Langsung ke konten utama

Saluran Cerna Sehat, Tidur Anak Pun Semakin Nyenyak

Saat melihat ketiga buah hati ku, Nata, Nara dan Nada, tertidur dengan begitu nyenyaknya, akan memberi kesenangan tersendiri buatku... selain aku bisa melanjutkan pekerjaan rumah yang sempet terbengkalai karena ketiga bocah ini tidak mau ditinggalkan, ternyata ada begitu banyak manfaat di balik tidur siang nya mereka ini loh...

Saat anak anak tidur siang, tubuhnya akan memproduksi hormon pertumbuhan sehingga akan terjadi proses growth spurt  yang akan mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya... Selain itu, tidur siang yang cukup pun akan membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat serta membuat suasana hati nya lebih bahagia. Oleh karena nya, aku selalu berusaha sebisa mungkin untuk membuat mereka bertiga tidur siang dan mendapatkan semua manfaatnya...


 Sayangnya, ini tidak semudah yang kita bayangkan. Karakteristik perilaku ketiga nya saat ini cenderung aktif... Terutama pada Nara dan Nada yang sedang memasuki masa balita, mereka sedang senang senang nya bereksplorasi dengan keadaan sekitar. Saking aktifnya mereka bereksplorasi itu membuat keduanya agak sulit tidur siang. Aku pun sempat khawatir mereka tidak bisa mendapat apa yang seharusnya mereka dapatkan dari tidur siangnya. Beberapa cara pun aku lakukan agar mereka bisa kembali tidur siang dengan nyenyak. Alhamdulillah cara ku ini agaknya berhasil loh...

Nah ada beberapa cara yang aku terapkan pada ketiga anakku agar mereka bisa rutin tidur siang dengan nyenyak...

1. Matikan TV, jauhkan gadget

Jujur aku agak sewot sama stasiun televisi yang menyiarkan film anak anak di jam jam tidur siang ini, tapi ya ga mungkin juga kan  aku labrak itu stasiun TV... Hihihi... Oleh karena itu agar perhatian ketiga anakku tidak terpusat ke film kartun itu ya sekalian saja aku matikan TV nya... 
Kalau untuk aku sendiri, demi menidurkan mereka maka aku  akan menjauhkan diri dulu dari gadget... Fokus pada mereka dulu lah...

2. Ciptakan suasana yang nyaman.

Karena suasana bekasi tempat kami tinggal memang agak panas, maka untuk membuat ketiganya nyaman, aku pun tidak akan lupa menyalakan kipas angin untuk mereka... Dengan jarak yang cukup aman pastinya...

3. Temani anak tidur

Biasa nya aku akan menemani sampai mereka bertiga benar benar pulas tertidur... Aku yakin dengan menemani nya, mereka akan merasa nyaman dan aman sehingga bisa cepat terlelap. 

4. Jaga kesehatan anak

Memang benar kalau tidur siang itu bisa membuat badan anak menjadi lebih sehat, tapi tidak bisa dipungkiri juga kalau kesehatan anak pun berperan penting dalam kenyenyakan tidur anak itu sendiri.
Si kecil tidak akan bisa tidur siang dengan nyenyak bila kesehatan nya terganggu...
Oleh karena itu aku selalu berusaha menjaga kesehatan ketiga anakku itu secara keseluruhan dengan memberi nya makanan bergizi seimbang agar bisa meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuhnya, sehingga akhirnya mereka pun bisa tidur siang dengan nyenyak lagi.

Agaknya usaha ku ini memang berhasil, terutama soal menjaga kesehatan mereka yang terbukti amat erat kaitannya dengan kenyenyakan tidur ketiga anakku.

Dalam usahaku menjaga kesehatan ketiga buah hati ku ini, aku pun terus menggali informasi dari berbagai sumber... Ternyata 80% dari sistem imun manusia baik yang masih kecil ataupun yang sudah dewasa itu terletak di saluran cerna loh...

Bahkan para ahli medis sepakat bahwa kesehatan saluran cerna kita adalah cermin kesehatan tubuh secara umum. Ini bisa diartikan, jika saluran cerna kita baik maka kesehatan tubuh kita pun Insya Allah akan baik pula. Dan jika kesehatan tubuh kita baik maka kualitas tidur kita pun akan menjadi baik pula. Belibet ga sih bahasanya...

