Langsung ke konten utama

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rutin bulanan seperti sewa rumah, listrik, spp sekolah anak dan lain lain tetap menjadi kewajiban bulanan yang harus kami tunaikan... Ini sangat sangat tidak mudah... Ditambah lagi kami pun harus memiliki tabungan untuk menghadapi 'masa paceklik', yaitu masa dimana si ayah tidak bisa dagang karena sekolah tempatnya dagang libur, kalau cuma libur sehari atau dua hari karena tanggal merah sih wajar, tapi kalau sudah memasuki masa libur panjang ini yang tentu harus kami persiapkan dari jauh jauh hari...




Jujur, dulu aku sering mengeluhkan hal ini... Tapi seiring berjalan nya waktu, aku pun semakin sadar kalau mengeluh tuh tidak ada untungnya... Aku pun menemukan beberapa trik khusus untuk menyiasati masalah keuangan keluarga kami ini... Trik menyiasati pengeluaran bulanan bagi kami yang berpenghasilan harian, Nah berikut diantaranya...

1. bagi bagi pengeluaran bulanan menjadi pengeluaran harian.
Kami sudah memiliki hitung hitungan tersendiri soal ini... Jadi yang tadinya merupakan pengeluaran bulanan, kami bagi menjadi pengeluaran harian... Misalnya saja untuk sewa rumah Rp 600.000,- per bulan, maka itu berarti sama dengan Rp 20.000 per hari bagi kami...

2. Pakai sistem dompet bersekat
Sistem ini tidak jauh berbeda dengan sistem amplop yang terkenal itu... Hanya saja demi penghematan amplop, aku sih lebih memilih memakai sistem ini... kebetulan aku memang memiliki dompet dengan sekat sekat banyak  yang agak besar, dompet ini pun akhirnya aku modifikasi sedikit dengan menambahkan label label pos pengeluaran nya... Setiap harinya kami akan 'membayar' pengeluaran bulanan kami kesitu...

3. Disiplin 
Mau tidak mau kami memang dituntut untuk disiplin tingkat tinggi, karena tidak 'membayar' satu hari saja tentu akan sangat berpengaruh pada jumlah total di masa pembayaran nanti nya...
Lalu, Bagaimana kalau pada satu hari kami sedang tidak ada uang ?? Yah namanya juga dagang, adakalanya rame ada waktunya juga sepi, nah saat kami tidak ada cukup uang untuk 'membayar' , Maka kami sepakat menganggap nya sebagai hutang yang harus dibayarkan esok hari nya... 'Hutang' ini tentu membuat si ayah jadi lebih bersemangat keesokan harinya

4. Jalani saja, stop mengeluh
Percayalah rejeki tidak akan tertukar karena sudah ada yang mengatur... Allah itu selalu memberikan rejeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kita tapi bukan gaya hidup... Jadi kalau kita merasa kurang, mungkin justru gaya hidup kita yang harus dirubah... Setiap orang itu sudah ada jatah rejekinya masing masing...

5. Jangan lupa nabung
Diawal aku udah cerita soal ' masa paceklik' kami kan ??!... masa dimana si ayah tidak dagang karena sekolah sekolah  tempatnya berjualan libur... Nah agar kami tetap bisa melanjutkan kehidupan seperti biasa, kami jelas harus memiliki persiapan, Apalagi kalau bukan tabungan...

beberapa waktu yang lalu kami masih memakai sistem celengan... Jadi kami mencoba mendisiplinkan diri nyelengin uang koin yang didapat si ayah tiap hari nya...jumlahnya tentu tidak pasti... Pokoknya koin aja gitu... Koin pecahan seribu dan lima ratus yang didapat si ayah setiap harinya akan menjadi 'jatah celengan' kami... Walaupun hanya koin saja tapi kadang lumayan banyak juga loh... Koin koin ini kami pisah kedalam dua celengan yang kami buat sendiri dari bekas toples sosis... Dan Nantinya akan kami buka saat masa paceklik itu tiba...


