20/12/18

Ekspansi Mineski Indonesia siap membawa kejayaan industri esports lokal



Waktu kecil, aku sempat dibuat kebingungan oleh alasan kenapa permainan catur tuh termasuk dalam kategori olahraga bahkan sampai dipertandingkan dalam sebuah kompetisi tingkat internasional. Menurut pemahamanku kala itu, catur ya hanya sebuah permainan asah otak belaka, sementara kata olahraga itu ya identik dengan sebuah kegiatan aktivitas fisik. Namun ternyata permainan catur masuk dalam kategori olahraga itu karena memerlukan aktivitas otak yang tidak biasa dan disetarakan dengan olahraga pada umumnya.

Nah berbekal pemahaman tersebut, kali ini aku sih tidak heran lagi ketika mendapati ada jenis olahraga baru yang disebut e-sport. Dalam wikipedia disebutkan bahwa e-sport ini merupakan permainan elektronik dimana setiap aspek dari permainan dipengaruhi oleh sistem elektronik itu sendiri.



Seiring dengan berkembangnya industri game yang terbilang pesat di Indonesia serta banyaknya para peminat game tersebut akhirnya membuat ekosistem e-sport di negara ini pun menjadi terus berkembang. Bahkan menurut laporan Newzoo tahun 2017 lalu, Indonesia menempati posisi ke-16 di daftar negara dengan pasar game besar, ada sekitar 43 juta gamers di Indonesia yang memiliki pendapatan total USD 879 juta dari industri ini. Angka yang cukup fantastis bukan...?

Melihat potensi industri e-sports di Indonesia yang begitu besar ini akhirnya menjadi alasan Mineski, sebuah organisasi e-sports profesional terbesar di Asia Tenggara, untuk melakukan ekspansi ke Indonesia dengan berinvestasi secara agresif dalam beberapa tahun kedepan. Dan aku pun bersyukur banget bisa menjadi saksi dari MET Launching yang diselenggarakan di Hotel Pullman beberapa waktu lalu.



Mineski ini memiliki tiga cabang bisnis utama, yaitu Mineski Infinity (Cyber Cafe), MET, dan Mineski profesional team. Mineski Infinity memiliki fokus untuk mengembangkan cybercafe demi mendukung hadirnya banyak talenta gaming baru. Tak tanggung tanggung, di Asia Tenggara sendiri, Mineski Infinity telah memiliki lebih dari 150 cabang yang tersebar di Filipina, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Nah dengan hadirnya Mineski di Indonesia ini, keberadaan cybercafe di Indonesia pun akan terus dikembangkan karena tempat itu bisa dianggap sebagai ‘markas’ bagi para gamer-gamer lokal yang ingin berkembang ke arah profesional.

Selain cybercafe tersebut, Mineski Indonesia juga memiliki MET yang terdiri dari 2 lini produk utama, yaitu MET Events dan MET Entertainment. MET Event pun telah berhasil membangun ekosistem e-sports di Indonesia dengan keberhasilannya memproduksi lebih dari 20 event e-sports berskala nasional dan internasional.



For your information aja nih, setelah resmi beroperasi di Indonesia pada april 2017 lalu dan sukses dengan Mineski infinity (cyber cafe) dan MET Events nya, kali ini Mineski Indonesia pun merambah ke bidang talent management dengan mendirikan MET Entertainment ini. Nantinya MET Entertainment ini akan menayangkan konten-konten menarik seputar e-sports pastinya.

Tak hanya itu saja, MET juga berupaya untuk mendukung para talenta muda yang memiliki potensi untuk semakin berkembang di industri esports dengan mengasah bakat dan kemampuannya menjadi para talent sehingga dapat berkembang dan sejajar dengan talent esports internasional. Pada saat MET Launch beberapa waktu yang lalu itu pun juga ikut hadir para talent MET yang tidak hanya berparas cakep tapi juga memiliki talenta dan bakat di bidang esports.


O iya, di Indonesia, Mineski juga sudah menjalin kemitraan dengan beberapa brand ternama seperti Telkomsel, Tencent, Go-Jek dan tokopedia untuk bersama-sama membangun ekosistem esport yang tak terbatas dan menghadirkan pengalaman terbaik untuk seluruh gamers dan esport enthusiasts di Indonesia.

Semoga dengan adanya ekspansi ke Indonesia ini Mineski semakin siap mengembangkan Industri esports lokal menuju kejayaan ya...

0 komentar:

Posting Komentar