 Intinya bisa dibilang kalau kesehatan saluran cerna ini amat mempengaruhi kualitas tidur seseorang terutama anak anak. Jadi sebagai orang tua yang ingin mendapatkan segudang manfaat dari tidur siang bagi anak, jangan sampai kita mengesampingkan soal kesehatan saluran cerna ini ya moms...


Bicara soal saluran cerna, aku pernah mengalami pengalaman buruk nih moms... Pernah suatu kali putri ketiga ku, Nada, terserang diare yang lumayan parah. Frekuensi buang airnya terbilang cukup sering. Karena diare, tidur nya Nada jelas tidak nyenyak dong, bawaannya gelisah terus... Ini jelas membuat ku sebagai ibu nya menjadi khawatir...
Alhamdulillah semua bisa terlewati dengan baik setelah nada dibawa ke dokter.

Nah di dokter itu aku pun mendapat penjelasan bahwa ternyata diare ini masih merupakan penyebab nomor satu kematian pada bayi dan balita di Indonesia. Riset nasional pun menyebutkan bahwa 31,4% dari kematian bayi dan 25,2% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare. Diare bisa membunuh bayi dan balita bila menyebabkan dehidrasi tingkat berat dan telat penanganan.
Merinding aku mendengar penjelasan dokter tersebut... Ternyata masalah kesehatan cerna itu tidak bisa dianggap remeh ya moms... Karena diare amat berkaitan dengan saluran cerna kita...

 Masih menurut dokter yang merawat nada saat itu, Penyebab utama diare antara lain infeksi rotavirus, infeksi bakteri bakteri jahat lain dari benda benda kotor disekitarnya, alergi, susu formula yang tidak diolah dengan tepat, keracunan makanan, flu, ataupun konsumsi antibiotik.
Dan cara pencegahan diare yang paling utama adalah menjaga kesehatan saluran cerna kita agar kita memiliki sistem imun yang baik sehingga tidak terserang diare.

Jadi, sekali lagi aku tekankan moms, ternyata agar anak kita bisa tidur dengan nyenyek maka kita harus selalu berusaha se bisa mungkin menjaga kesehatan saluran cerna nya ya moms...

Alhamdulillah banget saat aku sedang membutuhkan tambahan ilmu soal kesehatan saluran cerna ini, aku diundang untuk menghadiri acara Interlac and blogger gathering  pada sabtu, 30 september 2017 lalu, yang menghadirkan dr. Intan Diana Sari , selaku head of medical PT Interbat, sekaligus sebagai pembicara di acara tersebut.


Menurut dr Intan, Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik atau disebut juga sebagai Probiotik yang hidup didalamnya. Sebenarnya probiotik ini sudah ada secara alami dalam saluran cerna setiap manusia, hanya saja terkadang jumlahnya yang kalah banyak dibandingkan bakteri jahat karena gaya hidup kita yang kurang sehat, dan dampakmya akan mengakibatkan kesehatan saluran cerna manusia menjadi agak terganggu.

 untuk orang dewasa saja kekurangan probiotik bisa mengganggu sistem imun tubuh, apalagi untuk anak anak anak yang jelas jelas sistem imun tubuhnya masih amat sangat rentan.
Oleh karena itu aku pun mengikuti rekomendasi ahli kesehatan untuk menambah probiotik atau bakteri baik pada saluran cerna ketiga anakku dengan rutin memberikan suplemen probiotik yang efektivitas dan keamanannya sudah terbukti secara klinis dan diakui oleh BPOM, Probiotik Interlac

Probiotik Interlac adalah probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO, seperti dapat bertahan hidup di saluran cerna, tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, menghasilkan zat anti mikroba, mampu melawan bakteri jahat, serta terdokumentasi penelitian klinis yang baik.

Probiotik interlac yang diimpor oleh Pt Interbat ini merupakan satu satunya probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus Reuteri Protectis, solusi aman dan efektif untuk berbagai macam gangguan saluran cerna. Probiotik Lactobacillus Reuteri Protectics ini merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia mengenai manfaat dan keamanannya, dan telah dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader In Probiotics.
Tak tanggung tanggung hingga hari ini saja sudah ada lebih dari 160 uji klinis pada lebih dari 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan Lactobacillus reuteri protectics pada manusia.

 Dalam memilih probiotik ini kita memang tidak boleh sembarangan karena ternyata ada probiotik yang sudah teruji manfaatnya, ada juga yang belum memiliki dukungan scientific untuk klaim kesehatannya. Ini yang menjadi alasan para dokter pun akhirnya merekomendasikan probiotik Lactobacillus Reuteri protectics dari BioGaia ini.

