24/08/18

Atasi Insting Nesting dengan cara yang cerdas

Sumber gambar : Pixabay.com

Belakangan ini aku agak disibukkan dengan chat whatsapp seorang sahabatku yang saat ini tengah melalui masa trimester ketiga kehamilannya. Sebenarnya sih sebagian besar isi chat tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi hampir pada semua ibu hamil, yaitu insting nesting atau ‘bersarang’ yang semakin kuat seiring dengan bertambahnya usia kandungan itu sendiri. 

Meski terbilang wajar, namun tetap saja jika tidak diladeni dampaknya mungkin bisa mempengaruhi kondisi beliau beserta janin yang ia kandung, dan sebagai sahabatnya aku jelas tidak menginginkan suatu hal yang buruk terjadi pada mereka. Walhasil ya mau tidak mau aku harus rela meluangkan waktu juga untuk sedikit menanggapi semua kegalauannya terkait insting nesting tersebut.

Apa Itu Insting Nesting

Sebelum bercerita lebih jauh, aku ingin menjelaskan dulu sedikit tentang maksud dari insting nesting yang sedang dialami oleh sahabatku tadi. Insting Nesting merupakan dorongan nesting atau bersarang yang biasanya berwujud perubahan perilaku para ibu hamil di trimester akhir untuk menyiapkan sarangyang nyaman bagi ia dan buah hati yang akan dilahirkannya kelak.
 
Sumber Gambar : Pixabay.com
Biasanya secara kasat mata insting nesting ini terlihat dari makin gemarnya para Bumil untuk mendekorasi rumah maupun kamar calon bayinya, termasuk urusan membeli semua pernak-pernik bayinya tersebut.

Insting nesting ini sendiri terjadi karena peningkatan hormon kehamilan khususnya hormon oksitosin, salah satu senyawa kimiawi di otak yang berhubungan dengan ikatan batin dan hormon prolaktin. Hormon inilah yang kemudian makin memicu adanya insting nesting itu.

Dilema Para Ibu Hamil Ketika Berhadapan dengan Insting Nesting nya 

Mengingat kelumrahan dari insting nesting tersebut, awalnya aku pun tidak terlalu mempermasalahkan hal itu, aku pikir toh dengan mengikuti insting-nya tersebut juga dapat membantu sahabatku tadi untuk sedikit mengurangi stress yang acapkali hadir seiring makin dekatnya perkiraan hari lahir.

Namun chat-chat whatsapp yang ia kirimkan belakangan ini justru meningkatkan kekhawatiranku terhadapnya. Alih-alih mengurangi stress jika tidak bisa ditangani dengan baik, insting nesting tersebut ternyata malah bisa jadi boomerang baginya.

Sumber gambar : pixabay.com

Aku katakan demikian jelas bukan tanpa alasan, dari hasil chat whatsapp tadi aku pun merangkum setidaknya ada dua kegalauan yang ia alami terkait insting itu, berikut diantaranya,

1. Kondisi fisik yang semakin melemah

Saking kuatnya insting nesting itu terhadap sahabatku tersebut, seringkali ia sampai tidak menghiraukan lagi kondisi fisiknya yang tengah hamil besar itu. Ia bisa seharian berkutat dikamar bayi yang sengaja ia dekor sendiri, dan tak jarang ia pun bisa berkeliling dari satu toko ke toko lain yang ada dipusat perbelanjaan hanya untuk sekedar membeli satu lusin baju bayi incarannya.

Mungkin anggapan medis yang bilang kalau seorang ibu hamil di trimester akhir memang harus lebih banyak bergerak itu tidak salah, namun apa jadinya kalau hal itu dilakukan tanpa pemikiran yang matang seperti sahabatku tadi. Kita saja yang sedang tidak membawa beban di perutmasih sering keletihan jika harus melakukan hal itu, apalagi ia yang kondisi fisiknya pun tidak sebaik kita.

