01/08/18

Hidup Sehat Secara Mudah dan Murah dengan Senam Kolosal

Hampir semua manusia ingin bisa hidup sehat dan berumur panjang, namun sayangnya sampai sekarang masih banyak juga yang menganggap sepele soal masalah kesehatan ini. Hal tersebut terbukti lewat masih tingginya angka biaya yang harus dikeluarkan untuk penyakit katastropik pada tahun 2017 lalu, tepatnya mencapai 18,4 triliun atau sekitar 21, 8 % dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan.

Sekilas info saja, penyakit katastropik ini merupakan penyakit dengan biaya tinggi yang rentan terjadi komplikasi jika tidak segera ditangani, seperti hipertensi dan diabetes. Sebenarnya jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu untuk menerapkan hidup sehat maka angka penyakit katastropik ini bisa segera diturunkan.



Sepertiku misalnya, aku mulai membiasakan diri hidup sehat dengan cara mengatur pola makan dan rutin berolahraga ringan. Meski hasil olahraga di pusat-pusat kebugaran akan lebih baik, tapi berolahraga dengan melakukan senam ringan secara rutin dirumah masing-masing pun baik untuk kesehatan kita.

Jadi, sebenarnya hidup sehat itu mudah dan murah asal kita niat untuk melakukannya. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita pun bisa sekaligus menjaga bentuk tubuh kita agar tetap ideal, karena bentuk tubuh ideal jelas amat diidamkan oleh semua orang.

Nah, ternyata hal ini juga sudah sering sekali digaungkan oleh BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program jaminan kesehatan nasional, agar tidak ada lagi masyarakat yang beralasan tidak bisa olah raga yang disebabkan oleh tingginya biaya berolahraga itu sendiri.



Sejalan dengan hal ini, untuk menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke 50, BPJS Kesehatan pun menggelar Senam Sehat Kolosal 18.8.18 pada minggu, 29 Juli 2018 lalu di Lapangan Monumen Nasional (Monas).

Angka 18.8.18 ini sendiri sebenarnya adalah angka dari jumlah peserta yang mengikuti acara senam bersama ini, mulai dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, Skateholder terkait, hingga para Duta BPJS Kesehatan.

Tak hanya itu saja, kalau dilihat lagi angka tersebut juga merujuk pada tanggal dibukanya event terbesar kedua di dunia, Asian Games 2018, yang akan digelar di Ibu Kota Jakarta tercinta ini. Dan ternyata senam kolosal ini juga diselenggarakan serentak di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan Se-Indonesia.



Selain Bapak Fahmi Idris selaku Direktur Utama BPJS Kesehatan, senam kolosal ini juga dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang begitu bersemangat dan sama sekali tidak merasa canggung melakukan senam kolosal bersama para peserta lain yang hadir disana.

Dalam pidato singkatnya, Bapak Fahmi Idris pun mengungkapkan harapannya semoga setelah event ini terlaksana, masyarakat akan lebih teredukasi soal hidup sehat yang mudah dan murah, serta diharapkan nantinya jumlah peserta JKN-KIS yang sakit pun bisa menurun, sehingga pembiayaan yang seharusnya keluar untuk mereka bisa dialokasikan ke program preventif lain yang dilakukan agar masyarakat kita tetap sehat.

Yah, walaupun jika kita sakit, biaya pengobatannya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tapi itu bukan berarti kita mengharapkan jatuh sakit bukan...? Oleh karena itu, yuk kita mulai menerapkan hidup sehat dengan cara yang mudah dan murah melalui berbagai cara, salah satunya dengan senam kolosal misalnya.

bareng kakak blogger kesayangan, Helena Safitri
Jadi, kira-kira kapan nih kita janjian bareng untuk melakukan senam bersama lagi...? Senam bersama... Insya Allah sehat pun bersama...


2 komentar:

  1. Yuk olahraga bareng. Berenang aja sini. Hohoho

    BalasHapus
  2. Asikk senam rame-rame..
    Bikin badan sehat dengan rutin senam..

    Keren artikelnya.

    BalasHapus