Baiknya lagi, probiotik Interlac ini tersedia dalam beberapa bentuk yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Ada oral drops yang bisa dengan mudah kita berikan pada anak dibawah 1 tahun, dalam bentuk sachet untuk anak usia 1-3 tahun dan tablet kunyah untuk kita para orang dewasa...


Varian Oral Drops Interlac ini masih menjadi satu satunya probiotik berbentuk tetes di Indonesia. Sediaan Varian ini amat memudahkan kita saat memberikan probiotik pada bayi, bahkan bayi yang baru lahir atau bayi prematur pun bisa dengan mudah mendapatkan tetesan probiotik layaknya imunisasi. Yup, saking amannya produk ini, para dokter pun tidak ragu menyarankan pemberian Oral Drops Interlac ini sebagai terapi bayi lahir prematur.

Oral Drops Interlac ini cocok banget untuk aku berikan pada putri ketiga ku, Nada, yang masih berusia 2 tahun.
Aturan pakai oral drops Interlac pun sangat praktis dan ekonomis banget, aku hanya perlu memberi Nada 5 tetes per hari saja, dengan  menggunakan sendok agar higienitas nya tetap terjaga. Rasa dari oral drops Interlac ini tidak pahit loh, hanya netral saja, jadi tidak akan membuat Nada 'trauma' karena rasanya.
1 botol Oral Drops Interlac ini berisi 5 ml probiotic, atau sekitar 125 tetes, jadi bisa digunakan untuk 25 hari kedepan.


Ada juga Interlac Sachet  yang biasa aku pakai untuk abang Nata dan Aa nara, kedua kakak Nada. Interlac sachet ini memang diperuntukkan bagi bayi dan anak yang tidak suka dengan pemberian probiotik dalam bentuk Oral drops. Pemberian Interlac Sachet ini bisa dengan cara melarutkannya dengan sedikit air dan memberikannya dengan menggunakan sendok.

Bentuk serbuk dari Interlac Sachet ini juga membuat kita bisa mencapurkannya pada makanan atau minuman bayi atau anak kita... Tenang, rasa Interlac sachet ini netral, jadi tidak akan merusak rasa makanan buah hati kita.
Yang penting, pastikan semua Serbuk Interlac Sachet tersebut benar benar termakan oleh anak kita ya... Jangan sampai ada yang tertinggal... Karena manfaatnya yang begitu banyak, sayang banget kan kalau ada yang tidak termakan oleh anak kita.

Dalam 1 boks Interlac Sachet ini ada 30 sachet yang bisa kita gunakan sampai 30 hari kedepan. Ekonomis kan moms hanya 1 sachet per hari saja sudah mencukupi kebutuhan probiotik untuk saluran cerna anak anak kita..


Selain dalam bentuk Oral Drops dan Sachet serbuk, Interlac juga tersedia dalam bentuk Tablet Kunyah loh...  Tablet Kunyah Interlac ini diperuntukan untuk penggunaan Interlac pada anak dan dewasa.
Ada dua rasa tablet kunyah yang bisa kita pilih sesuai selera kita , rasa strawberry dan rasa lemon.
Tablet kunyah interlac ini biasanya digunakan untuk anak diatas 4 tahun dan dewasa, dosisnya pun sama ekonomisnya dengan varian interlac yang lain, hanya satu tablet per hari saja.
 Tablet kunyah Interlac berisi 30 tablet dan  bisa digunakan sampai 30 hari kedepan.


Semua varian produk Intelac ini bisa kita dapatkan di guardian, apotek terdekat, Halodoc, Go-med App, dan  Lazada.co.id

Kehadiran Interlac di keluarga ku amat berarti, karena setelah ada Interlac ini kesehatan saluran cerna keluarga ku lebih terjaga, dan otomatis anak anak menjadi lebih sehat dan bahagia serta tidur nya pun bisa lebih nyenyak tentunya...
Interlac Probiotics - Healthy Tummy Happy Baby

Nah buat kalian yang ingin tau lebih banyak soal Interlac dan membuktikan sendiri manfaat manfaatnya bisa langsung mengunjubgi website resmi dan semua sosial media dari Interlac Interlacprobiotics

Website.    : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook  :  interlacprobiotics


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…