2. Pengeluaran yang semakin meningkat

Berbelanja perlengkapan bayi memang penting, namun tetap saja butuh perencanaan khusus. Dan sayangnya insting nesting ini seringkali membuat para Bumil termasuk sahabatku itu agak lupa kalau ada biaya besar yang lebih penting dan harus dipersiapkan demi kelancaran persalinannya nanti, yup... apalagi kalau bukan biaya persalinan itu sendiri. Oleh karena itu berbelanja perlengkapan bayi ini pun bisa menjadi boomerang baginya jika ia tidak segera bisa mengendalikan insting nesting-nya tersebut.

Sebagai sahabatnya aku jelas menginginkan semua yang terbaik untuk mereka, aku tidak ingin menghambat kerja si insting nesting yang memang lumrah tadi karena mau tidak mau memang harus diakui ada manfaat juga dibaliknya, namun aku juga tidak ingin si insting tersebut menjadi masalah baginya.
Sumber Gambar : Pixabay.com

Atasi Kegalauan Terhadap Insting Nesting Dengan Akulaku

Alhamdulillah saat ini aku sudah memiliki solusi untuk menghadapi dua hal yang menyebabkan sahabatku galau tadi, yaitu dengan mengenalkannya pada Akulaku, salah satu e-commerce yang insya Allah akan menjawab permasalahan seputar insting nesting-nya tersebut.

Pada dasarnya kegalauan sahabatku tadi itu berkaitan dengan cara lama berbelanja yang masih setia ia pakai. Cara lama yang aku maksud disini tak lain adalah cara berbelanja offline dengan berkeliling dari satu toko ke toko lain demi mendapatkan barang yang ia inginkan atau sekedar membandingkan harga satu produk dengan produk lainnya. tentu hal ini akan menguras lebih banyak tenaga, waktu serta dana yang seharusnya ia hemat di trimester akhir kehamilannya ini.

Dengan begitu tentu tidak salah kalau aku menyarankan ia untuk menyalurkan hasrat nestingnya tadi dengan cara berbelanja online saja. Selain lebih menghemat waktu, ia juga bisa lebih menghemat tenaga dan lebih fokus pada persiapan persalinannya itu sendiri.

Aku menyarankannya berbelanja di Akulaku bukan tanpa alasan pastinya, saran ini berkaitan dengan kegalauan sahabatku itu soal pengeluaran yang semakin meningkat dan harus dipersiapkan secara matang. Kenapa harus akulaku...? karena tidak seperti e-commerce lain, Akulaku menawarkan kita untuk mendapatkan semua produk impian dengan sistem pembayaran kredit yang pastinya sedang dibutuhkan untuk sahabatku itu.

Menurutku sih akan lebih efisien jika dana yang ia miliki sekarang dipergunakan untuk persiapan persalinannya saja, dan untuk berbelanja perlengkapan bayi bisa dialihkan ke sistem kredit yang ditawarkan oleh Akulaku ini.

Sistem kredit di Akulaku juga tidak serumit kredit-kredit barang yang biasa kita temui secara offline di pusat perbelanjaan itu. Alih-alih harus melalui proses pengajuan yang berbelit seperti survey dan segudang persyaratannya, di Akulaku kita hanya perlu melakukan pengajuan kredit barang impian itu secara online saja.

Akulaku menawarkan sistem pembayaran dengan jangka waktu yang disesuaikan dengan besaran harga barang itu sendiri, semakin mahal barang yang kita inginkan maka semakin lama tempo waktu yang diberikan oleh Akulaku, berkisar antara 2 hingga 12 bulan.

Untuk proses pengajuan kreditnya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload terlebih dahulu aplikasi Akulaku secara gratis di playstore maupun app store. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pengajuan kredit barang impian dengan cara mengisi data diri kita secara online.


O iya semakin lengkap data diri yang kita berikan maka akan semakin besar juga limit kredit yang bisa kita dapatkan di Akulaku. Tenang, kelengkapan data yang dimaksud disini tuh masih berupa data standar seperti foto diri dan KTP, data pekerjaan serta no telepon darurat yang bisa dihubungi saja. 

Tak hanya itu saja, mulai tanggal 20 Agustus 2018 ini Akulaku akan menjadi aplikasi virtual kredit pertama yang berani memberikan kompensasi jika pengajuan kredit limit kita ditolak. Tak tanggung-tanggung, kompensasi yang akan kita terima itu berupa uang cash dengan total hingga Rp 888.000. Hal ini jelas akan amat membantu sahabatku untuk terhindar dari stress yang mungkin saja ia alami jika mengajukan kredit di tempat lain.

