11/02/18

Jangan takut berlindung dibalik niche lifestyle blogger

Pastinya udah pada tau dong kalau dunia blogging saat ini udah terlalu ramai. Saking ramainya, setiap kali ada form pendaftaran job untuk blogger yang dishare, form tersebut akan habis kuotanya hanya dalam hitungan menit saja. Nah agar tetap dapat stay atau bertahan di belantara blogging ini maka kita harus memiliki trik khusus, salah satunya adalah dengan memiliki ciri khas tertentu.

Menurut beberapa seniorku di dunia blogging, memiliki ciri khas khusus yang dimaksud tersebut adalah dengan mengerucutkan niche blog yang kita miliki. Misalnya seperti Travel blogger atau food blogger. Pendapat ini tidak salah pastinya, tapi buat ku yang memiliki ‘hasrat menulis gado gado’ ini, menentukan niche blog adalah hal yang berat. Dan akhirnya aku pun harus kembali berlindung dibalik niche Lifestyle blogger.



Menurutku, (menurutku loh ya...) ciri khas khusus itu amat erat kaitannya dengan branding diri yang sempat aku bahas beberapa waktu yang lalu, meski menulis blog gado-gado, asal kita memiliki branding diri yang kuat, Insya Allah kita juga akan tetap bisa bertahan di dunia blogging zaman now ini.

Sebagai pertimbangan, aku mencoba memperhatikan beberapa blogger senior yang aku anggap memiliki ciri khas tertentu meski juga masih kuat berlindung dalam niche lifestyle blogger. Seperti Mpok Ratna misalnya, Ia sukses membuat branding seorang gadis betawi dalam blog dan semua sosial media nya. Dalam blog www.mporatne.com yang ia kelola selalu ada sisipan pantun di awal tulisan sebagai ciri khas nya, ini jelas menambah kuat branding gadis betawi nya tersebut.

Berbeda dengan mpok Ratna, ada juga mbak helena Safitri yang selalu menyertakan kehadiran Sid, anaknya, di setiap tulisan yang ia tuangkan dalam blog www.helenamantra.com miliknya. Meski niche lifestyle blogger masih setia ia usung, namun hal ini membuat label parenting di blognya agak lebih kuat dibanding label lainnya. Dan yang pasti membuat branding diri sebagi ‘mama sid’ nya menjadi semakin kuat.

Selain mereka berdua, aku juga sempat memperhatikan branding diri ala Novitania. Diantara kuatnya saran untuk memakai template blog clean yang katanya lebih disukai oleh brand itu, Blogger cantik asal bekasi ini tetap kuat memakai template blog yang ia pakai saat ini. Dan hasilnya, sekarang tiap kali aku melihat template blog itu maka pikiranku akan langsung tertuju padanya. Jadi cukup melihat dari jauh saja, aku bisa langsung menebak kalau itu adalah blog www.novitania.com miliknya.
Tidak hanya itu, ia pun sukses membuktikan pada yang lain dengan prestasi bloggingnya yang segudang tersebut.

Ketiga blogger senior ini membuatku semakin yakin, asal branding diri kita kuat, maka berlidung dibalik niche lifestyle blogger pun tidak akan menjadi masalah apalagi hambatan untuk kita berprestasi didunia blogging ini. Aku sendiri masih mencoba memperkuat branding diri ku sebagai sweet blogger dari bekasi... (halah... mulai lagi narsis nya..) hehehe... Abaikan kalimat barusan ya...

Jujur aku sendiri masih coba mencari branding diri apa yang kuat ada di tulisan ku dalam blog ini. Coba dong bantu aku, kira kira apa sih yang kalian lihat dari aku...? Share atuh dikolom komentar...



9 komentar:

  1. Ooo...jadi begitu ya caranya menilai branding diri itu, hihihii...bunda baru tau tuuu...jadi gak usah repot-repot mau kek apa branding diri bunda, ya. Lha wong itu udah ke-branding sendiri bundayati.com, heheheh....#apaansiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss bener banget bunda... bunda mah sudah punya branding sendiri tanpa bunda sadari ya...

      Hapus
  2. Saya juga suka bingung kalau saya ngebranding diri mah hehe..jadinya akhirnya menulis sesuka hati saya aja ah hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih nyaman ya mbak tulis sesuka hati... ga ada beban niche begitu..

      Hapus
  3. Lifestyle mbak hehhee. Parenting ya juga sih.... Aku suka SM ciri khas ka Natara ini.. Kalau aku sendiri masih labil heheh

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang masih galau dengan Niche Blog. Untuk sementara lifestyle juga, cuma ke depannya tulisan khusus seperti resensi akan saya pisahkan. Biar nggak terlalu gado-gado

    BalasHapus
  5. Aduh kaget bacanya. Ane bukan blogger senior lagi, anak baru juga. Terima kasih ye udah backlink rumah ane

    BalasHapus
  6. Wah ada nama anak Mak I, kalau anak enak nakal, kewer aja ye.

    BalasHapus
  7. Lifestyle Blogger udah cukup ko Mba, insyallah dengan terus mengoptimalkan potensi diri dan kualitas diri bakalan banyak di lirik brand. Dan yang terpenting jadi diri sendiri..

    BalasHapus