22/09/18

Rahasia Membuat Vlog Kece Ala Vlogger Terkenal di #SharingHappiness

Rahasia membuat vlog kece


Berkreasi merangkai aksara untuk memahat sejarah, begitu bunyi tag line dari blog kreasi-natara.com. Tag line ini aku buat semata-mata untuk menambah semangatku dalam menghidupkan blog pribadiku ini. Ya, aku memang selalu butuh sesuatu sebagai mood booster tiap kali akan menulis sebuah artikel yang akan tayang, salah satunya dengan tag line tersebut.

Setiap kali aku membuka blogku ini, maka tagline yang berada pada bagian atas blog tadi akan langsung terlihat olehku dan seolah memberi suntikan semangat untuk terus menghasilkan suatu karya. Namun sayangnya, tagline tersebut juga seringkali tidak berarti apa-apa, terutama saat aku sedang ber-galau ria. Kalau sudah begitu biasanya aku akan mencari cara lain untuk dijadikan sebagai mood booster ku.

Agaknya persoalan mood booster seperti yang aku alami ini juga dirasakan oleh hampir semua orang dalam dunia yang mengandalkan kreatifitas tingkat tinggi, seperti content creator misalnya. Tadinya aku pikir hanya seorang blogger saja yang sedikit kewalahan ketika akan menghasilkan sebuah artikel berkualitas, namun ternyata aku salah. Para vlogger atau youtuber pun amat mengandalkan mood boosternya masing-masing untuk membuat sebuah konten layak tonton ala mereka.

Sharing Santai #SharingHappiness


trik membuat vlog keren


Pemahamanku soal ‘saudara’ kita (para vlogger) itu menjadi semakin bertambah ketika aku berkesempatan untuk hadir dalam acara Sharing santai #SharingHappiness bertema “Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan” beberapa waktu yang lalu. Dalam acara tersebut pemikiranku soal para vlogger langsung berbalik menjadi lebih positif.

Tadinya aku sering merasa ada ketidakadilan yang dilakukan para penyelenggara event dalam memberikan perlakuan antara blogger dan vlogger, namun berkat acara ini aku jadi lebih paham alasan perbedaan perlakuan tersebut. Kenapa...? karena ternyata menjadi seorang vlogger tuh tidak hanya sekedar soal cuap cuap didepan kamera saja tapi ada banyak usaha lain yang mereka lakukan, jadi ya wajar saja jika mereka (vlogger) diperlakukan lebih istimewa.

Selain karena platform you tube saat ini memang telah menjadi primadona di kalangan masyarakat penggila sosial media, untuk menghasilkan sebuah konten video layak tonton tidaklah mudah, butuh beberapa trik dan usaha khusus, dan alhamdulillah nya adalah di acara ini kami diberi kesempatan untuk sedikit mengorek langsung trik tersebut pada ahlinya.

Ada beberapa content creator YouTube yang hadir untuk memberikan sharing session pada para undangan, diantaranya adalah Stella Cornelia, Fendy Chow, dan Kyra Nayda. Ketiga nara sumber ini memiliki karakter kontennya masing-masing. Seperti Stella Cornelia dan Fendy Chow misalnya, yang sering membuat konten seputar lifestyle serta cerita saat mereka sedang melakukan travelling bersama, atau seperti Kyra Nayda yang lebih spesifik mengulas seputar kecantikan dalam setiap kontennya.
Trik membuat vlog


Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan


Secara garis besar, trik yang mereka jelaskan dalam acara tersebut tak lain adalah sebagai berikut :

1. Pilih konten yang sesuai dengan passion dan kuatkan karakternya.


Untuk menjadi content creator yang mampu bersaing dengan jutaan vlogger lain, maka kita wajib memiliki ciri khas disetiap konten yang kita miliki, dan memilih konten yang sesuai dengan passion kita adalah salah satu cara terbaik untuk dapat menemukan ciri khas tersebut. Alasannya sih simpel, sesuatu yang sudah sesuai dengan passion akan membuat kita melakukan nya tanpa beban.

Membuat Vlog Kece
Stella Cornelia

Setelah menemukan ciri khas tadi, selanjutnya kita harus terus menguatkan karakter tersebut. seperti Kyra Nayda misalnya, passion yang ia miliki adalah soal kecantikan maka setiap konte yang ia buat akan selalu dikaitkan dengan sisi kecantikan. Sebagai contoh saat akan membuat sebuah konten travelling di suatu tempat maka konten nya bisa berupa trik untuk tetap cantik saat travelling.

2. Maksimalkan peralatan yang ada.


Tidak seperti blogger yang bisa dibilang hanya mengandalkan sedikit peralatan tempur, menjadi vlogger membutuhkan peralatan yang jauh lebih banyak, tapi ini bukan berarti dapat dijadikan alasan untuk kita berhenti berkreasi, karena masalah peralatan ini sebenarnya bisa kita siasati dulu.

trik membuat vlog kece

Dalam hal ini Fendy Chow pun menekankan kalau sebagai pemula tidak seharusnya kita memaksakan diri untuk membeli peralatan vlog itu secara sekaligus, karena seiring berjalannya waktu maka perlahan tapi pasti Insya Allah semua peralatan tersebut dapat kita beli sesuai kebutuhan pada saat itu. Misalnya nih, pada awalnya kita menggunakan kamera smartphone saja, setelah mendapat penghasilan dari vlog, maka kita bisa membeli tongsis untuk membantu saat nge-vlog, setelah mendapat penghasilan lagi kita pun bisa meng-upgrade alat rekam kita tadi menjadi kamera, dan begitu seterusnya.