Cara seperti ini terpaksa kami pakai karena lokasi rumah kami yang agak jauh dengan bank. Pernah suatu waktu mencoba menyetorkan tabungan kami itu ke Bank, tapi jadi tidak efektif karena ongkos yang kami keluarkan justru lebih besar dibanding jumlah tabungan yang kami setorkan... Belum lagi waktu yang seharusnya bisa kami pakai untuk mencari tambahan penghasilan juga harus terbuang sia sia karena antrian di bank yang cukup panjang...

Alhamdulillah itu adalah masalah dulu, karna untuk urusan tabung menabung ini sekarang tidak lagi menjadi masalah untuk kami, sebab sudah ada  produk tabungan online dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati atau lebih dikenal dengan sebutan Sahabat UKM, yang amat memudahkan para UKM seperti kami ini. Apalagi kalau bukan SOBATKU, Simpanan Online Sahabatku.

SOBATKU, Simpanan Online Sahabatku

SOBATKU merupakan tabungan online berbasis aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuka tabungan cukup dengan smartphone kita. Ini serius... Kita tidak perlu berlama lama antri di CS Bank untuk sekedar membuka rekening. Kita hanya perlu mendownload aplikasi nya di google play atau app store saja secara gratis. Aplikasi SOBATKU ini juga cukup ringan di smartphone jadi tidak akan membuat handphone kita nge hang...  Selanjutnya, kita bisa langsung mengisi form yang berkaitan dengan data diri serta mengupload foto diri dan KTP tentunya... Maka kita pun sudah langsung memiliki rekening di SOBATKU dan otomatis sudah bisa menikmati semua layanannya...


Mudahnya, nomor handphone yang kita gunakan itu lah yang menjadi nomor rekening kita. Jadi kita tidak perlu menghapal no rekening panjang yang asing di telinga kita lagi...
Buatku yang pelupa, ini jelas amat membantu, tak ada lagi deh istilah "salah kasih no rekening " untuk fee tulisan... Siapa sih yang tidak hapal no handphone sendiri...??!! Hihihi

SOBATKU dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology ( fintech ) dengan berbagai fitur nabung dan transaksi yang mudah, gratis, dan praktis. Sesuai dengan misi KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM, SOBATKU memang dirancang untuk mendukung kemajuan para UKM di Indonesia. Selain kemudahan dalam pembuatan rekening nya tadi, SOBATKU juga memanjakan nasabahnya saat akan bertransaksi, baik itu menabung, tarik tunai, transfer ataupun melakukan pembayaran rutin nya.






Menabung di SOBATKU

 Untuk menabung di SOBATKU, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, berikut diantaranya...

1. Setoran tunai di alfamart atau alfamidi

 kita bisa langsung saja mengajukan permintaan setoran tunai kita melalui " Top Up Loket Sahabat" pada kasir. Sebutkan juga nomor rekening SOBATKU atau nomor handphone kita serta nominal setoran nya juga... Maka petugas kasir akan memproses permintaan kita. Walaupun nantinya kita juga akan menerima notifikasi melalui email, tapi biar lebih tenang, tidak ada salahnya kalau kita juga mengecek saldo SOBATKU melalui aplikasi di smartphone kita.

2. Melalui Teman
Kita bisa menabung di SOBATKU melalui teman dengan cara memberikan dana tunai pada teman yang memiliki tabungan di bank manapun, baik itu di SOBATKU juga atau di bank konvensional lainnya. Nantinya temen kita tersebut bisa langsung melakukan transfer ke rekening SOBATKU milik kita.
Untuk urusan transfer mentransfer ini no rekening kita adalah no virtual akun yang ada di profil akun SOBATKU kita, ga jauh beda sama no rekening kita kok... Hanya ada tambahan 4 digit angka di depannya... Misalnya seperti punyaku hanya ada tambahan 8234 didepan no handphone ku. No handphone ku yang terdaftar di SOBATKU adalah 08380675****, Jadi no virtual akun ku adalah 823408380675****. Gampang diingat kan... ??!!
Nah untuk teman yang memiliki rekening di bank lain, jangan lupa memasukkan kode bank Sahabat Sampoerna yaitu 523 saat akan melakukan transfer ke rekening SOBATKU kita.

