08/02/19

Berburu konten foto berkualitas di rumah...? cek dulu tips & trik ini...




Semenjak menekuni dunia blogger, aku yang tadinya tidak paham soal instagram, seolah ‘dipaksa’ masuk ke dalamnya. Yup, dunia blogger dan instagram memang saling berkaitan satu sama lain. Memang benar, yang menjadi inti dari seorang blogger adalah konten tulisan, namun harus diakui, instagram telah menjadi salah satu poin penting yang dilihat oleh klien saat pengajuan kerjasama.

Jika diibaratkan, instagram bagi blogger adalah sebuah halaman depan, kalau instagram nya bagus maka peluang untuk mendapatkan tamu akan lebih banyak. Oleh sebab itu, aku dan beberapa sahabat mulai concern untuk berburu konten foto yang instagramable di berbagai tempat demi mempercantik si halaman depan tersebut.

Meski terbilang positif, tak jarang perburuan konten foto ini pun mendapat nyinyiran dari beberapa orang, namun tetap tidak menyurutkan langkahku untuk terus belajar mempercantik feed instagram itu. Aku menganggap perburuan konten foto yang instagramable tersebut adalah sedikit timbal balikku pada klien yang sudah mempercayakan project-projectnya padaku.



Jujur, nyinyiran-nyinyiran mereka itu tetap menjadi perhatianku, bukan untuk ber-baper ria tapi untuk mengoreksi diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi, terutama pada saat mereka mengatakan perburuan foto tersebut mengurangi quality time pada keluarga dirumah. Yup mereka tidak salah, kebersamaan bersama keluarga memang akan sedikit berkurang akibat aktivitas perburuan konten berkualitas yang kebanyakan berada di luar rumah, tapi juga tidak bisa serta merta menganggap perburuan ini salah, karena kegiatan tersebut memang murni berkaitan dengan pekerjaanku di dunia blogging ini. Hal ini pun akhirnya menjadi peer tersendiri bagiku.

Talkshow & Blogger Gathering Dekor Rumah Ala Instagram bersama Irma Alaydrus dan Adelya vivin 

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu aku mendapat banyak wejangan khusus tentang bagaimana cara menyelesaikan peerku tersebut, tepatnya ketika aku berkesempatan untuk mengikuti talkshow & Blogger Gathering Dekor Rumah ala Instagram bersama Irma Alaydrus dan Adelya Vivin di Indonesia property Expo 2019 yang berlokasi di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center.



Kedua pembicara di acara tersebut seolah telah membuka mataku,  ternyata perburuan konten foto itu juga bisa dilakukan di rumah kita sendiri. Dengan sedikit usaha untuk berbenah rumah, kita juga bisa mendapatkan spot foto yang amat layak untuk di publish pada instagram.

Tips membuat spot foto yang instagramable ala kak Adelya Vivin



Kak Adelya Vivin sang pemilik akun instagram @adelyavk memberikan beberapa tips perihal membuat spot foto instagramable di rumah, diantaranya adalah sebagai berikut,

1.   Pilih tema desain yang kita sukai.

Memang tidak salah jika kita ingin mendesain rumah tanpa adanya tema tertentu tapi tetap akan lebih baik jika desain rumah kita tersebut bertema agar lebih cantik untuk dilihat. Nah dalam hal ini Kak adelya pun memperkenalkan beberapa tema desain rumah yang bisa kita terapkan pada hunian pribadi, diantaranya adalah, Minimalist, japanese, Scandinavian, Bohemian, dan industrial.
  •  Minimalist

Rumah berdesain minimalist ini cenderung minim dekorasi, namun amat memperhatikan cahaya yang ada didalamnya sehingga tampak lebih luas dari aslinya. Perabot yang digunakan pun biasanya bersifat multifungsi seperti sofa yang juga sekaligus bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan misalnya. Desain rumah minimalist ini cocok untuk rumah-rumah yang tidak begitu luas.
  • Japanese

Kurang lebih sama dengan nuansa rumah-rumah yang ada di Jepang, Desain Japanese cenderung memiliki warna-warna hangat atau warm seperti warna coklat kayu. Biasanya desain japanese ini juga mengarah ke minimalist, terlihat dari minimnya perabot yang digunakan, hanya berbeda pada suasana yang dihasilkan oleh warna kayu tadi.
  • Scandinavian

Tema desain scandinavian ini terlihat lebih sederhana dengan tone-tone senadanya. Masih mengandalkan sentuhan minimalist dan fungsional, desain scandinavian ini ternyata menjadi favorit para instagramer loh...

tema desain scandinavian (sumber : dirumahku.com)

  • Bohemian

Nah kalau dari tadi desainnya cenderung minimalist, desain bohemian terkesan tidak terlalu minimalist tapi juga tidak terlalu mewah. Tone warna yang digunakan adalah putih, coklat tua, coklat muda dan hijau.
  • Industrial

Ciri khas yang paling terlihat dari desain rumah industrial adalah atapnya yang dibiarkan begitu saja tanpa plafon. Perabot atau barang yang digunakan cenderung minimalist.

