Langsung ke konten utama

masak pakai MSG enak tapiii....





Saya sebagai ibu dari trio kroco,pasti pengen banget memberikan masakan yang enak,hemat (tetep...),dan sehat tentunya... Nah sayangnya saya tuh bukan chef yang selalu bisa meracik bumbu ini itu jadi sajian ala resto,yang saya bisa ya paling resep resep masakan standar ala emak emak rempong dengan tiga anak kecil... Hayo ada ga yang sama kaya saya??
Sebenernya sekarang mah banyak banget tuh bumbu bumbu instan yang beredar di masyarakat kita,yang bisa bikin orang jadi chef dalam sekejap... Mau masak rendang misalnya,udah ga jaman lagi ngulek ngulek bumbu dasarnya,lha wong sekarang udah ada bumbu instan rendang kok,tinggal cemplung cemplung jadi deh tuh rendang... Simpel banget tapiiii yang jadi dilema buat para emak emak itu adalah soal tingkat keamanan dari si bumbu instan itu tadi... Mmm sebenernya mungkin bukan keamanan sibumbu instannya deh,lebih ke keamanan dari kandungan msg di bumbu bumbu instan itu....
Gimana dooong... ?? Pengen praktis tapi takuuutt...
Ada yang bilang msg bikin kanker lah...
Ada yang bilang msg bikin obesitas lah...
Sampe ada juga loh yang bilang msg tuh ga halal...
Sama buuu... Kemaren kemaren saya juga beranggapan seperti itu...
Alhamdulillah,kamis,30maret 2017 lalu  saya dapat undangan dari komunitas wajah bunda indonesia untuk menghadiri acara nova inspiring days 2017... Disana dibahas abis abisan soal fakta dan mitos msg ini... Sedikit banyak saya dapat pencerahan nih soal msg ini... Kita bahas satu per satu ya...

1. 5 rasa dasar
      Selama ini kita hanya tau ada 4 rasa dasar kan??!!, manis,asem,asin,dan pahit..pedes ga termasuk dalam rasa dasar ya,karena pedas sebenernya hanya sensasi terbakar di lidah dan bukan rasa...
Ternyata selain 4 Rasa itu,penelitian terbaru menemukan rasa dasar yang kelima,yang sebenernya masih dalam perdebatan para ahli juga,yaitu rasa umami...
Perdebatan rasa umami bukan dalam hal 'termasuk atau tidaknya dalam 4 rasa dasar' ya,perdebatannya justru lebih ke arah nama dari rasa umami itu sendiri... Sebutan masing masing chef untuk nama umami itu berbeda beda... Ada yang menyebutnya mouth watering, mildness, mouth fullness, delicate and subtle, dan lainnya

2. Penemuan MSG
    Monosodium Glutamat ( MSG) itu adalah salah satu komponen pemberi rasa umami dalam bentuk yang paling murni. Nah,Glutamat ini pertama kali ditemukan oleh prof. Kikunea pada tahun 1908.
Baru dong ditemuinnya?? Iya,karena rasa umami ini bersifat halus,bercampur dan tertutup dengan rasa lain ( terutama asam ), serta berkombinasi dengan garam seperti sodium atau potassium.

3. Kandungan MSG
     Didalam MSG terkandung 12% natrium,10% air, dan 78% Glutamat. Apaan tuh?? Kalau natrium udah pada tau kan... Ya betul... Natrium itu garam... Yang biasa kita pakai untuk memberi rasa asin pada masakan kita... Nah kalau Glutamat ada yang tau ga?? Glutamat itu adalah asam amino yang memberikan rasa gurih atau umami pada masakan. Secara alami glutamat ini juga ada di tomat,udang,ASI,dan lain lain.

4. Proses pembuatan MSG
    MSG yang sekarang beredar dimasyarakat berbentuk butiran butiran kristal itu sebenarnya berasal dari sari tebu murni yang difermentasikan dan dikristalkan... Simpelnya sih proses fermentasi ini kurang lebih sama dengan proses fermentasi pada terasi,bleng,dan yogurth.
Sari tebu murni nya itu dikasih bakteri baik dulu saat proses fermentasi...
Jadi bohong banget tuh kalau ada yang bilang MSG itu ada kandungan sintetisnyasintetisnya.

5. Mitos dan fakta MSG
    Ada banyak bangey nih mitos mitos seputaran MSG ini klo kita bahas sayu persatu bisa sepet mata nanti bacanya bu...nanti kalau ada kesempatan lagi akan saya ulas lebih spesifik soal fakta dan mitos MSG ini...
Intinya kalau diliat dari segi kandungan dan proses pembuatannya saya sih bisa menyimpulkan kalau MSG ini aman untuk dikonsumsi...kalau ada yang mengeluh ada gejala ga enak setelah mengkonsumsi MSG ini ya mungkin karena memang badannya saja yang tidak bisa menerima si MSG itu... Modelnya kaya udang aja,udang aman dikonsumsi tapi untuk beberapa orang udang kan jadi tidak aman... Jadi ya balik lagi ke individu dan badan masing masing ya...
O iya satu lagi... Setelah tau MSG ini aman ya jangan langsung pakai dalam jumlah yang besar ya... Mentang mentang aman... Hehehe... Ingat sesuatu yang berlebihan hasilnya ga akan bagus buat kita... Jangankan MSG,garam dan gula aja kalau berlebihan kan ga bagus buat badan kita....

So,sekarang tetep sajikan masakan yang enak tanpa ribet meracik bumbu ya bu ibu... Ga usah takut lagi yaaa...

Jangan lupa follow fp www.facebook.com/kreasinatara dan instagramnya @kreasi_natara ya bu ibu....

Komentar

  1. Setuju Mb.. Aku jg ga tipe yg anti msg kok.. Ttp pake, asalkan dlm bts wajar :) ..toh itu dipake sedikit aja jg udh bikin rasa enak sbnrnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mbak... Hehehe...

      Hapus
    2. Bedanya msg, vetsin, sama micin apa bun?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…