02/11/18

Kenali mitos dan fakta seputar kehamilan dan menyusui yang tersamarkan dalam keseharian

mitos dan fakta seputar kehamilan dan menyusui

Tentu semua akan setuju ya kalau aku katakan masa-masa hamil dan menyusui adalah masa penuh keajaiban bagi para wanita. Ya, di masa ini kita akan merasakan keajaiban-keajaiban yang membuat kita takjub dan makin memahami arti kebesaran-Nya. Maka tak heran jika para wanita pun mengidam-idamkan proses ini berjalan dengan baik dan mulus.

Saking ajaibnya proses kehamilan dan menyusui ini seringkali kita sebagai wanita pun menjadi terlalu bahagia hingga membuat tersamarnya mitos dan fakta dalam masa tersebut. Pasti semua sudah tidak asing lagi kan dengan ungkapan yang bilang kalau pada saat hamil kita dilarang makan yang pedas-pedas karena khawatir rambut sang bayi kelak jadi merah, nah kurang lebih ungkapan-ungkapan seperti ini lah yang tadi sempat aku katakan tersamarnya mitos atau fakta didalamnya.

Mitos dan Fakta seputar kehamilah dan menyusui yang tersamarkan


Sebenarnya makanan pedas tersebut belum terbukti memiliki efek langsung pada merahnya rambut sang bayi ketika dilahirkan namun jika sang ibu terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tadi tentu tidak akan baik untuk kesehatan perut dari si ibu itu sendiri, mungkin inilah makna yang ingin disampaikan para tetua jaman dahulu pada ibu-ibu hamil sehingga menyebarkan mitos ini.



Menjadi ibu hami masa kini memang harus lebih smart melihat ‘makna’ yang tersirat dari setiap nasehat, menurutku sih selama nasehat yang diberikan masih masuk akal dan memang untuk kebaikan ibu dan janin, ada baiknya kita mengikuti saja semua itu, namun jika sudah mengarah pada hal-hal yang merusak akidah atau kesehatan dari ibu dan janinnya maka akan lebih baik untuk tidak mengikuti nya ya...

Kalau diliat-liat lagi sih sebenarnya hampir semua nasehat yang tersamarkan maknanya antara mitos dan fakta tadi memang mengajak para ibu hamil untuk dapat hidup lebih sehat dan menghindari makanan-makanan yang bersifat tidak baik. Ya seperti yang kita ketahui bersama, baik ibu hamil maupun ibu menyusui memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibanding orang lain pada umumnya.



Alhamdulillah, aku semakin paham soal ini karena pada beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 27 Oktober 2018, aku berkesempatan untuk ikut hadir dalam event Sharing moment Blackmores & The Smart Mamas. Dalam acara ini, kami, para blogger dan influencer yang diundang diajak sharing bersama tiga narasumber keren yang berbagi pengalaman seputar masa kehamilan dan menyusui serta kebutuhan asupan nutrisi yang harus dipenuhi pada dua masa ajaib itu.


Yoga Prenatal bersama Adianti Reksopradja


Setelah diajak bermain games seru seputar beragam mitos dan fakta yang agak tersamarkan dalam keseharian, kami diajak untuk mengenal Prenatal yoga bersama kak Adianti Reksopradja, seorang Yoga prenatal trainer. Menurut Kak Adianti, perubahan bentuk tubuh yang terkesan sedikit drastis memang akan menimbulkan beberapa keluhan seperti pegal-pegal,linu, hingga keram. Disinilah peran dari yoga prenatal dibutuhkan.

Yoga prenatal ini sendiri merupakan yoga khusul para ibu hamil yang memiliki beragam manfaat, mulai dari menghilangkan keluhan-keluhan tersebut hingga dipercaya dapat melancarkan proses persalinan normal. Kak adianti pun sempat memperagakan beberapa gerakan simpel yang bisa dilakukan dirumah.




