08/12/18

Geopark Ciletuh, rekomendasi tujuan liburan akhir tahun



Sebelum menikah, sama sekali tidak pernah terbersit dalam pikiranku akan disibukkan dengan urusan pulang kampung seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita tiap kali masa liburan panjang tiba. Hal ini tak lain disebabkan karena meski memiliki orang tua yang berasal dari luar ibukota, tepatnya dari Pekalongan dan Banten, kedua orang tuaku telah memilih untuk tinggal di Ibukota saja, jadi tak ada alasan bagiku untuk mudik ke dua kota tempat mereka berasal tersebut.

Namun ternyata pemikiran ini tidak sejalan dengan suamiku, ia yang besar di wilayah Jampang Surade, Sukabumi itu tetap rutin melakukan tradisi pulang kampung walaupun kedua orangtuanya tinggal di Bekasi. Menurutnya, mengajak ketiga anak kami untuk mengenal alam dimana ia tumbuh besar adalah pelajaran berharga yang bisa diberikan pada mereka. Yup kawasan Jampang, Sukabumi memang terkenal sebagai kawasan perbukitan di pesisir selatan pulau Jawa yang kaya akan keanekaragaman hayati dan budaya.   

Awalnya, aku hanya mengenal kawasan yang dikatakan kampung halaman oleh suamiku tersebut sebagai wilayah Jampang Surade saja, yang kutau disana hanya ada pemandangan berupa bukit-bukit dan pedesaan. Biasanya kalau sedang berada disana aku dan keluarga hanya berdiam diri di rumah salah seorang sanak saudara. Namun setelah aku bergabung ke sebuah komunitas relawan dari kementrian pariwisata Indonesia, aku baru tau kalau sebenarnya di wilayah tersebut tuh banyak menyimpan tempat wisata alam yang amat sayang jika tidak dikunjungi.

Geopark Ciletuh, Surga tersembunyi di Wilayah Sukabumi


Ternyata di kampung halaman suamiku itu ada surga dunia yang diberi nama Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Geopark Ciletuh ini merupakan kawasan perbukitan berupa kombinasi antara bebatuan tua dan kekayaan alam khas perbukitan yang ada di wilayah pesisir Sukabumi. Jika dilihat dari atas kawasan ini akan terlihat seperti tapal kuda yang membentang mulai dari wilayah Cisolok hingga Surade.

Doc : ciletuhpalabuhanratugeopark.org

Dikatakan kawasan, karena Geopark Ciletuh ini memiliki banyak tempat wisata yang terbentang sepanjang wilayahnya, mulai dari pantai, air terjun, hingga berbagai goa alam tersedia di kawasan ini. Di Geopark Ciletuh ini bukan hanya Pelabuhan Ratu saja yang jadi primadonanya, ada begitu banyak surga yang juga layak menyandang status primadona, salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng yang lokasinya paling dekat dengan kampung halaman suamiku tersebut.

Selain Pantai Ujung Genteng, ada juga beberapa pantai yang tak kalah indah untuk disambangi, seperti Pantai Ombak Tujuh, Pantai Batununggul, Pantai Cibulakan, Pantai Cikalapa, Pantai Karang Bolong dan berbagai pantai lainnya. Karena kawasan Geopark Ciletuh ini begitu luas, rasanya waktu sehari saja tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat wisatanya, namun akan amat disayangkan jika pada saat berada disana kita tidak berkeliling ke semua tempat wisata tersebut.

Berbekal informasi yang aku dapat dari komunitas relawan kemenpar tadi, aku jadi makin tidak sabar untuk berpetualang bersama keluarga kecilku pada liburan panjang akhir tahun ini. Namun satu hal yang menjadi kendala bagiku dan mungkin saja bagi semua orang yang ingin menyambangi kawasan Geopark Ciletuh ini adalah masalah transportasi menuju kesana.