Selain itu, di Akulaku juga kita bisa menikmati layanan pembelian pulsa, PLN, Listrik dan jenis pembayaran online lainnya dengan cara yang juga mudah dan simpel. Tak hanya itu saja, ternyata di Akulaku kita juga bisa mengajukan pinjaman tunai sampai Rp 2.000.000 dengan maksimal pembayaran 30 hari.


Dan ada satu hal yang terpenting dan patut untuk segera aku beritahukan pada sahabatku itu, yaitu tentang Akulaku yang pada tanggal 20 Agustus 2018 hingga 11 September 2018 nanti akan mengadakan Hari Pesta Kredit Nasional atau disingkat menjadi Harpitnas. Selama periode itu, kita akan dimanjakan dengan berbagai pilihan produk idaman yang bisa diraih dengan uang sebesar Rp 1000 saja tiap harinya. Wooww... pasti ia akan semakin senang mendengarnya.

Keunggulan demi keunggulan dari Akulaku tersebut jelas akan membuat stress sahabatku terkait makin dekatnya proses persalinan serta insting nesting yang kian tak terkontrol tadi semakin berkurang. Aku berharap dengan saranku ini insya Allah sahabatku akan lebih tenang lahir dan batin menanti hadirnya si jabang bayi yang amat ia cintai itu.

Pssstt... by the way sepertinya Akulaku juga akan membantuku mempersiapkan hadiah buat si-dedek utun yang akan lahir nanti nih, pas banget kan tanggal tua begini kantongku sendiri juga sedang kempes-kempesnya... Hihihi...





#HARPITNASKUY
#AkulakuKreditOnline
#JamanNow


69 komentar:

  1. Kredit yabg bisa di piluh cicilannya. Semakin mudah mendapatkan barang impian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mpok... Dapetin barang impian udah bukan mimpi lagi deh...

      Hapus
  2. Aku baru tahu ada olshop akulaku, untung baca tulisan ini jadi tahu deh. Pengajuan kredit zaman now gampang dan cepat banget ya, xixixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak...

      Betul banget kak, ga ada lagi tuh sistem berbelit seperti yang biasa kita temui kalau proses pengajuan kredit secara offline...

      Hapus
  3. Langsung mupeng nih kalau liat yang bisa dicicil, wkwkkw. Cus langsung ceki - ceki akulaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berbelanja di akulaku kak...

      Hapus
  4. Beberapa kali sempet liat produk2 perlengkapan bayi yang ada di aplikasi ini. Lagi bandingin harga,udah ada barang yg ditaksir, kalau cocok kayaknya bakalan ada yg dibeli dech. Hehehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy shopping kak... Hati hati ya jangan sampai terlalu kebawa arus insting nesting ini pas belanja perlengkapan bayi nya... Hehehe...

      Hapus
  5. Hihihi..baru tahu istilahnya, padahal dulu pas hamil trimester ketiga ngalami juga bawaannya pengen belanja melulu pernak-pernik bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jadi nambah pengetahuan baru ya kak...

      Terima kasih udah mampir kak...

      Hapus
  6. Boleh juga nih.. Aku ngincer peralatan komputer.. Instal ah, siapa tahu ada yg cocok hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berbelanja kak... Semoga ada yang cocok ya kak peralatan komputer nya...

      Hapus
  7. Rasanya saat hamil saya gak sampai ngalamin insting nesting hehehe. Secara yg belanja buat keperluan bayi malah bibi dan adik ipar.

    Kalau hp memori cukup penasaran mau instal Al juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... Tapi tetep aja kan ya naluri buat beresin serta menyiapkan perlengkapan si Dede ada pas trimester akhir itu... Yang penting kita bisa tetep mengontrolnya ya kak .

      Hapus
  8. Bagus artikelnya, cuma sayang aku ajuin malah di tolak oh ya kan aku di tolak kira2 dapat ga uang cash yang di janjikan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... Kalau pengajuannya ditolak setelah tanggal 20 Agustus 2018 maka Kaka bisa klaim kompensasi tersebut kak... Karena program ini memang baru dijalankan pada tanggal tersebut...