Sharing bersama Catherine Sumitri dan Rini Yulianti tentang masa kehamilan dan menyusui


Puas berlatih Yoga prenatal, gantian mom Catherine Sumitri yang sedang melalui proses menyusui dan Mom Rini Yulianti yang sedang mengandung anak pertamanya. Yup, kalau mom Rini sedang berharap-harap cemas menanti kelahiran sang Baby Boy nya, mom Catherine justru sedang repot-repotnya membahagiakan diri sendiri untuk dapat membuat produksi ASI yang melimpah.

Menurut Mom Catherine, masa menyusui tuh seperti sebuah lingkaran kebahagiaan. Ia katakan demikian karena pada masa menyusui kita memang harus membuat diri kita sendiri bahagia,  dengan begitu maka produksi ASI pun akan melimpah. Jika ASI sudah melimpah bayi pun akan senang, dan jika bayi senang maka otomatis keluarga pasti akan berbahagia, lalu jika keluarga sudah bahagia maka kita pun sebagai ibu juga akan ikut bahagia. Begitu seterusnya...

Mom Catherine


Namun bukan berarti harus melupakan asupan nutrisi bagi ibu menyusui ya, tidak akan ada gunanya asupan kebahagiaan terus menerus jika tidak diiringi dengan asupan nutrisi yang lebih baik, karena ibu menyusui memang membutuhkan asupan nutrisi dua kali lipat lebih besar dari orang pada umumnya.

Tak kalah dengan Mom Catherine, Mom Rini, yang wajahnya sudah tak asing lagi karena sering wara-wiri di layar kaca itu, juga mengaku amat memperhatikan asupan nutrisi bagi ia dan janinnya. Ia sadar betul kalau saat ini tubuhnya bukan lagi milik wanita bermata cantik itu sendiri, tapi juga ‘rumah’ bagi sang janin. Terlebih lagi ini merupakan kali pertamanya mengandung jadi wajar saja jika ia sedikit merasa was-was.



Meski sedang melalui dua masa berbeda, kedua moms ini paham betul kalau makanan yang mereka konsumsi belum tentu sudah mengandung asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh keduanya. Dari sinilah, mereka pun mulai mengandalkan Blackmores sebagai suplemen asupan nutrisinya.

Blackmores, asupan nutrisi andalan saat hamil dan menyusui


Blackmores merupakan perusahaan kesehatan nomor satu di Australia yang mengembangkan produk serta layanan dengan pendekatan lebih alami terhadap kesehatan. Blackmores ini didirikan oleh perintis naturopath Maurice Blackmore.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa kedua influencer cantik tersebut begitu mengandalkan blacmores sebagai asupan nutrisi pada saat hamil dan menyusui, berikut diantaranya :

1. Kandungan asupan nutrisinya yang sudah tidak diragukan lagi.

Blackmores ini memiliki kandungan DHA yang tinggi, Tinggi kalsium, zat besi, Asam folat, Yodium, serta Mineral penting lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi esential untuk kesehatan ibu dan perkembangan buah hati selama masa kehamilan dan menyusui.

2. Berpengalaman

Blackmores memiliki pengalaman 85 tahun dalam menyediakan produk kesehatan alami.

3. Didukung oleh fasilitas edukasi dan riset kelas dunia serta berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan.

O iya karena kebetulan pada saat berlangsungnya acara ini tuh bertepatan dengan event tahunan Mom&Baby Fair yang digelar di Balai Kartini, kami pun diajak serta untuk mengunjungi booth blackmores yang menjadi bagian dalam Mom&Baby Fair tersebut. Ada banyak promo yang ditawarkan oleh Blackmores di boothnya itu, namun buat kalian yang ga sempat ke Mom&Baby Fair kemarin tetap bisa kok mendapatkan produk Blackmores di Guardian, supermaket serta apotek-apotek terdekat.

Btw, aku ada kabar gembira nih, insya Allah nanti akan ada Give away berhadiah hampers dari Blackmores di akun Instagram aku loh... jadi buat kalian yang pengen ikutan giveaway tersebut, boleh kali ah follow dulu akun instagramku disini supaya info seputar give away nya tidak ketinggalan...

0 komentar:

Posting Komentar