3. Percaya diri


Nah ini dia nih satu hal yang biasanya agak sulit dilakukan termasuk olehku, ini pulalah yang akhirnya membuatku susah masuk ke dunia vlogger. Tapi menurut Kak Fendy, percaya diri amatlah penting dimiliki oleh mereka yang ingin menjadi vlogger, tanpa kepercayaan diri yang cukup maka konten nya pasti tidak akan maksimal. Bayangkan saja saat kita harus membuat sebuah konten ditempat umum, itu sama artinya kita harus melakukan syut ditempat umum tersebut, dan ini jelas membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi bukan...?

Yakinlah, setiap diri kita itu unik untuk ditunjukan pada dunia, bahkan makhluk imut bernama semut pun layak ‘tampil’ di dunia karena keunikannya, jadi ubah mindset kita agar lebih pede ya...

4. Jaga Mood


Tidak bisa kita pungkiri, seprofesional apapun seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan tetap akan ada masa nya orang tersebut tiba pada titik jenuh atau bosan, nah disinilah peran mood booster amat dibutuhkan, terlebih bagi mereka yang ada dalam dunia kreatif seperti para content creator.

Rahasia membuat vlog kece

Cara menjaga mood ini akan berbeda-beda bagi setiap orang. Coba tanya sejenak pada diri sendiri kira-kira hal apa yang bisa membangkitkan semangat serta dapat menjadi mood booster. Namun dari segudang cara yang bisa membangkitkan mood, ada satu hal yang paling sering dilakukan oleh ketiga nara sumber yang hadir dalam acara ini, tak lain adalah dengan mandi menggunakan sabun pilihan mereka masing-masing.

Sabun Harmony, Medicare dan Lervia


Bukan karena sedang diundang dalam acara yang di sponsori oleh PT Megasurya Mas selaku produsen sabun Harmony, Medicare, dan Lervia, ketiga narasumber tersebut mengaku memang amat suka dengan ketiga sabun itu karena sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Seperti Stella Cornelia misalnya, ia mengaku kalau sabun Harmony dengan aroma buah-buahan nya itu dapat membangkitkan mood yang seringkali tidak stabil dalam membuat konten YouTubenya. Sensasi mandi dengan kesegaran aroma buah dari ekstrak buah aslinya mampu menenangkan pikiran dan membuat moodnya menjadi oke.


Ada 6 varian sabun Harmony yang biasa ia gunakan secara bergantian, diantaranya adalah Orange Satsuma, Grape Sparkling, Starwberry Alpine, Melon Honeydew, Lemon Citrus, dan Apple Fuji. Masing-masing varian itu memiliki aroma buah sesuai nama variannya.

Berbeda dengan Stella, Kak Fendy Chow lebih suka menggunakan sabun Medicare yang mampu membunuh hingga 99,99% kuman dan bakteri pada kulit, karena ia merasa lebih sering terpapar kuman dan bakteri itu saat membuat konten travellingnya. Selain itu kandungan khusus Zebact100 yang revolusioner nya pun terbilang ampuh melindungi kulit dari serangan bakteri dan kuman tadi, jadi ia tidak lagi khawatir terhadap kotoran yang menempel saat sedang membuat konten. Hal ini jelas membantunya untuk membuat konten video yang berkualitas.

buat vlog keren

Tak ketinggalan, Kak Kyra pun mengaku sabun Lervia yang ia gunakan setiap hari amat sesuai untuk mendukung aktifitasnya membuat konten kecantikan. Sabun dengan ekstrak susu kambing yang bermanfaat untuk melembutkan kulit ini membuat kak kyra menjadi selalu bersemangat.

Kesehatan kulit tuh bisa dibilang sebagai modal bagi seorang beauty vlogger/blogger seperti kak kyra, makanya ia amat memperhatikan kandungan yang terkandung dalam sabun mandinya. Dan sabun Lervia ini terbukti menjadi andalannya karena mengandung banyak anti-oksidan dan nutrisi penting untuk kulitnya seperti protein, laktosa, moisturizer, dan yang paling berkhasiat adalah kandungan alpha-Hidroxy-Acid (AHA) yang dapat mengangkat sel kulit matidan merangsang regenerasi kulit sehingga mencegah kulit kusam.

vlog keren

O iya, dalam acara ini juga diluncurkan sebuah digital campaign untuk sabun mandi Harmony, Medicare dan Lervia bertajuk Healthy Zona  #SharingHappiness yang bisa kalian kunjungi di www.healthyzona.com loh... disana kita bisa menemukan banyak inspirasi dan informasi bermanfaat dari ketiga brand sabun ini.

Dan buat kalian yang pengen tau lebih jauh bisa juga mengakses serta memfollow semua sosial media Harmony, Medicare, dan Lervia sebagai berikut :

Harmony
Instagram : @harmonyindonesia_
Facebook : Harmony Indonesia

Medicare
Instagram : @Medicareindonesia_
Facebook : Medicare Indonesia

Lervia
Instagram : @lerviaindonesia_
Facebook : Lervia Indonesia

4 komentar:

  1. Bener juga ya kalo mood bisa berusan sama mandi dan wangi sabun. Bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya cukup membantu dan mudah difahami. salam kenal. Ditunggu komen kembali ya

    BalasHapus
  3. Vlogger emang butuh effort lebih saat mau bikin konten. Ya harus bikin script jugaa supaya vlognya tambah kece. Wajar yaa kadang vlogger itu bayarannya mahal dibanding blogger heheheh.

    But, kalau blogger punya kualitas yang bagus, ratenya juga bisa ngikutin kok. Makanya terus upgrade diri, jangan cepet puas, dan belajar dari siapa aja.

    Hwaiting Kakak ;)

    BalasHapus
  4. #sharinghappines sangat bermanfaat karena suka malas bikin video apalagi saat ngedit

    BalasHapus