      Info lebih lengkap bisa langsung hubungi CS akulaku aja ya kak...

      Terima kasih kunjungannya kak...

      Hapus
  9. Daku baru tahu dengan istilah insting nesting dan jadi tambah wawasan baru karena berkunjung ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Semoga infonya bermanfaat ya kak..

      Hapus
  10. Wah..di akulaku bisa mengajukan pinjaman tunai? Wih ecommerce satu ini multi fungsi banget yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa juga ya kak... Mantab lah...

      Hapus
  11. wah bener banget ya..kalau udah di trisemester ketiga jadi pengen belanja macem2. kalau mau kredit pastikan memilih kedit dengan bijak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Makanya walau bisa dilakukan dengan kredit tetep harus dikontrol dengan limit ya kak...

      Hapus
  12. Sehat teruss bumill,,semoga lancar sampai melahirkan. Jangan kalap aja ya kak belanjanya heuheuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih doa nya kak... Nanti aku sampaikan Ama sahabatku ya...

      Hapus
  13. Semoga banyak masyarakat semakin terbantu dengan virtual kredit ini ya mba.. dan bijak juga dalam pemakaiannya tentunya tidak kredit jika memang tidak dibutuhkan, karena dapat mengganggu keuangan keluarga juga jika sampai tidak mampu membayar cicilan kreditnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup... betul sekali kak... meski pengajuan kreditnya mudah tetap harus ada kontrol juga ya, agar keuangan keluarga tidak malah jadi kacau.

      Hapus
  14. jdi pengen beli hp dari aku laku, prosesnya mudah ya mbak ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      yuk mulai lakukan pengajuan kreditnya...

      Hapus
  15. baru dengar istilah Nesting ini mbak, hehee Smoga dedek bayi lancar lahirnnnya yah mbakkk
    TFs utk sharing artikelnya mbake ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      terima kasih doanya ya kak, nanti insya Allah aku sampaikan sama temanku itu...

      Hapus
  16. Baru tau Nat istilah nesting dalam kehamilan. Btw lumayan juga nih Akulaku bisa dikredit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baca tulisan ini jadi tambah perbendaharaan istilah ya kak, seneng bisa berguna infonya...

      Makasih sudah mampir kak...

      Hapus
  17. Kuy harpitnas, jangan dilewatkan yah apalagi yang promo 1000, mau banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk siap siap shopping kak... hati-hati jangan sampai kalap ya kak..

      Hapus
  18. Kadang2 butuh tempat curhat yang pas ya, supaya potensi masalah kayak insting nesting bisa segera direm. Apalagi ibu hamil besar kan makin lemah fisiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget kak... itu sebabnya sebisa mungkin aku tetap ada buat dia kak...

      makasih sudah mampir ya kak...

      Hapus
  19. Noted nih infonya, untuk panduan saat istriku hamil nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... senang kalau info yang disampaikan di tulisan ini bisa berguna untuk kaka.. Salam buat istrinya ya kak...

      Hapus
  20. teman ku pernah recommend belanja di akulaku tapi aku belom pernah nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      hayuk atuh dicoba shopping di akulaku, psstt... hati-hati ketagihan ya kak...

      Hapus
  21. secara saya masih single, pas baca judulnya nesting yang kebayang langsung rantang besi buat naik gunung. wkwkwkwk.. *lalu mendadak kangen nanjak laagi*
    kebetulan adik saya juga lagi masuk trimester terakhir nih jadi terbantu deh sama tulisannya.
    btw, jauh2 hari dia udh mesan ke saya "Mbak, di rumah sudah ada barang A, B, C dan D, Nanti mbak beliin saya yang ini aja ya. *brb ngecek isi dompet dan akulaku*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      jangan lupa adeknya didampingi ya kak saat melalui insting nestingnya, jangan sampai kalap...

      salam buat adeknya kak... semoga sehat selalu...

      Hapus
  22. Wah Akulaku menawarkan untuk mendapatkan semua produk impian dengan sistem pembayaran kredit ya? Duh keren banget ini meringankan beban bumil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kak.. untuk bumil kan mendingan uangnya ditabung buat persiapan proses persalinan nanti ya...

