku anggap efektif untuk menjaga kesehatan organ intim tadi.

Alhamdulillah bak gayung bersambut, aku mendapat pengetahuan lebih dalam soal ini dalam acara Blogger Gathering dan Talkshow bertajuk “Pentingnya menjaga saluran kemih pada wanita”. Tak tangung-tanggung acara yang digelar di Ballroom Hotel Harris, Kelapa gading tersebut menghadirkan dr Boy Abidin, SpOG(K) sebagai nara sumbernya

dr. Boy Abidin SpOG(K)


Menurut dokter ganteng yang juga merupakan presenter Dr OZ Indonesia tersebut, organ intim atau organ kewanitaan bagi wanita seolah merupakan pintu masuk berbagai jenis penyakit. Dan setiap kali ada penyakit tertentu yang akan menyerang bagian dalam organ kewanitaan kita pasti ada tanda atau gejala tertentu yang biasa kita rasakan, salah satunya adalah anyang-anyangan.

Dibanding pria, wanita memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih yang gejala awalnya adalah si anyang-anyangan tadi. Anyang-anyangan itu sendiri merupakan rasa ingin buang air kecil terus-menerus disertai nyeri dan tidak lancar. Jika dibiarkan, anyang-anyangan bisa menjadi penyebab dari penyakit berbahaya lainnya.



Dokter Boy menambahkan kalau 80% penyebab anyang-anyangan itu adalah adanya bakteri E-colli yang menempel pada dinding saluran kemih/ saluran kencing. Selain itu anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh penggunaan toilet yang tidak bersih, kebiasaan menahan buang air kecil, penggunaan air untuk membasuh yang kurang bersih serta arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar.

Ada beberapa cara yang umum dilakukan untuk mengatasi anyang-anyangan tersebut. Diantaranya adalah dengan banyak minum air putih dan mengikat jempol kaki dengan karet gelang misalnya. Minum air putih mungkin dapat membantu, namun tidak menyelesaikan masalahnya. selain itu minum air putih juga tidak bisa mencegah terjadinya anyang-anyangan lagi dikemudian hari.

Nah kalau cara kuno mengikat jempol kaki dengan karet gelang memang tidak terbukti secara ilmiah tapi kadang sedikit ampuh mengatasinya. Namun tetap saja cara ini tidak bisa menjadi andalan dalam mengatasi anyang-anyangan itu sendiri.



Alhamdulillah dalam acara tersebut aku juga dikenalkan dengan Prive Uri-cran Ekstract Cranberry yang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah anyang-anyangan lewat kandungan ekstrak buah cranberry nya. Buah Cranberry tersebut telah lama diteliti dan digunakan di Amerika untuk mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC).

Selain itu, buah Cranberry yang memiliki kesamaan dengan buah blueberry ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Tanaman semak ini juga banyak mengandung serat makanan,mineral dan flanovoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Buah Cranberry juga mengandung senyawa fitokimia yang merupakan salah satu sumber antioksidan polifenol. Tentunya ini membuat Cranberry amat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.



Karena tingginya kandungan antioksidan dalam buah Cranberry tersebut membuatnya dapat mencegah bakteri berkembang biak di area kewanitaan kita sehingga infeksi saluran kemih pun dapat dihindari. Dan otomatis membuat resiko kita terkena anyang-anyangan menjadi berkurang.

Jadi Uri-cran yang mengandung ekstrak buah cranberry amat efektif untuk mencegah anyang-anyangan itu sendiri. Makanya sekarang tidak perlu takut anyang-anyangan lagi karena ada Uri-cran ya... Tak sampai disitu saja, dengan terhindar dari anyang-anyangan maka kita juga telah meminimalisir gejala dari penyakit yang biasa menyerang organ kewanitaan kita.

Insya Allah dengan minum Uri-cran ini kesehatan kita secara keseluruhan pun akan lebih terjaga. Yuk jaga kesehatan kita bunda... Ingat para ibu tidak boleh sakit loh...

1 komentar:

  1. anyang-anyangan memang gak enak banget Mba, saya pernah dua kali terkena anyang-anyangan, tobat deh gak mau lagi merasakan penderitaan itu :(

    BalasHapus