18/11/18

Perlukah deteksi dini kelainan kromosom pada janin...? Cek jawabannya disini...



Ibarat dua sisi mata uang, masa kehamilan pun memiliki dua hal yang saling berlawanan. Di satu sisi ada perasaan gembira yang begitu besar akan kehadiran sang buah hati tercinta dalam rahim kita, namun disisi lain hadir pula kegelisahan soal kesempurnaan dari sang janin ketika nanti dilahirkan. kesempurnaan yang aku maksud disini lebih tertuju pada kelengkapan fisik serta kesehatan mental dan lahiriahnya, mengingat ada begitu banyak kasus bayi lahir tidak sempurna di negara kita ini. Nah disinilah arti pentingnya deteksi dini kelainan pada janin yang akan aku bahas di tulisan ku kali ini.

Sebagai perempuan yang pernah melalui empat kali masa kehamilan, aku jelas paham betul akan hal ini. Meski tidak sampai mengganggu semua proses kehamilanku namun kegelisahan-kegelisahan tersebut juga sempat hadir dibenakku. Pengalaman yang cukup membuatku menyesal adalah ketika aku harus merelakan gugurnya janin keduaku karena memiliki kelainan yang membuatnya tidak bisa bertahan.

Amat disayangkan saat itu aku belum mengetahui kalau ada sebuah pemeriksaan yang dapat mendeteksi kelainan pada janin, sehingga mau tidak mau membuatku harus merelakan kehamilan keduaku tadi dan harus melalui masa kehamilan tersebut dengan segudang kekhawatiran itu. Pemeriksaan dini kelainan pada janin ini terbilang penting karena dengan mengetahui sedini mungkin adanya kelainan pada janin tersebut, kita bisa secepatnya mengambil langkah terbaik bagi sang janin.

Sebagai contoh saja misalnya pada saat pemeriksaan tersebut ditemukan adanya kelainan jantung pada sang janin, jika kita tau lebih awal maka tim dokter yang menanganinya bisa lebih mempersiapkan segala sesuatunya menjelang kelahiran sang buah hati seperti segera menyiapkan peralatan penunjang misalnya.

NIPT, Pemeriksaan untuk mendeteksi dini kelainan pada janin


Dulu mungkin aku tidak percaya akan ada pemeriksaan yang mendukung deteksi dini kelainan pada janin , namun seiring berkembangnya teknologi, perlahan tapi pasti pemeriksaan yang sekarang kita kenal dengan sebutan NIPT ini mulai hadir juga di Indonesia. Pada dasarnya NIPT itu akan mendeteksi kelainan kromosom pada janin sejak dalam kandungan menggunakan sampel darah dari sang ibu.

DNA ( pic : Canva)

Kromosom ini sendiri adalah bagian terkecil dari tubuh yang amat berpengaruh pada susunan sel-sel sang janin nanti nya. Ada kelainan sedikit saja bisa berakibat fatal pada tumbuh kembang janin tersebut. Kalau diibaratkan mah, tubuh manusia itu ibarat sebuah buku dan kromosom adalah huruf-huruf yang ada didalamnya. Coba bayangkan jika dalam sebuah buku yang kita baca itu ada typo atau salah ketik maka kesempurnaan buku tersebut jelas akan terganggu karenanya.

Kabar bahagianya adalah kelainan kromosom yang paling sering terjadi seperti Down Syndrome, Patau Syndrome, Edward Syndrome, Klinifelter Syndrome, dan Turner Syndrome sudah bisa dideteksi dini melalui pemeriksaan NIPT.

Prosafe-NIPT, Pemeriksaan deteksi kelainan kromosom dari Prodia


Berkaitan dengan hal ini, pas banget beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk ikut hadir dalam acara peluncuran Prosafe-NIPT yang merupakan pemeriksaan kelainan kromosom pada janin dari Prodia. Kalau sebelumnya pemeriksaan Prosafe-NIPT ini masih dikerjakan di rumah sakit rekanan dengan bekerja sama antara Illumina dan Prodia, tepat di tanggal 6 November 2018 lalu pemeriksaan Prosafe-NIPT ini sudah bisa dikerjakan sendiri di laboratorium klinik Prodia.

pemeriksaan deteksi dini kelainan kromosom



Prosafe-NIPT menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS) dari Illumina yang membuat Prosafe memiliki tingkat akurasi 99,99%. sehingga dengan melakukan pemeriksaan maka kita bisa mendeteksi sedini mungkin kelainan kromosom yang akan berdampak pada kelainan janin tadi.

Dan karena menggunakan kromosom sebagai bahan penelitiannya, Prosafe NIPT ini juga memungkinkan kita mengetahui jenis kelamin dari sang janin jauh hari sebelum dapat terdeteksi melalui USG. Yup, seperti kita ketahui bersama, janin perempuan mengandung kromosom XX dan janin laki-laki mengandung kromosom XY, jadi jenis kelamin ini akan mudah terlihat saat melakukan pemeriksaan NIPT ini.

deteksi dini kelainan kromosom

Alhamdulillah, aku amat bersyukur, dengan adanya kemajuan teknologi dibidang ini membuat kita semakin dipermudah lagi. Kecemasan-kecemasan akan kelainan pada janin yang sering hadir menemani masa kehamilan akan segera berlalu. Nah untuk kalian yang ingin tau lebh lanjut soal NIPT ini bisa langsung berkunjung ke web dari Prodia di www.prodia.co.id ya...




0 komentar:

Posting Komentar