26/03/17

Ajari sikecil menabung dengan cara yang mereka sukai yuk...

" maaa jajaaaannn"...
" maaa beliin es krim"...
"Maa beliin mainan"...
 Kalimat kalimat itu tuh kayanya udah akrab banget nih di telinga para ibu... Sama bu... Saya juga sering banget denger kalimat seperti itu dari trio kroco,ketiga anak saya...
Sebel ga sih dengernya,apalagi ditengah harga cabe yang lagi melambung tinggi kaya gini... Hadeuh  ibu ibu pasti makin pusing tujuh keliling ya... Hehehe...
Yuk ikutin trik jitu saya mengajari anak rajin nabung...

1. Tanyakan keinginan anak

     Kalau saya pertama tama saya akan tanya apa barang yang pengen dibeli sama si anak... Mainan,buku,jalan jalan ke tempat bermain kaya ke rainbow garden, mudik ke jampang atau yang lainnya... Biasanya jawaban sianak ga sejalan ama pikiran ibu nya... Sianak pengen mainan siibu nyuruh nabung buat beli buku dan akhirnya adu argumen dengan anak... Aduuuh.. Jangan ya bu ibu... Kita kan lagi mengajari anak rajin menabung,jadi untuk sementara kalahkan dulu deh ego kita... Ikutin kemauan anak... Kalau dia bilang menabung untuk beli mainan,kita iyakan saja kemauannya...

2. Ajak sikecil membuat atau membeli celengannya sendiri

      Saya sih lebih merekomendasikan,membuat sendiri celengannya... Selain bisa menambah bonding antara ibu dan anak,kegiatan membuat celengan sendiri ini juga bisa melatih kreativitas anak loh... Banyak tutorial membuat celengan beterbaran di internet tinggal sesuaikan saja sama kebutuhan bunda dan anak... Kalau untuk sekedar contoh bisa diliat liat di fanspage kreasi natara  ya...
Nah untuk yang mau membeli saja celengannya,biarkan sikecil yang memilih celengan yang disukai nya ya... Ingat jangan memaksakan kehendak kita... Yang mau nabung kan anak kita...




3. Tentukan "aturan main" nabung

        Terserah sih mau pakai aturan main atau tidak... Tapi kalau saya sih saranin dibuat aturan main nabung aja... Misalnya "uang jajan langsung dicelengin 1000 per hari "," kalau ada kembalian jajan harus ditabung",atau "kalau dapet uang 1000 koin harus masuk celengan"...

4. Awasi kegiatan nabung si kecil ini

      Namanya juga anak anak,kadang semangat diawalnya saja... Makanya dibutuhkan tuh pengawasan dari kita sebagai orang tua,jaga mood anak buat nabung... Saat mereka sedang malas nabungnabung,ingatkan lagi sama tujuan mereka nabung,dijamin mereka semangat lagi...

5. Penuhi tujuan nabung si anak saat tabungan dibuka

     Setelah tabungan penuh dan sudah waktunya dibuka,usahakan untuk konsisten dengan tujuan awal nabung ya... Kalau awalnya sikecil mau beli mainan ya harus dibelikan mainan... Ini akan berdampak bagi "rencana nabung" si kecil lainnya...
Kalau awalnya saja mereka sudah dibohongin... Dijamin,mereka ga akan nabung lagi...

Itulah  5 trik jitu mengajari anak menabung dengan cara yang mereka sukai...  Budayakan hemat dari kecil yuk bunda...


Jangan  lupa like and follow fanspage kreasi-natara
Dan instagram @kreasi_natara


0 komentar:

Posting Komentar