Pantai Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Sukabumi
Doc : ciletuhpalabuhanratugeopark.org

Yup, meski pemerintah daerah Jawa Barat sedang giat-giatnya membangun akses transportasi menuju Geopark Ciletuh ini, tetap tidak bisa dipungkiri kalau akses kesana tuh masih terbilang sulit. Setauku, satu-satunya moda transportasi disana adalah mobil angkutan yang biasa disebut elf oleh warga lokal dan elf ini bisa dibilang amat tidak nyaman karena biasanya dipenuhi oleh warga yang juga membawa hasil kebunnya untuk dipasarkan.

Mengingat ketidaknyamanan Elf untuk berwisata tersebut, aku dan suami jelas mencoret Elf dari daftar moda transportasi yang akan kami gunakan disana. Akhirnya masalah pemilihan moda transportasi ini pun menjadi satu-satunya hal yang masih harus kami pikirkan dengan baik.

Solusi transportasi ke Geopark Ciletuh yang terjawab di Blogger Gathering bersama TRAC


Alhamdulillah seperti paham akan kegalauanku ini, beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan untuk menghadiri Blogger Gathering bersama TRAC-Astra Rent a Car yang merupakan penyedia layanan rental mobil dan bus. Dalam acara yang berlangsung di Opulence Eastern pada 4 Desember 2018 lalu itu TRAC pun menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya adalah Kak Febrian, seorang travel blogger yang suka sekali menggunakan layanan penyewaan mobil TRAC.




Sesuai dengan profesinya sebagai travel blogger, kak Febrian ini memang acapkali melakukan travelling atau perjalanan ke suatu tempat yang belum pernah ia datangi sebelumnya. Nah untuk mengatasi minimnya pengetahuan perihal transportasi yang bisa digunakan pada daerah tersebut itulah yang akhirnya menjadi alasan kak Febrian memilih untuk menggunakan jasa layanan penyewaan mobil dari TRAC, apalagi layanan TRAC ini sudah bisa digunakan di 26 kota yang ada di Indonesia.

Alasan kenyamanan juga menjadi pertimbangan kak Febrian memilih TRAC alih-alih layanan penyewaan lain. Menurutnya armada TRAC ini memang udah yang paling the best. Pendapatnya ini pun didukung oleh Pak Riyadi, TRAC Rental Deputy COO, "semua armada TRAC memang dipersiapkan dengan sebaik mungkin, mulai dari usia armadanya yang masih terbilang baru, pemilihan driver yang komunikatif hingga ke aroma wangi didalam armada itu sendiri", begitu katanya.

Mendengar pemaparan dari Pak Riyadi ini, membuatku makin yakin menggunakan layanan TRAC untuk menyambangi Geopark Ciletuh pada liburan akhir tahun nanti. Langsung terbayang deh nyamannya pulang kampung ke Jampang Surade sekaligus berwisata ke kawasan Geopark Ciletuh dengan menggunakan salah satu armada TRAC tersebut.


para narasumber di acara Blogger Gathering bersama TRAC

Saat ini TRAC telah memiliki beberapa layanan yang bisa dipilih untuk menemani liburan akhir tahun nanti, diantaranya adalah Airport Transfer, Bus Services dan Daily Rantal Services.

Airport Transfer

Airport Transfer memungkinkan kita untuk mendapatkan layanan penyewaan mobil sesaat setelah mendarat di Bandara ketika berlibur. Dengan menggunakan jasa layanan airport transfer ini kita tidak perlu lagi diribetkan dengan urusan mencari transportasi di bandara yang biasanya agak sedikit menyita waktu itu. Namun karena tujuan liburanku nanti tidak menggunakan pesawat, sepertinya layanan ini agak kurang cocok untukku.