      Hapus
  23. Jadi makin banyak pilihan untuk belanja online. Kalau ini malah bisa nyicil segala, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak...

      pembayaran secara kredit jadi keunggulan dari akulaku ya kak...

      Hapus
  24. Wah pas banget baca ini disaat sedang hamil TM-3 juga, baru tahu tentang insting nesting. Walaupun di kehamilan kedua ini jauh lebih santai saat persiapan keperluan Baby alias gak kalap seperti saat persiapan perlengkapan anak pertama dulu, tapi kayaknya perlu nih visit ke Akulaku, hihi. Makasih infonya ya Mbaaa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak..

      wah selamat ya atas kehamilannya, semoga sehat selalu ya kak...
      yuk ceki ceki akulaku buat belanja perlengkapan bayi nya, uang yang ada mending disimpan dulu untuk persalinan nanti kan...

      makasih sudah mampir ya kak

      Hapus
  25. Wah baru tahu kalau istilahnya insting nesting.
    Emang setiap ibu pengen anaknya nyaman yaaa... wah akulaku ini kyknya meringankan beban ibu2 yg pengen bikin nyaman calon babynya yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau infonya berguna kak... Siap hamil lagi kak...? kan ada akulaku... hehehe

      Hapus
  26. Wah mantab deh di akulaku nih komplit banget ya. Jadi penasaran, mereka jual apalagi yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      Yuk ceki ceki akulaku kak, hampir semua kebutuhan sehari-hari kita ada loh di akulaku...

      Hapus
  27. baru ngerti istilahnya insting nesting. Aku suka sih belanja waktu menjelang lahiran tapi lebih suka jalan-jalan mumpung belum gendong anak. Hahaha.
    Belanja online meski mudah, hati-hati kalap ya terus biaya mengasuh anak itu besar, jangan sampai terlilit utang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak...

      Setuju banget kak... meski mudah, tetap harus ada kontrol diri dalam belanja ya kak

      Hapus
  28. baru tahu deh istilah ini yang aku tau mah empty nest ternyata ada istilah insting nesting xixixi..
    duh aku sedih ditolak pengajuannya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      kalau pengajuannya ditolak setelah tanggal 20 Agustus ada kompensasi loh kak... Coba hubungi customer service akulaku deh kak...

      Hapus
  29. bisa jadi mood booster banget ya mba.. apaagi kalo lagi hamil, maunya banyak dan harus terpenuhi.. dengan akulaku semua bisa ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget kak... kalau cara nya benar, insting nesting ini kan juga bisa jadi mood booster

      makasih sudah mampir kak...

      Hapus
  30. uwaaaa koo pas nya aku lagi pengen hamil hehhehe . dirimu lg hamil kah mbak?? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak...

      hihihi... yuk hamil lagi... yang hamil ini temanku kak, kalau aku mah sudah cukup ah...

      Hapus
  31. cari diskonan di akulaku memang menyenangkan yah, gak perlu capek belanja keliling mall.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak... ini salah satu keunggulan belanja online ya kak, tidak perlu bercape ria keliling mall

      Hapus
  32. Oh itu ada istilahnya ya. Ta kirain cuman keviasaan aja klo mau lahiran sibuk ngurusin segala printilan bayi hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... istilah ini memang masih kurang familiar ya di telinga, Alhamdulillah kalau dengan membaca tulisan ini bisa mendapat tambahan istilah baru...

      Hapus
  33. Baru tahu ada istilah ini, Mba. Kayaknya waktu hamil dulu saya gak ngalamin ini deh, soalnya baru belanja perlengkapa bayi setelah bayinya lahir, hehehe ��

    BalasHapus
  34. jujur baru tau kalau manusia juga punya insting nesting.

    BalasHapus
  35. Aku baru tahu nih tentang insting nesting. Makasi ya udah bikin tulisan ini. Jadi nambah pengetahuan deh

    BalasHapus
  36. Ooh, aku baru tau istilahnya. Maklum, belum punya baby, hehe
    Eh suami aja belum punya. Hahaa

    BalasHapus