01/12/18

Serunya mencari pesan perlindungan diri dalam Happiness Race



Hidup ini memang penuh kejutan tak terduga, kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang bahkan dalam beberapa menit kedepan sekalipun. Seringkali semua berjalan sesuai dengan kemauan kita, namun tak jarang pula ada peristiwa-peristiwa tertentu yang tidak kita inginkan terjadi dalam keseharian. Kalau sudah begitu maka kepiawaan kita dalam mempersiapkan semuanya untuk menghadapi hal-hal tak terduga itu dibuktikan, karena hanya orang yang ‘siap’ menghadapi semua lah yang akhirnya bisa hidup dengan tenang dan damai.

Kurang lebih makna inilah yang aku tangkap saat mengikuti Happiness Race yang diadakan oleh happyOne.id beberapa waktu yang lalu. happyOne.id yang merupakan produk berbasis digital terbaru dari Asuransi Astra ini seolah ingin menyampaikan pesan perihal pentingnya perlindungan dalam keseharian dengan cara yang pastinya membuat semua happy, tepatnya melalui event Happiness Race ini. 

Pesan Perlindungan Diri di Happiness race


Pesan tersebut sudah terlihat mulai dari proses registrasi pesertanya. Setelah peserta mengisi form pendaftaran, para panitia dengan sigap memberikan topi dengan berbagai warna ceria plus jas hujan yang nantinya bisa digunakan oleh para peserta tersebut. Yup, menurut Bapak L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra, semua peserta harus mulai belajar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti happyOne.id yang sudah mempersiapkan topi untuk melindungi para peserta dari teriknya panas matahari jika cuaca sedang cerah dan jas hujan yang akan menjaga para peserta Happiness Race bila tiba-tiba turun hujan ditengah acara.

Tak hanya itu saja, para peserta yang ikut dalam Happiness Race ini juga telah mendapat perlindungan diri happyMe. Fyi, happyMe merupakan salah satu produk asuransi dari happyOne.id yang memberikan perlindungan bagi diri atas kecelakaan diri dengan manfaat utama berupa santunan meninggal atau cacat tetap yang disebabkan oleh kecelakaan dengan nilai preminya sesuai kebutuhan. Karena sudah tercover happyMe maka para peserta Happiness Race ini bisa menyelesaikan semua tantangan dengan hati tenang pastinya.

Berkeliling Kota Tua untuk menuju Zona Biru di Happiness Race


Setelah mendapat penjelasan soal peraturan dalam Happiness Race ini, para peserta pun diajak berkeliling kota tua terlebih dahulu dengan ditemani oleh uncle JP sebagai guidenya. Dalam perjalanan mengelilingi kota tua ini, para peserta ditantang untuk dapat mengambil foto bertema keempat produk happyOne.id, diantaranya adalah happyMe, happyEdu, happyHome, dan happyTrip.  Tantangan ini merupakan kunci untuk mendapatkan clue lokasi selanjutnya.

wajib foto saat menemukan spot keren di Happiness Race ( Foto : #HappyTeam9 )


Adanya tantangan ini membuat kami semakin bersemangat mengikuti penjelasan dari uncle JP sembari mencari momen kece untuk diabadikan. Satu persatu gedung bersejarah yang ada di Kota tua tak luput dari penjelasan uncle JP saat memandu kami. Beliau bercerita kalau museum fatahillah yang saat ini menjadi ‘pusat’ dari kota tua tersebut mulai dijadikan sebagai cagar budaya oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin pada tahun 1972 lalu.

Ada banyak peristiwa yang akhirnya perlahan tapi pasti membuat wajah kota tua jaman dulu menjadi seperti sekarang ini. Salah satunya adalah Kali Besar yang merupakan sungai buatan Belanda khusus untuk memenuhi kebutuhan drainase kota Jakarta kala itu. Selain museum fatahillah dan kali besar tersebut, kami juga dikenalkan dengan bangunan-bangunan bersejarah lainnya seperti Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Toko Merah, dan lain sebagainya.

Berkeliling Kota Tua bersama uncle JP seolah membangkitkan kembali memoriku pada belasan tahun yang lalu ketika masih berstatus sebagai pelajar. Disinilah arti pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya, dan sejarah suatu bangsa hanya akan teringat selalu oleh generasi penerusnya melalui pendidikan itu sendiri.




Mengingat pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa, happyOne.id pun tak mau ketinggalan untuk ikut andil didalamnya dengan memperkenalkan happyEdu. happyEdu merupakan perlindungan pendidikan yang bisa kita berikan pada buah hati agar senantiasa dapat melanjutkan pendidikannya dengan atau tanpa kehadiran kita disisi mereka kelak. Rasanya happyOne.id ini benar-benar paham akan kebutuhan kita ya...

Vihara Dharma Bakti sebagai Zona Magenta Happiness Race


Setelah menyelesaikan tantangan pertama berupa foto dengan tema keempat produk happyOne.id itu, kami pun diberikan sebuah amplop berisi clue yang harus dipecahkan serta uang senilai Rp 100.000,- sebagai uang transport ke lokasi selanjutnya. Clue pertama yang kami dapat berupa rangkaian kata dalam bahasa inggris yang mengarahkan kami ke Kim Tek le atau Vihara Dharma Bakti  yang ada di jl kemenangan III Petak Sembilan no 19 , Glodok, Kota Tua, Jakarta sebagai zona magenta.