Bus Services 

Sesuai dengan nama layanannya, Bus Service dari TRAC ini menyediakan jasa penyewaan bus. Menurut bapak Luthfi, Selaku TRAC Bus Service Branch Manager yang kebetulan juga hadir dalam Blogger Gathering siang itu, TRAC menyediakan berbagai jenis bus yang bisa kita pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan masing-masing, mulai dari small bus dengan kapasitas 12-15 orang, medium bus yang bisa memuat 29 orang hingga big bus yang dapat mengangkut sampai 60 orang.



Selain itu ada juga Luxury Bus yang meski hanya bisa menampung 11 orang saja tapi jadi primadona untuk segi fasilitasnya. O iya pak Luthfi pun menyebutkan, selain wifi dan toilet yang bisa disesuaikan mau pakai atau tidak karena tidak tersedia di semua armada, fasilitas standar seperti AC, Sound System, LCD TV dan tempat charger dipastikan ada di setiap armada TRAC.

Daily Rental Sevices

Daily Rental Services ini merupakan layanan penyewaan mobil yang disediakan oleh TRAC. Pada layanan ini kita bisa memilih apakah mau menggunakan driver dari TRAC atau dengan sistem lepas kunci (Selfdrive). Armada mobil yang disediakan pun bisa dipilih sesuai keinginan, ada kijang innova dan toyota avanza bagi mereka yang ingin membawa serta keluarga dan ada Agya bagi yang membutuhkan mobil kecil saja.

Untukku sendiri yang memang ingin menggunakan layanan TRAC sebagai pilihan transportasi saat berwisata ke Geopark Ciletuh tadi, sepertinya lebih cocok memilih layanan selfdrive dari TRAC ini. Oleh sebab itu aku pun benar-benar memperhatikan saat Pak Riyadi menjelaskan soal promo khusus bagi customer yang akan menyewa mobil dengan sistem selfdrive ini di akhir tahun nanti. 




Ada promo khusus bagi yang menyewa mobil untuk perjalanan mulai tanggal 1 Desember 2018 sampai 13 Januari 2019, dengan syarat melakukan pemesanannya sebelum tanggal 15 Desember 2018 dan melakukan pembayaran dimuka. Promo tersebut berupa bonus satu hari untuk pemesanan mobil 2 hari, bonus dua hari untuk pemesanan mobil 4 hari dan bonus 3 hari untuk pemesanan mobil 6 hari. Bonus yang wow banget menurutku.

Karena sudah tak sabar untuk menikmati layanan TRAC ini, aku pun mulai mencoba sedikit ber-experience dengan website resmi dari TRAC. Ternyata untuk pemesanan onlinenya pun terbilang cukup mudah, kita hanya perlu melakukan 4 langkah saja, diantaranya adalah memilih layanan yang diinginkan, menentukan tanggal dan lokasi penjemputan, memilih jenis kendaraan yang diinginkan serta melengkapi data diri dan melakukan pembayaran. Setelah itu pesanan pun sudah bisa diproses. Mudah sekali bukan...?!


Doc : astra.trac.co.id

O iya semua armada TRAC ini sudah mendapat perlindungan asuransi, jadi andaikata ada suatu hal buruk yang menimpa, maka pihak TRAC akan langsung menyediakan mobil pengganti. Tak hanya itu saja TRAC pun menyediakan layanan service 24 jam yang juga bisa dimanfaatkan jika terjadi sesuatu, layanan service tersebut bisa diakses melalui sambungan telepon di (021) 877 877 87 dan whatsapp di 08111177087.

Aaaaahhh... Aku jadi makin tidak sabar nih menanti momen liburan akhir tahun yang akan aku lalui dengan berwisata ke Geopark Ciletuh menggunakan layanan dari TRAC ini... Menurutku, Geopark Ciletuh ini juga bisa dijadikan rekomendasi tujuan liburan akhir tahun kalian loh, tapi tetap ingat untuk memilih moda transportasi yang aman dan nyaman agar liburan kalian makin menyenangkan. Kalau bingung, ya langsung kunjungi website TRAC aja biar bisa liburan tanpa ribet...





0 komentar:

Posting Komentar