Langsung ke konten utama

Ajari sikecil menabung dengan cara yang mereka sukai yuk...

" maaa jajaaaannn"...
" maaa beliin es krim"...
"Maa beliin mainan"...
 Kalimat kalimat itu tuh kayanya udah akrab banget nih di telinga para ibu... Sama bu... Saya juga sering banget denger kalimat seperti itu dari trio kroco,ketiga anak saya...
Sebel ga sih dengernya,apalagi ditengah harga cabe yang lagi melambung tinggi kaya gini... Hadeuh  ibu ibu pasti makin pusing tujuh keliling ya... Hehehe...
Yuk ikutin trik jitu saya mengajari anak rajin nabung...

1. Tanyakan keinginan anak

     Kalau saya pertama tama saya akan tanya apa barang yang pengen dibeli sama si anak... Mainan,buku,jalan jalan ke tempat bermain kaya ke rainbow garden, mudik ke jampang atau yang lainnya... Biasanya jawaban sianak ga sejalan ama pikiran ibu nya... Sianak pengen mainan siibu nyuruh nabung buat beli buku dan akhirnya adu argumen dengan anak... Aduuuh.. Jangan ya bu ibu... Kita kan lagi mengajari anak rajin menabung,jadi untuk sementara kalahkan dulu deh ego kita... Ikutin kemauan anak... Kalau dia bilang menabung untuk beli mainan,kita iyakan saja kemauannya...

2. Ajak sikecil membuat atau membeli celengannya sendiri

      Saya sih lebih merekomendasikan,membuat sendiri celengannya... Selain bisa menambah bonding antara ibu dan anak,kegiatan membuat celengan sendiri ini juga bisa melatih kreativitas anak loh... Banyak tutorial membuat celengan beterbaran di internet tinggal sesuaikan saja sama kebutuhan bunda dan anak... Kalau untuk sekedar contoh bisa diliat liat di fanspage kreasi natara  ya...
Nah untuk yang mau membeli saja celengannya,biarkan sikecil yang memilih celengan yang disukai nya ya... Ingat jangan memaksakan kehendak kita... Yang mau nabung kan anak kita...




3. Tentukan "aturan main" nabung

        Terserah sih mau pakai aturan main atau tidak... Tapi kalau saya sih saranin dibuat aturan main nabung aja... Misalnya "uang jajan langsung dicelengin 1000 per hari "," kalau ada kembalian jajan harus ditabung",atau "kalau dapet uang 1000 koin harus masuk celengan"...

4. Awasi kegiatan nabung si kecil ini

      Namanya juga anak anak,kadang semangat diawalnya saja... Makanya dibutuhkan tuh pengawasan dari kita sebagai orang tua,jaga mood anak buat nabung... Saat mereka sedang malas nabungnabung,ingatkan lagi sama tujuan mereka nabung,dijamin mereka semangat lagi...

5. Penuhi tujuan nabung si anak saat tabungan dibuka

     Setelah tabungan penuh dan sudah waktunya dibuka,usahakan untuk konsisten dengan tujuan awal nabung ya... Kalau awalnya sikecil mau beli mainan ya harus dibelikan mainan... Ini akan berdampak bagi "rencana nabung" si kecil lainnya...
Kalau awalnya saja mereka sudah dibohongin... Dijamin,mereka ga akan nabung lagi...

Itulah  5 trik jitu mengajari anak menabung dengan cara yang mereka sukai...  Budayakan hemat dari kecil yuk bunda...


Jangan  lupa like and follow fanspage kreasi-natara
Dan instagram @kreasi_natara


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…