13/12/18

Indonesia.go.id, Halaman Depan NKRI di Dunia Digital



Saat masih aktif mengikuti kelas bisnis di suatu grup facebook, ada satu pelajaran yang masih terus tertanam dalam pikiranku, yaitu materi tentang branding diri dalam bisnis. Menurut sang mentor, materi soal branding diri ini amat penting untuk kemajuan bisnis yang sedang dibangun karena akan menentukan bagaimana pandangan customer terhadap bisnis kita tersebut. Dari situ aku pun mulai mencoba semaksimal mungkin untuk dapat senantiasa membranding diri dengan segala hal positif.

Ternyata bukan hanya aku saja yang ingin membangun branding diri, tapi juga bangsa Indonesia yang diwakili oleh pemerintahan pusat pun tak mau kalah untuk membranding diri melalui berbagai sarana, salah satunya lewat portal berita www.indonesia.go.id. Portal berita yang pada 10 Desember 2018 lalu resmi di re-launching tersebut akan menjadi branding dari Indonesia dengan data terbaru, terlengkap, serta terakurat.

sesaat sebelum ceremony re-launching Indonesia.go.id

Yup, disebut re-launching karena Indonesia.go.id yang diluncurkan di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, Kantor Kominfo, Jakarta tersebut merupakan “wajah baru” dari tampilan yang sebelumnya telah ada. Tampilan terbaru dari portal berita ini kini lebih eye catching dengan dominasi merah putih pada setiap halamannya. Tak hanya itu saja, dalam portal berita Indonesia.go.id ini kita juga akan dimanjakan dengan navigasi serta pengkanalan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai gambaran saja, di Indonesia.go.id ini akan ada halaman yang menggambarkan masing-masing provinsi di Indonesia, baik itu dari segi keanekaragaman hayati, budaya, seni, pariwisata maupun kearifan lokalnya. Selain itu, kita juga akan mendapatkan berita-berita terakurat yang disajikan oleh pemerinta di portal berita ini, seperti berita terupdate soal tindak lanjut bencana alam misalnya. Berita yang tampil di Indonesia.go.id ini dijamin merupakan berita yang anti hoax karena berasal dari sumber yang paling dapat dipercaya, pemerintahan Indonesia.



O iya, di Indonesia.go.id ini juga telah ada fitur layanan yang akan mempermudah masyarakat Indonesia untuk mendapat beberapa layanan pemerintahan secara online hanya melalui portal ini saja, seperti membuat paspor online hingga tata cara melakukan ekspor barang. Kelak fitur ini akan terus dikembangkan sampai semua layanan pemerintah dapat diakses secara online.

Sesuai dengan tujuan awal, tepatnya untuk menjadi branding Indonesia dari sisi pemerintah, Indonesia.go.id ini nantinya akan hadir sebagai halaman depan NKRI di dunia digital untuk memberikan gambaran secara utuh tentang Indonesia di mata dunia international. Menurut Bapak Rudiantara selaku Menkominfo, pesona yang dimiliki oleh Indonesia akan sia sia jika tidak disebarluaskan ke seluruh dunia. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah portal yang menjadi penghubung antara Indonesia dengan dunia international secara digital.



Langkah ini sebenarnya telah dimulai oleh kementrian pariwisata Indonesia yang sedang gencar membranding Indonesia lewat wonderful Indonesianya, nah Indonesia.go.id ini bisa dibilang sebagai salah satu sarana yang diberikan pemerintah untuk membantu usaha branding diri tersebut.

Selain pak Rudiantara acara re-launching Indonesia.go.id ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Strategic Marketing Priyantono Rudito, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti, dan Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali. Para pembicara yang hadir ini juga menjadi narasumber pada sesi diskusi media yang langsung dipandu oleh Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.



Dalam acara re-launching Indonesia.go.id sore itu pun sekaligus menjadi ajang pemberian hadiah bagi pemenang kompetisi membuat konten video bertema “Ini Cerita Kami” yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Hadiah-hadiah tersebut langsung diserahkan oleh Menkominfo Rudiantara pada para penerima hadiah.

Selepas acara aku pun mulai coba mengakses Indonesia.go.id, dan menurutku branding Indonesia dalam portal berita itu sudah amat sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah. Insya Allah dengan adanya Indonesia.go.id ini dunia international akan lebih mudah mengenal Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar