30/11/18

Serunya berkompetisi sehat di Lomba Media Sosial #MenujuIndoneisaMaju



Tiap kali ditugaskan untuk menulis sesuatu dengan tema yang agak berat seperti hal-hal yang berbau pemerintahan, jujur aku sering merasa kesulitan. Kesulitan yang aku maksud disini sama sekali tidak berkaitan dengan konten atau bahan tulisannya tapi lebih kepada gaya bahasa yang dituangkan agar materi berat tadi bisa tersampaikan dengan sedikit santai tanpa mengurangi makna didalamnya. Tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri untukku sebagai seorang blogger.

Ternyata bukan hanya aku saja yang mengalami permasalahan ini, bahkan lembaga pemerintah seperti sekretariat kabinet pun merasakan hal yang sama tatkala harus menyampaikan soal perkembangan #MenujuIndonesiaMaju dalam pemerintahan kepada masyarakat awam. Berbagai cara pun telah ditempuh oleh Sekretariat kabinet, salah satunya adalah dengan mengadakan Lomba Media Sosial yang terbuka untuk umum.

Lomba Media Sosial dengan tagline #menujuIndonesiaMaju ini merupakan rangkaian kompetisi yang digelar oleh Sekretariat Kabinet di berbagai media sosial, mulai dari Twitter, facebook, Youtube, Instagram dan Blog. Lomba ini berlangsung selama kurun waktu 8 bulan dan resmi diluncurkan langsung oleh Bapak Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet pada tanggal 26 Maret 2018 lalu. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang diperebutkan mencapai total 107 juta rupiah untuk semua kategori.

Saat launching Lomba Media Sosial (Foto : Catatanemak.com)


Dipilihnya Lomba Media Sosial sebagai sarana penghubung antara pemerintah dengan masyarakat awam tak lain adalah karena pemerintah saat ini sudah sadar betul akan kekuatan media sosial dalam masyarakat. Pemilihan media sosial yang menjadi kategori di Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju ini pun sepertinya tidak asal comot saja, terlihat dari media sosial pilihannya yang memang merupakan media sosial paling di-favoritkan oleh masyarakat Indonesia dalam menyebarkan atau mencari informasi.

Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju


Berbagai variasi Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju yang digelar oleh Sekretariat Kabinet ini adalah sebagai berikut,

1. Twitter


Di twitter, Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju ini berupa lomba membuat konten tweet dengan hastag tertentu yang nantinya dibuat menjadi moment/kultweet/chipstory. Sebagai contoh disatu sesi ada lomba membuat tweet tentang pahlawan masa kini versi kita sendiri. Tak hanya itu saja, ada juga lomba mengisi teka teki silang yang juga harus dijawab dalam bentuk tweet.


2. Facebook 

Tak berbeda jauh dengan di twitter, di media sosial facebook juga ada lomba mengisi teka-teki silang,  yang membedakan adalah di facebook kita juga diajak untuk bermain games menemukan kata-kata yang hilang dari pidato bapak Jokowi dalam suatu rapat.



3. Youtube 

Sesuai dengan media sosialnya, di You Tube kita diajak untuk membuat vlog atau film pendek dengan tema yang sudah ditentukan dan diupload ke youtube dengan menyertakan hastag #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju. Asyiknya adalah Lomba membuat vlog ini bisa dilakukan secara sendiri maupun berkelompok dengan maksimal 5 orang per kelompoknya, jadi bisa sekalian nge-vlog bersama teman saat kongkow bareng.

4. Instagram


Di instagram juga ada lomba membuat video seperti di Youtube, tapi dengan durasi yang lebih pendek, yaitu hanya 1 menit dengan hastag yang sama #MenujuIndonesiaMaju. Selain itu, di Instagram juga adalomba membuat meme dengan tema pahlawan masa kini versimu yang juga bisa diikuti oleh semua mastarakat.



5. Blog

Nah untuk lomba blog ini jelas ditujukan pada para blogger Indonesia ya, sesuai dengan namanya, Lomba Blog, maka disini semua peserta diharapkan mengeluarkan seluruh kemampuan menulisnya untuk menarik perhatian para juri.

Pemenang-pemenang Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju 


Daaannn akhirnya pada beberapa waktu yang lalu, Sekretariat Kabinet pun telah mengumumkan nama-nama para pemenang di setiap kategori, berikut diantaranya :

April 2018


Mei 2018


Juni 2018


Juli 2018

November 2018



Sebagai masyarakat awam, aku salut banget sama usaha dari sekretariat kabinet yang sudah mau susah payah menggelar Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju ini. Sukses terus deh buat Sekretariat Kabinet dan selamat juga buat para pemenang ya... Maju terus Indonesiaku...

O iya informasi selengkapnya soal Sekretariat Kabinet dan berbagai kegiatan seru lainnya bisa diikuti di semua media sosial nya berikut ini :
Fanpage : @Setkabgoid atau SetkabRI
Twitter : @setkabgoid
Instagram : @sekretariat.kabinet
Youtube : Sekretariat Kabinet RI
Website : www.setkab.go.id 

0 komentar:

Posting Komentar