19/12/18

Tiga Makna Menuju Hijrah Kaffah di Milad Ke-4 Blogger Muslimah



Sejak kecil aku memang selalu diingatkan bahwa tiap kali hari kelahiran itu kembali hadir sama artinya dengan berkurangnya jatah waktu ku di dunia ini. Dari situ aku pun makin memahami kalau setiap kali melalui masa milad, aku harus bisa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Agaknya makna ini pula lah yang coba diangkat oleh Komunitas Blogger Muslimah ketika pada beberapa waktu yang lalu sedang merayakan milad nya yang keempat.

Sebagai salah satu anggota dari komunitas ini, aku jelas tak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam keseruannya. Kalau pada tahun ketiga miladnya tahun lalu, kami diajak untuk belajar memperbaiki blog yang notabene merupakan ladang usaha kita melalui teknik SEO, kali ini kami diajak untuk mengenal lebih dekat dengan kata “Hijrah”.



Secara harfiah hijrah berarti berpindah dari satu tempat ke tempat yang lebih baik, namun makna dari kata hijrah ini sendiri ternyata bisa amat luas, baik dari segi agama,kehidupan hingga penampilan kita. Nah makna hijrah ini pun berhasil dikemas dengan cara yang amat cantik oleh panitia milad ke-4 Blogger Muslimah ini loh, berikut diantaranya,

Hijrah ke tempat yang lebih baik serta konsumsi makanan sehat

Dalam acara blogger muslimah kali ini sengaja dipilihkan lokasi yang amat kece, tepatnya di Nutrifood Inspiring Center. Berbeda dengan co-working space pada umumnya, Nutrifood Inspiring Center ini memiliki nuansa healthy and green yang diwujudkan langsung melalui desain ruangannya serta peraturan yang ada di sana.

Yup, sesuai dengan namanya, pada co-working space yang berlokasi di Apartemen menteng squre ini kita dilarang membawa makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung MSG dan minyak berlebih. Dari nutrifood Inspiring Center ini para anggota Blogger Muslimah pun secara tidak langsung diajak untuk hijrah dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Tak hanya itu saja, kami pun disajikan makanan ringan dari Warung Jande, jajanan sehat yang dikemas secara kekinian. Snack dari warung jande ini makin memperkuat makna hijrah yang diusung pada milad keempat Blogger Muslimah.

Hijrah ke penampilan muslimah yang lebih baik.

Sebagai muslimah, seharusnya sih kita sudah paham perihal aturan berpakaian bagi muslimah, namun yang seringkali luput dari perhatian kita tuh adalah pakaian muslimah seperti apa sih yang layak untuk kita dari segi kenyamanan, penampilan dan syariat islam itu sendiri. Nah pada milad keempat Blogger Muslimah ini pun kami diajak berkenalan dengan para sponsor yang merupakan para penggerak bisnis busana muslim syar’i. diantaranya ada Rumaisha dan Mozlaik.



Rumaisha merupakan brand lokal karya Zasafiana Djamal yang mengangkat konsep elegan syar'i pada produk muslim dan wedding dress, sementara Mozlaik adalah merek dagang yang memproduksi busana muslimah syar'i dengan memberdayakan konveksi rumahan, bukan produk pabrikan dengan produk andalannya berupa bergo, pashmina, dan niqab. Kedua produk sponsor ini membuat kami makin mantab untuk berhijrah pastinya. Karena ternyata berhijrah tuh bisa tetap membuat kita makin cantik dan nyaman dalam berpenampilan kok...



Tak hanya dari segi pakaian saja, pada milad Blogger Muslimah kali ini kami juga diajak belajar make up loh... makeup yang diajarkan disini tuh semata-mata agar kita dapat terlihat cantik didepan suami ya. Tutorial daily make-up kali ini dibawakan oleh kakak kakak cantik dari Purbasari yang ternyata saat ini telah memiliki beragam peralatan makeup.

Dulu tuh kan kita mengenal purbasari sebagai brand lulur mandi saja, tapi saat ini purbasari makeup telah mengembangkan sayapnya. Pada saat make-up demo saja, ada beberapa produk purbasari yang baru kali ini aku liat, diantaranya ada Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner yang merupakan Pensil alis dengan sistem retractable/tanpa raut dan Purbasari Intense Color Liquid Liner sang Eyeliner cair berbentuk spidol.



Menuju hijrah kaffah bersama Tere

Di sesi terakhir, kami diajak untuk lebih memahami konsep menuju hijrah kaffah bersama Tere, seorang musisian yang kini telah berstatus mualaf. Menjadi seorang muslimah sejak lahir kadang membuat kita sedikit lupa akan jati diri sebagai seorang muslimah itu sendiri. Nah berkat sharing bersama tere ini jujur para blogger yang hadir menjadi sedikit malu.



Tere yang dibesarkan dilingkungan keluarga non muslim itu ternyata mendapat hidayah melalui sebuah mimpi buruk dimana ia mendapati dirinya telah berada di alam kubur dan mendapat pertanyaan layaknya seorang muslim. Ketika terbangun dari mimpinya itu, ia pun memutuskan untuk mencari tau lebih jauh perihal pertanyaan yang ada dalam mimpinya. Lalu ia pun memulai perjalanan hijrahnya dengan mencari tau serta memikirkan berbagai konsep kehidupan yang ada hingga akhirnya ia mantab untuk menjadi seorang mualaf.

Sebenarnya dalam kehidupan nyata tuh tidak hanya Ketiga makna hijrahyang ada di milad keempat Blogger Muslimah ini saja, tapi ada banyak makna hijrah dari sisi lain yang mungkin saja akan kita temui. Jadi, jangan pernah menutup mata terhadap jalan hijrah yang diberikan-Nya ya teman...


1 komentar:

  1. Terima kasih sudah mengingatkan, Mbaa... jalan hijrah selalu ada, tinggal bagaimana kitanya juga ya salah satunya.

    BalasHapus