3. Setoran Tunai melalui Cabang Sahabat UKM
Kalau sempet kita juga bisa langsung menyetorkan tabungan kita di teller teller cabang sahabat UKM. Untuk info lokasi cabang nya bisa kita dapat di website resmi Sahabat UKM http://www.sahabat-UKM.com/jaringan-kantor/ .

Tarik Tunai di SOBATKU

Selain kemudahan dalam setoran tunai nya,SOBATKU juga memberi kemudahan  dalam proses tarik tunai nya. 
Tarik tunai di SOBATKU bisa dilakukan di alfamart atau alfamidi dan cabang cabang Sahabat UKM juga loh...
Proses yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan saat kita melakukan setoran tunai, hanya saja untuk keamanan, akan ada kode OTP ( One Time Password ) yang akan dikirim ke HP kita melalui SMS untuk kemudian diinfokan pada petugas yang melayani prosesi tarik tunai kita, selanjutnya petugas akan langsung memproses nya dan setelah transaksi sukses, kita pun akan menerima notifikasi nya juga melalui Hp kita.

Bayar dan beli di SOBATKU

Di SOBATKU kita juga bisa melakukan pembayaran dan pembelian rutin bulanan kita loh... Urusan pembayaran Telkom, Internet, Hp pasca Bayar, TV kabel, PDAM, maupun PLN pun menjadi mudah, karena bisa dilakukan hanya melalui handphone kita saja. Tidak perlu lagi antri antri di loket loket pembayaran deh... Waktu yang tadinya untuk antri bisa kita gunakan untuk mencari tambahan penghasilan kan...



Program Undian SOBATKU

Dengan menabung di SOBATKU, kita juga berkesempatan memenangkan hadiah  Undian Milyaran Rupiah yang diundi tiap bulannya. Hadiah grand prizes nya woooww banget loh...
 Ga tanggung tanggung... Rp 100.000.000 bo... Yang diundi tiap tiga bulan sekali... Selain itu ada juga hadiah yang diundi tiap bulan juga loh... 
Nabung terus di SOBATKU dan kumpulkan poin sebanyak banyaknya agar kesempatan menang kita semakin besar. Aku sendiri sih berharap banget bisa ikut merasakan manisnya nabung di SOBATKU ini dengan mengikuti undian nya. 
Seperti kata pepatah "Sambil menyelam minum air" ...Sambil nabung sekalian ikut undian milyaran rupiah nya... Keren kan... ??!!


Pemenang grand prizes undian 100 jt... 
Photo by Anissa deasty


Buat keluaga kami, adanya SOBATKU ini seakan menjadi oase tersendiri. 
SOBATKU menjadi jawaban atas keriweuhan kami soal tabungan lewat kemudahan kemudahan bertransaksi nya.
Dan yang terpenting SOBATKU juga memberi kami kesempatan untuk bisa jadi jutawan melalui undian milyaran rupiah nya.

Yuk para UKM, download aplikasi nya... Daftar akun rekeningnya... rasakan sendiri manfaat manfaat serta kemudahan kemudahan nya... Dan ikuti undian milyaran rupiah nya...




" Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi."



Komentar

  1. Wah seru banget nih selain kita bisa nabung dengan sangat mudah bisa dapet undian juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. undiannya bikin mupeng lagi ya mbak... hihihi... 100 jeti boo...

      Hapus
  2. wah berguna bgt buatku sarannya mbac�� thanks sudah sharing

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nabung dan mengajarkan anak menabung nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk semangat nabung... kalau orang tua nya semangat nabung InsyaAllah anak anak nya juga ikut semangat nabung...

      Hapus

  4. Patut ditiru nih perjuangannya. Menabung itu penting yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting banget mbak... kudu semangat nabung ya... :)

      Hapus
  5. Ya allah terharu baca dari awal segimananya perjuangan demi kehidupan yang lebih baik, Terima kasih sudah menginspirasi saya bahwa menabung itu mudah dan tidak repot lagi antri atau berjalan lama, dengan adanya terobosan baru ya dari SOBATKU mau tanya dong mba saldo awal berapa untuk menabung di SOBATKU? ada ATM nya ga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak... untuk buka rekeningnya ga ada saldo juga bisa kok mbak... selanjutnya bisa isi rekeningnya di alfamart atau alfamidi minimal 50rb aja...