Kak Adelya sempat menyarankan untuk memilih tema desain rumah yang memang sesuai dengan keinginan kita terlebih dahulu alih-alih mengikuti arus tren.

2.  Beri tambahan hiasan untuk dekorasi

Hiasan atau dekorasi ini tak melulu berupa pajangan atau bingkai foto, tapi kita juga bisa memanfaatkan tanaman hidup untuk menambah suasana. Namun yang harus diingat adalah pemilihan tanaman hidup itu sendiri, pilih tanaman hidup yang memang cocok diletakkan di dalam rumah agar tidak mengganggu sirkulasi udara.

Peace Lily (Sumber : Pinterest.com)


Ada banyak contoh tanaman hidup yang bisa kita letakkan sebagai hiasan di dalam rumah, seperti palem kuning, peace lily, lidah mertua, spider plant, lidah buaya, dan lain sebagainya.

3. Lighting atau pencahayaan

Selama masih bisa memaksimalkan cahaya alami dari sinar matahari tentu akan lebih baik, namun kita tetap harus memperhatikan lighting pada malam harinya. Jadi Kak Adelya menyarankan untuk ‘jangan pelit sama lampu’ agar mendapat cahaya yang benar-benar maksimal.

Trik mengambil foto yang layak tayang di Instagram dengan memanfaatkan spot foto instagramable di rumah


Setelah mendapat ilmu untuk merapihkan rumah dan membuat beberapa spot yang instagramble di rumah sendiri, Aku dan teman-teman blogger pun mendapat tambahan ilmu dari kak Irma Alaydrus perihal cara mendapatkan foto yang layak tayang di instagram. Yup memiliki tampilan rumah yang instagramable tidak akan amat berarti tanpa diimbangi dengan proses pengambilan serta pengeditan foto itu sendiri.



Menurut Kak Irma, ada beberapa hal yang wajib banget mendapat perhatian kita agar bisa memperoleh foto yang layak tayang di instagram itu, diantaranya adalah sebagai berikut,

1. Perhatikan angle atau sudut pandang pengambilan gambar

Akan lebih baik jika melakukan beberapa pengambilan gambar dengan angle yang berbeda setiap harinya. Hal ini penting untuk mendapat sedikit variasi di instagram meski hanya mengandalkan spot foto di rumah sendiri.

2. Perhatikan posisi kamera saat pengambilan gambar

Usahakan sebisa mungkin kamera dalam posisi sejajar atau tidak miring saat pengambilan gambar berlangsung. Jika ragu, lebih baik aktifkan fitur grid yang biasanya ada dalam semua kamera maupun smartphone.

3. Maksimalkan pencahayaan

Memaksimalkan penggunaan cahaya alami dari sinar matahari adalah yang paling baik, namun jika tidak bisa, kita juga dapat memanfaatkan cahaya lampu dirumah. Tak lupa kak Irma memberi saran untuk selalu menggunakan proyektor agar cahaya yang didapat bisa lebih maksimal serta mengurangi efek bayangan yang biasanya ada saat pengambilan foto berlangsung.

maksimalkan pencahaayan (sumber : idntimes.com)


4. Perhatikan detail property

Jangan takut untuk menambahkan sedikit ‘pemanis’ dalam foto agar terlihat lebih instagramable. Gunakan saja barang-barang yang memang ada di rumah, seperti menggunakan selimut saat mengambil gambar kasur misalnya.

Berburu property di Indonesia Property Expo 2019


Dengan menggabungkan tips dan trik yang diberikan oleh kedua pembicara tersebut, aku makin pede untuk lebih memanfaatkan hunian kesayangan dalam perburuan konten foto instagramku. Senang dan bahagia rasanya bisa menyelesaikan peer dari para haters tadi, tapi membicarakan soal pemilihan desain rumah ini menghadirkan kegalauan tersendiri bagiku, yup keinginanku untuk memiliki sebuah rumah sendiri pun kembali memuncak.



Lokasi talkshow yang ada di pameran properti terbesar, Indonesia Property Expo 2019 ini mau tidak mau memang membangkitkan kembali mimpi yang telah lama terkubur oleh padatnya arus pemasukan dan pengeluaran itu.  Mimpi memiliki rumah tinggal sendiri. Apalagi di pameran property ini ada sekitar 730 tenant property yang siap berlomba memberikan promosi nya masing-masing, mulai dari rumah subsidi, ruko, hingga apartemen luxury ada disini.

