21/12/18

7 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Sudah Mulai Berkeluarga



Saat sudah  berkeluarga, ada begitu banyak perubahan yang mau tidak mau harus kita lalui, tentu saja kita harus mulai memikirkan banyak hal yang mungkin belum terpikirkan saat masih single dulu. Hal paling mendasar diantaranya adalah kebutuhan primer seperti sandang, papan dan pangan. Berdasarkan pengalamanku sendiri, selain kebutuhan primer tersebut, masih ada juga beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan agar kehidupan berumah tangga dapat berjalan sempurna.

Hal yang harus dilakukan saat sudah berkeluarga

Beberapa hal penting yang harus kamu pikirkan dan lakukan ketika sudah berkeluarga adalah sebagai berikut ini, 

1. Memiliki tempat tinggal sendiri

Saat sudah menikah dan berkeluarga, kamu dan pasangan akan lebih baik bila tinggal terpisah dari orangtua. Yang pertama, tentu saja agar kamu dan pasangan dapat belajar hidup mandiri dan tidak tergantung dengan orang tua. Dengan hidup terpisah, kalian juga akan lebih mudah beradaptasi dan menjadi team yang solid karena mau tidak mau pekerjaan yang ada di rumah harus diselesaikan bersama.



Oleh karena itu, mulailah untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Apabila kamu merasa belum mampu secara finansial untuk membeli atau membangun rumah, kamu bisa menyewa rumah. Faktanya, harga sewa rumah disini bervariasi sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang ada. Yang terpenting rumah tersebut nyaman dan sesuai dengan kehidupan kalian.

2. Mulai menabung

Apabila dulu saat masih single kamu menganggap menabung itu sesuatu yang masih kurang penting, mulailah ubah mindsetmu. Saat sudah berkeluarga kamu harus bisa memanage uang dan mengalokasikannya juga untuk menabung. Menabung adalah hal yang sangat penting karena semakin hari kebutuhan akan semakin meningkat.

Kamu bisa menggunakan uang tabunganmu tersebut untuk membeli rumah, biaya pendidikan anak dan lain sebagainya. Yang terpenting kalian tidak akan kebingungan saat membutuhkan uang dalam keadaan mendadak karena memiliki tabungan. Usahakan jangan mudah memutuskan untuk berhutang karena itu akan menambah beban hidup kalian.

Penting, menabung yang baik adalah berupa emas supaya uangmu tidak hilang secara gaib oleh inflasi.



3. Membuat skala prioritas kebutuhan

Buatlah skala prioritas kebutuhan dan jangan hanya dikendalikan oleh nafsu. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang selalu haus akan keinginan yang tidak pernah ada habisnya. Bila tidak dimanage dengan baik, hal tersebut akan membawa dampak buruk bagi kehidupanmu. Apalagi saat sudah berkeluarga kebutuhan akan terus bertambah dan semakin banyak.

Mulailah memilah apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditawar lagi. Sedangkan keinginan tidak dipenuhipun tidak akan mengganggu keseimbangan hidup. Kuncinya tentu saja ada di diri kalian masing-masing dengan menimbang apa yang penting dan tidak. Bila hal ini sudah bisa berjalan, kehidupan keluargamu akan terasa seimbang.

4. Mengomunikasikan segala hal dengan pasangan

Saat sudah menikah dan berkeluarga, kamu dan pasangan sudah menjadi satu kesatuan. Maka segala keputusan atau permasalahan harus dikomunikasikan. Jangan memendam permasalahan sendiri karena akan berakibat buruk pada psikis. Terbukalah dengan pasangan bila ada sesuatu yang kurang tepat dan harus diperbaiki. Jangan hanya menggerutu di dalam hati tanpa adanya komunikasi dan solusi.

Komunikasikan juga semua rencana dan ide yang kamu miliki untuk menjadikan keluargamuu lebih baik lagi. Bertukar pikiran dan pendapat adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai keputusan hanya diambil oleh satu pihak dan menyebabkan pihak lain merasa terpaksa menerimanya. Buatlah kesepakatan tersebut sebagai kata mufakat diantara kamu dan pasangan.



5. Membagi tugas rumah tangga

Dalam kehidupan berkeluarga, semua pekerjaan di rumah adalah pekerjaan bersama. Jangan sampai seorang suami menganggap tugasnya hanyalah mencari nafkah dan istri yang berkewajiban menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di rumah. Hal ini tentu saja akan memberatkan istri dan seperti menganggap istri sebagai asisten rumah tangga.

Lakukanlah pekerjaan itu bersama-sama agar cepat selesai dan semua merasa terbantu. Kesadaran ini harus ditanamkan dan berlandaskan keikhlasan. Karena kadangkala jika seorang istri merasa kelelahan mengurus rumah dan tidak ada yang membantu, rasanya ada sesuatu yang membuatnya sedih. Bantuan yang diberikan tidak harus mengerjakan banyak hal, contohnya saja suami membantu mencuci piring. Hal itu sudah lebih dari cukup untuk menyenangkan istri.

6. Memiliki waktu quality time

Quality time adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan oleh sebuah keluarga. Apalagi untuk keluarga yang jarang bertemu karena kesibukan bekerja yang sudah menyita waktu dan tenaga. Menghabiskan waktu bersama tidak harus dengan sesuatu yang mahal dan mewah karena yang terpenting adalah kebersamaannya.



Quality time bisa dilakukan sambil berkebun di hari libur, menonton film bersama, bertamasya ke tempat yang disukai dan lain sebagainya. Keluarga memerlukan hal ini untuk saling melepas rindu, bertukar cerita dan tentu saja merefresh pikiran. Kamu pasti juga merasa jenuh dengan aktifitas sehari-hari dengan berbagai pekerjaan yang menguras pikiran.

7. Bersosialisasi dengan lingkungan

Satu hal yang tidak kalah penting saat kamu sudah berkeluarga adalah bersosialisasi dengan lingkungan. Seperti yang kita tahu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari orang lain. Bila kita menjadi manusia yang anti sosial, kita pasti akan menemukan kesulitan dalam kehidupan. Misalnya saja saat kita dirundung kesusahan, tidak aka nada orang yang peduli bila kita tidak pernah bersosialisasi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu ketahui dan kamu lakukan saat sudah mulai berkeluarga. Karena berumah tangga itu adalah salah satu ibadah jangka lama yang penuh dengan tantangan dan juga penuh dengan pahala. Maka persiapkanlah sebaik mungkin agar kehidupan yang dilalui menjadi penuh arti. 

0 komentar:

Posting Komentar