07/08/18

Melirik sisi positif Gadget lewat Faber Castell Colour To Life

Bukan sekali dua kali saja aku menghadiri workshop atau seminar yang membahas soal jahatnya pengaruh gadget pada anak-anak kita. Mulai dari merusak mental mereka hingga pengaruhnya terhadap kesehatan anak-anak secara langsung. Namun harus diakui kalau menjauhkan sepenuhnya anak-anak tersebut dari paparan gadget itu amatlah sulit.

Dari situ aku pun mulai berpikir, andai saja si gadget itu bisa dijadikan teman baik yang memberikan dampak positif bagi anak kita alih-alih menjadi musuh nya tentu hal itu akan lebih mudah untuk dilakukan. Karena kenyataannya tuntutan jaman memang menggiring kita ke era gadget ini.



Alhamdulillah pemikiranku soal menjadikan si gadget sebagai teman baik anak ini pun juga mendapat perhatian dari Faber Castell selaku produsen alat tulis terbesar dan tertua itu untuk mengeluarkan produk barunya yang diberi nama Faber Castell Colour to Life.

Dalam produk ini, Faber castell mencoba memadukan asiknya mewarnai gambar dengan connector pen andalannya pada augment reality colouring book dengan aplikasi yang bisa kita download secara gratis di play store.

Awalnya aku agak ragu juga memberikan produk ini pada ketiga anakku, jujur ada sedikit kekhawatiran kalau kalau nanti anakku akan tambah ketagihan pada gadget nya. Namun setelah aku coba sendiri ternyata tidak sepenuhnya permainan ini berpaku pada gadget saja, malah anak-anak akan lebih banyak memegang connector pen nya.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan bersama anak-anak dengan memiliki satu paket Faber Castell Colour to Life ini, mulai dari mewarnai gambar hingga bermain dengan karakter yang keluar dari hasil karya kita, seperti berikut ini :

1. Mewarnai Gambar dengan Connector Pen


Ada 20 Connector pen dan 15 halaman Augment Reality Colouring book dengan 5 karakter berbeda yang tersedia dalam paket ini. Melalui aktifitas mewarnai gambar ini anak sepenuhnya akan diajak ‘lepas’ dari paparan gadgetnya sekaligus melatih daya imajinasi masing-masing anak.

Trik mewarnai nya juga tidak melulu diisi penuh dengan warna, kita bisa mengajak mereka untuk sedikit berkreasi dengan gaya mewarnai karakternya, seperti dengan teknik spiral atau arsiran jarang-jarang misalnya.

2. Sacnning


Setelah puas mewarnai gambar karakter pada augment reality, kita juga bisa mengajak anak-anak untuk menjadikan karakter hasil karya mereka tersebut menjadi nyata dengan melakukan scanning pada aplikasi Colour to Life.

Awalnya aku agak kewalahan tiap kali men-scan karakternya, si karakter tak kunjung keluar dari gambar... Hiks... Namun ternyata kesalahan bukan terjadi pada aplikasinya tapi pada teknik scanning yang aku lakukan. Teknik scanning yang benar adalah menscan dengan jarak kurang lebih 30 cm. Begitu karakter hasil karya mereka keluar, anak-anak dijamin akan semakin antusias memainkannya.



3. Berinteraksi dengan si karakter


Setelah hasil karya mereka itu berhasil keluar dari kertas, anak-anak bisa kita ajak untuk sedikit berinteraksi dengan karakter tersebut. Si karakter bisa digeser-geser maupun diperbesar atau diperkecil sesuai selera.

 
4. Berselvi ria


Tak hanya berinteraksi saja, jika karakterya sudah keluar dari kertas, ada fitur untuk berselvi ria bersama karakter hasil karya mereka sendiri. Agar lebih seru, kita juga bisa banget loh bergaya seolah si karakter itu benar-benar nyata ada saat pengambilan foto. Untuk memudahkan sih baiknya menggunakan kamera depan saja, jadi bisa langsung terlacak deh dimana posisi si karakter tadi.



5. Bermain Games


Kurang lebih sama dengan permainan yang banyak tersedia di play store, tapi memainkan games pada aplikasi ini akan terasa berbeda, karena karakter yang digunakan dalam permainannya adalah karakter hasil karya kita sendiri.

Jadi dengan bermain menggunakan Faber Castell Colour to Life ini Insya Allah kita pun akan menemukan sisi lain yang bernuansa positif dari gadget itu. Pokoknya menurutku Faber Castell ini benar-benar solusi untuk menjadikan gadget sebagai ‘teman baik’ anak kita. Daripada sibuk mencari cara menjauhkan anakkita dari gadget karena sisi negatif yang ditimbulkannya tadi bukankah akan lebih baik dan lebih mudah jika kita memanfaatkan ‘sisi positifnya saja...?



O iya paket Faber Castell ini sudah bisa kita temui di toko-toko buku terdekat atau di online shop-online shop seperti tokopedia juga loh... Jadi mau tunggu apa lagi moms, dari pada galau mending juga langsung cari paket Faber Castell Colour To Life ini...




0 komentar:

Posting Komentar