Foto : #HappyTeam9


Berbeda dengan kelompok lain yang menggunakan transportasi umum untuk mencapai lokasi,  kelompok kami lebih memilih jalan kaki saja. Sesampainya disana kami sudah disambut dengan para panitia dan uncle JP yang kembali siap memandu.

Uncle JP pun menjelaskan berbagai hal terkait keberadaan klenteng tersebut. Ada berbagai peristiwa yang juga pernah terjadi di Vihara Dharma Bakti ini, salah satunya adalah ketika klenteng budha ini mengalami kebakaran hebat pada beberapa waktu yang lalu. Entah berapa besar kerugian yang harus ditanggung oleh pihak penjaga klenteng demi merevitalisasi tempat ibadah ini kembali.

Kebakaran memang merupakan musibah yang cukup sering terjadi di lingkungan padat penduduk. Oleh karena itu sebenarnya bangunan penting, baik yang dimiliki secara bersama maupun milik pribadi semestinya juga harus mendapat perlindungan layaknya diri kita sendiri. Alasannya simpel, karena bangunan itu penting bagi kita dan kita juga tidak pernah tau apa saja yang akan terjadi pada bangunan penting tersebut dikemudian hari.

Salah satu anggota #happyTeam9 saat di Vihara Dharma Bakti


Mungkin ini pulalah yang menjadi alasan happyOne.id memperkenalkan happyHome sebagai solusi perlindungan dari resiko kebakaran yang mungkin saja terjadi pada bangunan yang terbilang penting bagi kita tersebut.

Setelah menyelesaikan tantangan menjawab pertanyaan seusai berkeliling klenteng atau zona magenta itu, kami pun kembali diberi clue menuju lokasi selanjutnya. Dalm clue tersebut kami diarahkan untuk menyusuri sebuah gang pasar dan ditantang untuk mencari manisan atau permen dengan warna-warna yang ada pada logo happyOne.id. Bukan hal yang sulit bagi kami untuk mencari permen-permen tersebut dan mencapai zona kuning sebagai zona selanjutnya.

 Kopi Es Tak Kie sang kopi legendaris yang didaulat sebagai zona hijau dan kejutan Rujak Shanghai di zona kuning


Zona hijau ternyata berada di Kopi legendaris, Kopi Es Tak Kie. Di zona ini kami disuguhi kesegaran dari secangkir kopi es yang menjadi favorit warga disekitar Glodok. Dari zona hijau tersebut, kami langsung diarahkan ke zona kuning yang terletak tak jauh dari Kopi Es Tak Kie ini.


Foto : #happyTeam9


Ternyata, zona kuning itu berada di kedai yang menjual rujak shanghai, jadi tak heran kalau tantangan berikutnya adalah menghabiskan dua porsi rujak shanghai. Fyi, rujak shanghai ini sama sekali berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak Shanghai terdiri dari campuran kangkung, cumi, gurita, dan lain sebagainya dengan siraman kuah khas dan taburan bubuk kacang diatasnya.

Buat kami, rujak shanghai ini termasuk kejutan tak terduga yang diberikan oleh panitia Happiness Race pada kami. Takjub plus kaget dengan kombinasi yang disuguhkan oleh sang Rujak Shanghai. Namun meski terasa agak asing dilidah, dua porsi rujak shanghai pun tetap harus kami lahap demi mendapat clue selanjutnya.




Dalam clue selanjutnya, kami diajak untuk menyusun puzzle yang telah dikumpulkan sepanjang zona tadi, dan hasilnya kami diarahkan untuk kembali ke titik awal dari Happiness Race ini. Tapi sebelum kembali ke zona biru atau titik awal tadi, kami pun diajak untuk berkenalan dengan tradisi patekoan atau tradisi minum teh bersama.

Satu hal yang aku tangkap dari perjalanan Happiness Race ini adalah pentingnya keberadaan sebuah perlindungan terhadap perjalanan yang kita lakukan. Lagi-lagi kembali harus aku ingatkan kalau kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan, apalagi dalam sebuah perjalanan lebih rentan mengalami masalah jika tanpa perlindungan.

Dan happyOne.id seakan paham betul akan hal ini. Pemahaman ini pun diwujudkan dalam happyTrip yang merupakan perlindungan perjalanan dari happyOne.id yang akan membuat suasana liburan kita menjadi lebih tenang. Perjalanan akan terasa lebih menyenangkan karena gangguan perjalanan seperti kehilangan bagasi, kecelakaan dan lain sebagainya itu bisa tercover happyTrip dari happyOne.id



Setelah menyelesaikan semua tantangan di Happiness Race ini, aku makin sadar akan pentingnya berbagai perlindungan diri. Alhamdulillah bisa berkenalan dengan happyOne.id yang benar-benar mempermudah kita dalam membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan kita kapan pun dan dimanapun. Pokoknya terima kasih banyak deh buat Viva.co.id #1Newstainment dan happyOne.id yang udah menggelar Happiness Race ini dan membuat kami #BeTheHappyOne...

O iya info selengkapnya soal happyOne.id ini juga pernah aku ulas di tulisanku yang membahas happyOne.id, My all insurance yang memberikan kebahagiaan. nah buat yang mau tau lebih jauh soal happyOne.id ini bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.happyone.id


#vivacoidxhappyoneid

0 komentar:

Posting Komentar