      Hapus
  6. Itu suaminya jualan apa mba? Sungguh aku salut akan perjuangan dan cara kalian dalam mengatur pengeluaran
    Tipnya bermanfaat banget ini.

    Btw baru tahu ada aplikasi baru SOBATKU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah suamiku jualan makaroni telur mbak... jajanan anak sekolah... Insya Allah itulah yang memang usaha berkah untuk keluarga kami... :)

      Hapus
  7. Wah..sekarang menabung jdi mudah ya dengan sobatku,mau ikutan juga ah...biar jd disiplin menabungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. disiplin menabung itu penting banget mbak... yuk semangat nabung...

      Hapus
  8. saya suka tabungan digital , jadi mudah dan ga perlu repot ke bank konvesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa transaksi tanpa harus ke bank konvensional emang bikin semua jadi lebih kudah ya mbak... :)

      Hapus
  9. Semangaaat menabung
    jadi pengen nabung pke receh seruuu ky y 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung pake receh seru... tapi lebih seru lagi nabung di SOBATKU loh... :)

      Hapus
  10. wuihhh ke minimarket jg bisa buat nabung ya sekarang, canggih nian, keren nih aplikasi Sobatku, unduh dulu aahhh... makasi bnyk infonya bun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak... :) semoga berguna ya..

      Hapus
  11. Maklor apa sih, Mbak? Suaminya berjualan keliling kah? Jadi ingat penjual siomay yang naik ninja. Penghasilannya bikin ngiler pegawai kantoran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaroni telor mbak... jajanan anak sekolah... alhamdulillah rejekinya disitu... :)

      Hapus
  12. Ternyata cara menabung di sobatku sangat mudah dan praktis ya. Saya belum punya tabungan sendiri, masih tabungan bersama dengan suami. Boleh juga nih kalau mau buka rekening baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOBATKU ini cocok juga loh buat para Ibu rumah tangga yang ga sempet ke bank... kan nabungnya bisa sekalian beli sabun di alfa mart atau alfa midi... :)

      Hapus
  13. Tulisan km sangat menginspirasi mb, terus bersyukur. Nabung di sobatku mudah dan dapat poin ya, cuss akhh langsung install

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk instal dan langsung diisi juga dong tabungan nya biar bisa ikut undian nya juga...

      Hapus
  14. Tips2nya untuk mengatur keuangan oke juga, aku dr dulu pengen kyk gitu, tp ga bisa2. Tapi boleh jg tuh ya nabung di Sobatku, jd nabung ga usah repot2 ke Bank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kita niat dan disiplin insyaAllah pasti bisa mbak..
      yuk semangat nabung... :)

      Hapus
  15. Bisa ditiru nih tip mengatur keuangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... yuk semangat nabung... :)

      Hapus
  16. Wah, Mak hebat pengaturan keuangannya, salut. Kakak saya penjual layangan ternyata harus memasukkan unsur cuaca sebagai faktor paceklik, dimana saat musim hujan tidak akan ada pembeli yang datang. Sukses untuk lombanya ya Mak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener, termasuk masa paceklik yang kudu dipikirin dari jauh jauh hari... makasih udah mampir di blog aku ya... 😄

      Hapus
  17. Koperasi sudah semakin keren saja ya berinovasi melalui aplikasi smartphone seperti rekening online Sobatku ini :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman ya... Enak kalau bisa online seperti ini... Ga harus berlama lama antri di bank lagi kan kalau gini...

      Hapus
  18. Kalau penghasilan harian, harus ekstra disiplin. Saya yg hobi jajan harus bisa ngerem...hmmm agak susah sih. Alhamdulillah keluarga km masih bisa nabung. Beruntung ada sobatku, memudahkan nabung karena dekat dg rumah dan praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup... harus ekstra disiplin... salah strategi dikit ya bisa kacau pas waktunya bayar membayar

      Hapus
  19. Kalau lagi ngeliput aja, datang ke alfamart . Jadi gak ongkos ongkosan

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…