10/10/18

Bentuk lain dari Passion for Better dari SCG Indonesia dalam Invesment Forum 2018



Beberapa waktu yang lalu aku sempat menuliskan soal semangat Passion for better dari SCG Indonesia dalam program Sharing The Dreams yang mereka usung (selengkapnya bisa dibaca disini). Sedikit flashback, didalam tulisan tersebut aku mengungkapkan bagaimana SCG Indonesia tetap konsisten mempertahankan semangat passion for better nya melalui berbagai aspek, salah satunya lewat beasiswa bagi mereka yang kurang mampu.

Kali ini aku kembali dikenalkan dengan bentuk lain dari semangat passion for better ala SCG Indonesia dalam Investment Forum 2018 yang aku hadiri beberapa waktu yang lalu. Acara yang dihelat pada tanggal 3 Oktober 2018 di Ballroom Riltz Carlton, Kuningan Jakarta tersebut mengangkat tema #DigitalPassion : Transformations that change you, sebuah tema yang masih memiliki kaitan erat dengan semangat passion for better.

Kalau sebelumnya SCG Indonesia memberikan program Sharing The Dreams nya sebagai ‘persembahan’ untuk kemajuan tanah air kita, dalam forum ini SCG pun kembali memberikan ‘hadiah’ berupa inovasi digital pada banyak aspek bisnis, terutama peluang untuk mendukung startup yang potensial berkembang cepat dan mendorong pertumbuhan era industri 4.0.



SCG Indonesia paham betul akan pentingnya arti teknologi yang bisa dikatakan sebagai kunci dalam mendorong bisnis untuk dapat terus tumbuh dan berkembang di kawasan ASEAN. Dan sebagai perwujudan dari semangat passion for betternya yang merupakan pondasi dari setiap operasi bisnisnya, SCG Indonesia pun memperkenalkan AddVentures, sebagai salah satu anak perusahaan untuk memperluas bisnis kedalam sektor teknologi digital.

Tak tanggung tanggung demi menyukseskan Investment Forum 2018 ini, SCG Indonesia pun menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten dibidangnya masing-masing, berikut diantaranya,

1. Mr. Joshua Pas, Managing Director AddVentures by SCG
2. Mr. Dimas Harry Priawan, Chief Executive Officer Dekoruma
3. Mr. Justin Choi, Head of Corporate Development Go-Jek
4. Mr. Teddy Oetomo, Chief Strategy Officer Bukalapak

Dalam Invesment Forum kali ini keempat pembicara yang hadir lebih menekankan pada pentingnya transformasi digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Berdasarkan IDC - Pusat data terbesar di Indonesia, pada tahun 2021, transformasi digital akan menambah sekitar USD 1,16 triliun kepada GDP Asia Pasifik, dan meningkatkan pertumbuhan sebesar 0,8% per tahun.

Tak sampai disitu, Indonesia juga diprediksi akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan nilai pasar sebesar US $ 130 Milyar pada tahun 2020. dan pada tahun 2021 setidaknya 40% GDP Indonesia akan menjadi digital, dengan pertumbuhan di setiap industri didorong oleh kemajuan secara digital, operasi dan hubungan.

Nah demi menuju ke prediksi tersebut, SCG Indonesia pun jelas tak mau kalah pastinya. Melalui anak perusahaannya ‘AddVentures’ yang telah diluncurkan pada Juni 2017 lalu itu SCG pun telah menyediakan 3 cara kerja sama dengan start up yaitu venture capital fund, kemitraan ekosistem, dan investasi langsung.

Tahun ini saja sudah ada 11 Start up di Asia Tenggara yang telah bekerja sama dan menjadi bagian dari AddVentures by SCG. Seiring dengan tujuan pemerintah Indonesia, AddVentures by SCG ini memang sengaja dirancang secara strategis untuk memungkinkan dan mendukung start up serta wirausaha di wilayah ini untuk tumbuh.

Dengan teknologi digital, SCG dapat memberikan nilai yang lebih tinggi kepada semua pelanggan dan mitranya. Selain itu, SCG juga yakin bahwa digitalisasi adalah kunci untuk masa depan pembangunan berkelanjutan dari operasi SCG di Indonesia yang pastinya sesuai dengan semangat Passion For Better.

0 komentar:

Posting Komentar