Buat kalian yang emang punya keinginan sama sepertiku, kalian wajib dateng ke area Indonesia property Expo di Hall A dan B Jakarta Convention Center mulai dari tanggal 2 hingga 10 Februari 2019. Tenang saja, kalian tidak akan dipungut biaya sama sekali untuk memasuki area pameran ini, malah kalian akan mendapat kupon yang nantinya akan diundi pada akhir pameran tersebut. Ada berbagai hadiah keren menanti kalian disana. Jadi yuk ke Indonesia Property Expo 2019 ini...


21 komentar:

  1. Wah makasih Natara, aku belajar bener nih soal instagram, terutama konten yang cakep ya.
    Btw, dekorasi rumahnya cakep-cakep ya, mupeng bisa rapi begitu

    BalasHapus
  2. Aih..aku ikut belajar nih dg baca post ini.. trmksh ya mba.. Oya tema bohemian sepertinya plg cocok utkku..

    BalasHapus
  3. wah bisa juga nih. rumah memang tmepat paling nyaman sih

    BalasHapus
  4. Kalau punya rumah instagram able enak .tidak perlu jauh jauh berfoto dan tinggal bergaya aja

    BalasHapus
  5. Asikk dapet ilmu baru.. walaupun dirumah sendiri kalo kita tahu teknik pengambilan gambar yang oke maka hasilnya juga oke ya.. aish senangnya.. mulai berburu ah spot foto kece dirumah.. cari angle cekrek edit upload deh..

    BalasHapus
  6. Wah dapat ilmu baru nih sebelum beli rumah nanti lebih baik cari referensi rumah diaman dlu. Kalau tipe rumah idaman sy sebenarnya yang minimalist, berhubung skrg sdh milenial, jd pengen dekor rumahnya instagrammable

    BalasHapus
  7. Rumahku gak instagramable plus belum pinter ambil gambar di tempat yg kurang cahaya. Makanya kusuka foto di luar rumah aja biar terang benderang

    BalasHapus
  8. Impaian bngt punya rumah instagramable lagi nyicil nih kepinginnya rumahnya dulu di perbaiki baru indoor ya ya

    BalasHapus
  9. Aku pengen punya rumah yang instagramable banget. Tapi apa boleh dikata, dana blm cukup. Wkwkwk. Malah curhat

    BalasHapus
  10. Aku malah punya jendela besar di rumah. Semua dindingnya berjendela. Full cahaya kalo siang. Itu ta manfaatin buat foto2 hahahaha

    BalasHapus
  11. Yak, soal pencahayaan ini emang crucial banget. Salah timing aja udah kesorean dikit, bakalan ga asyik banget foto2 kita di rumah.

    BalasHapus
  12. Mba ku abai banget lho sama foto di IG ku 😅. Malah yg bagus2 ku archive 🙈. Tp seriusan mba itu klien liat akun Ig ya? Brrti blogger aktif di medsos tu penting dong ya. Duh aku ga aktif di medsos euy hiks

    BalasHapus
  13. Aku juga pengen deh berguru lagiii dengan para ahlinya ini. Rumahku harus bener2 diberesin

    BalasHapus
  14. Kalo rumahku udah jadi nanti, mau juga punya tatanan rumah yang instagram-able biar foto-foto yang kuhasilkan bisa bagus seperti orang-orang :)

    BalasHapus
  15. Wahhh pengen banget ini selalu belajar foto dengan interior rumah cuman sayang masih rumah kontrak kadang mau solek buat rumah ini tapi diabaikan karna kontrak hiksss.. jadinya kadang klo gak keluar rumah pusing untuk nyari konten buat posting hahaha.. *jadi curhat*

    BalasHapus
  16. Baru baca ceritamu nih mba, waaa aku klewat dong ya ini udah tanggal 12 ya kan. Tapi makasih banget mba, aku jadi taju ilmu mengolah rumah biar bisa jadi spot yang instagramable

    BalasHapus
  17. Aku suka takjub sama rumah2 yg IGable, tapi apa daya rumahku blm bisa disetting kyk gtu hehe. Mungkin nanti saat anak2 agak gedean kali ya, bisa cat2 rumah, renov, dan ganti perabot yg lbh IGable :D

    BalasHapus
  18. Mba Natara, aku izin share tulisannya yaa. ini bermanfaat banget ilmunya hehehe. Biar bisa aku baca kapan-kapan :)

    BalasHapus
  19. Kalau di Fuji, ada fitur yang memberikan informasi kalau objek yang diambil sudah lurus apa belum...

    BalasHapus
  20. Oh jadi ini rahasia fotomu selalu cetar ya kak. Oke kak aku catat baik baik makasih ya

    BalasHapus
  21. duh keren ya...infonya bagus utk diikuti. aku juga pengen ngerubah kamar jadi spot yg bagus. thanks ya...ini jadi panduanku utk merubah kamar.

    BalasHapus