07/10/18

Taman Kita Oreo, Taman yang sesuai kriteria untuk kita



Ibarat dua sisi mata uang, saat ini perkembangan yang begitu pesat disegala bidang memberikan dampak yang juga berlawanan, positif dan negatif. Positif karena semua menjadi lebih mudah dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai bidang namun menjadi negatif karena mau tidak mau harus diakui ada dampak berkurangnya tingkat sosialisasi dan interaksi satu sama lain karena sibuk dengan gadget atau teknologinya masing-masing.

Kalau sudah begini, peran sebuah taman di tengah perkotaan menjadi amat berarti untuk mengembalikan sisi negatif dari perkembangan teknologi tadi ke arah yang lebih positif. Yang kumaksud disini adalah keberadaan sebuah taman tentunya seolah akan ‘mengajak’ kita kembali berinteraksi satu sama lain. Namun ternyata tidak semua taman layak dijadikan tempat untuk mengembalikan sisi negatif tersebut, salah memilih taman yang akan dikunjungi bisa berarti malah menambah sisi negatifnya.



Oleh karena itu ada beberapa kriteria taman yang harus kita perhatikan terlebih dahulu sebelum menjadikannya tempat nongkrong cantik bersama keluarga atau teman terdekat, berikut diantaranya,

1. Pilih taman yang ramah anak, ramah lansia atau keduanya 

Hal ini menjadi penting karena ternyata taman ramah anak dan taman ramah lansia akan memiliki fasilitas yang berbeda pula. Sebagai contoh taman layak anak akan dipenuhi mainan serta fasilitas penunjang yang pastinya mendukung semua aktivitas bermain anak, sementara taman ramah lansia akan memiliki fasilitas dan desain yang pastinya lebih ramah terhadap para lansia seperti banyaknya jumlah kursi serta minim tangga.

2. Fasilitas umum penunjang


Meski berlabel ‘taman kota’ sudah sewajarnya tetap memiliki fasilitas umum penunjang seperti toilet, mushola, dan tempat sampah. Semua fasilitas ini tentu akan semakin membuat aksi nongkrong cantik kita jadi lebih nyaman.

3. Rindang atau banyak pepohonan

Kerindangan sebuah taman pun tidak boleh luput dari perhatian kita, karena pastinya tidak lucu dong ah nongkrong cantik kita harus terganggu dengan panasnya sinar matahari. Dengan adanya kerindangan tersebut, lokasi taman juga dipastikan akan lebih sejuk.



Berbekal latar belakang kriteria pemilihan taman inilah akhirnya Oreo, brand biskuit dari Mondelez International mempersembahkan 12 Taman Kita Oreo yang dilengkapi berbagai sarana hasil rancangan khusus guna mendorong masyarakat bermain dan saling berinteraksi kembali.

Inisiatif pembangunan ke-12 Taman Kita Oreo yang sejalan dengan visi-misi pemerintah ini pun akan mendorong terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera serta meminimalisasi sisi negatif dari perkembangan teknologi yang terjadi melalui penyediaan ruang terbuka hijau.

Alhamdulillah pada minggu, 30 September 2018 lalu aku mendapat kesempatan untuk ikut hadir di pembukaan salah satu Taman Kita Oreo, tepatnya Taman Kita Oreo yang berlokasi di Taman Heulang, Bogor.



Nuansa biru khas biskuit oreo pun langsung menyapa lembut pandanganku ketika memasuki area taman yang sudah secara resmi dibuka oleh Bima Arya, Walikota Bogor di hari yang sama. Tidak seperti taman bermain pada umumnya, di taman ini kita akan menemukan banyak hal beda. Salah satunya adalah konsep desain nya yang seolah mengajak kita untuk saling berinteraksi antar pengguna taman.



Area taman Kita Oreo yang ada di Taman Heulang ini dibagi menjadi tiga bagian yang dihubungkan oleh jalur taman,diantaranya adalah diputar dengan permainan putaran yang disukai anak-anak, dijilat yang merupakan permainan perosotan dan dicelup atau area memasukan bola kedalam keranjang yang pastinya seru abis. Agak lucu membaca nama bagian-bagian tersebut tapi aku sih tidak heran karena label tersebut kurang lebih sama dengan cara makan biskuit ore yang biasa aku lakukan.
   
Tak hanya itu saja, di sekeliling taman kita oreo tersebut, kita pun akan melihat banyak spot untuk berselvie ria jadi bisa dikatakan kalau taman kita oreo ini adalah penggabungan dari sisi positif dan negatif perkembangan yang sudah aku katakan diawal tadi.



O iya sesuai dengan namanya, taman kita oreo ini sepenuhnya diserahkan oleh Oreo pada pemerintah daerah untuk dijadikan milik kita atau milik bersama, jadi please mari kita jaga bersama taman kita oreo ini ya teman...

Pssttt dalam waktu dekat Taman Kita Oreo ini juga akan dibuka di 11 tempat lain loh, diantaranya ada di Bekasi, Depok, Solo, Semarang, DIY, Kudus, Tegal, Purwokerto, Bandung, Pacitan, dan Bondowoso. Jadi nantikan juga keseruan bermain di Taman Kita Oreo di kota mu ya...

0 komentar:

Posting Komentar