Langsung ke konten utama

4 Cara Agar Anak Bisa Kuat Dari Dalam

Semua orang tua yang ada di muka bumi ini tentu menginginkan yang terbaik untuk putra putrinya, terlebih dalam hal kesehatan mereka. Bahkan beberapa orang tua sampai terkesan over protektif menjaga anak anaknya, agar buah hati nya bisa menjadi anak yang kuat dari Dalam. karena anak yang kuat dari dalam itu akan mampu tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya serta tidak gampang sakit.



Alhamdulillah pada tanggal 2 Desember 2017 lalu aku berkesempatan mengikuti Moms Blogger gathering yang bertajuk " Nutrisi dalam keadaan alami, anak kuat dari dalam " di Kembang Kencur Restaurant, Jakarta Selatan.
Dalam acara yang berlangsung kurang lebih tiga jam tersebut, para moms diajak ber talk show ria dengan para nara sumber yang kompeten di bidangnya.



Ternyata untuk membuat anak kuat dari dalam itu tidaklah sulit asal si Orang tua mau memberikan perhatian lebih terhadap hal ini. 
Ada beberapa hal yang bisa dengan mudah moms terapkan dirumah dalam keseharian. Berikut diantaranya...

1. Menjaga keseimbangan asupan nutrisi anak.

Kalau dulu waktu kecil kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna, saat ini ada pedoman gizi seimbang yang bisa kita terapkan  dalam menu sikecil.  Pedoman gizi seimbang ini merupakan piramida makanan yang memungkinkan anak kita mendapat asupan nutrisi secara seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh nya.

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK mengatakan, " Di masa tumbuh kembang, anak anak kita butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein, dan lemak sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari bermacam macam jenis pangan. Nutrisi tersebut  perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaat nya dapat dirasakan oleh organ tubuh yang membutuhkan ", Jelasnya.



2. Memberikan makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya tetap terjaga.

Makanan dan minuman yang mengandung Nutrisi dalam keadaan alami akan dapat terserap dengan sempurna karena mudah dicerna oleh si kecil. Memilih makanan dan minuman seperti ini tidak lah sulit momsl, kita bisa langsung melihat dari proses pengolahannya, tentu dengan memperhatikan jenis makanannya juga ya... contohnya saja seperti sayuran, sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya banyak yang hilang. sebaliknya daging harus dimasak hingga benar benar matang karena kalau tidak maka bakteri bakterinya belum seluruhnya mati.



3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan anak.

Dokter spesialis anak, dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes mengatakan bahwa sistem pencernaan anak adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar, karena sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya Untuk memastikan tubuh bekerja. 



Masalah pencernaan pada anak dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan menghambat anak mencapai kemampuan optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Oleh karena itu jangan sepelekan pentingnya kesehatan sistem pencernaan, pilihlah asupan yang membuat anak kuat dari dalam.

4. Berikan susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak.

Biasanya diusia anak anak, susu memang menjadi asupan nutrisi yang sering dipilih. Susu itu seperti sayuran yang kandungan nutrisinya amat mudah rusak jika melalui proses pengolahan yang panjang dan berulang kali. Oleh karena itu dalam memilih susu untuk buah hati kita juga harus memperhatikan proses pengolahannya juga ya moms...



Untuk membantu anak anak menjadi kuat dari dalam, Friesland Campina, perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan produk susu premium Friso, yang menerapkan konsep Nature Science
Konsep Nature Science ini merupakan rangkaian seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk nya dilakukan oleh Friesland Campina sendiri, sehingga benar benar terjaga kualitasnya. 

Dalam konsep tersebut, FrieslandCampina menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk friso dengan satu kali pemanasan saja. metode ini dipilih agar dapat dipastikan susu tidak di proses dengan pemanasan yang berlebihan sehingga kandungan nutrisi alaminya tetap terjaga dengan baik.



Lebih lanjut, Medical Marketing Manager Friso dr. Rulli P. A. Situmorang menjelaskan bahwa Friso diproduksi dengan menggunakan teknologi LockNutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak, mengingat protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan. 

Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral yang menjadikannya susu pertumbuhan terbaik bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi si kecil.



Dengan keempat cara diatas, Insya Allah kita bisa membuat anak kuat dari dalam agar bisa tumbuh kembang secara optimal dan dapat melakukan berbagai aktifitas seru yang menambah pengalaman mereka.

Komentar

  1. Jadi kayanya lebih mudah bikin sayur tumis ya, biar gak kelamaan proses matangnya, sayang kan kalau nutrisinya rusak krn proses masak kelamaan

    BalasHapus
  2. Sebenarnya mudah ya asal orangtua mau mengikuti keempat cara di atas, insya allah anak-anak bisa kuat dari dalam.

    BalasHapus
  3. Single process memang penting banget, agar pemanasan ngak terlalu lama. Thanks for sharing mbak :)

    BalasHapus
  4. Aamiin mba, sebagai ibu aku jg pingin anak2ku sehat dan tumbuh kembangnya baik. :)

    BalasHapus
  5. Seneng deh kalo anak suka buah dan sayur ditambah susu yang penting emak bapaknya nih yg mesti kerja keras membangun ekonomi lebih baik :)

    BalasHapus
  6. Ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam Friso bagus dan alami ya Mba, jadi salah satu solusi buat bu-ibu untuk supaya anaknya bisa tumbuh optimal dan kuat dari dalam dech.

    BalasHapus
  7. Wah iya, penting sekali nutrisi dalam keadaan alami agar anak sehat.

    BalasHapus
  8. haduh diingatkan lagi supaya memasak dengan cara yang lebih sehat. Musim hujan gini anakku udah batuk pilek :( perlu perbaikan nutrisi

    BalasHapus
  9. Sepertinya cara masak saya selama ini masih jauh dari sehat. *hahaha... kadang juga kita makan yg penting asal kenyang aja yaa.

    BalasHapus
  10. Semenjak acara itu jd merhatiin bener cara masak dan cara bikin susu, supaya nutrisinya tetep terjaga baik :D

    BalasHapus
  11. Anak sehat dan makannya gampang emang jadi bikin emak happy ya..tinggal emaknya nih yang harus pinter2 mengkreasikan makanan anak2 supaya gizinya seimbang dan tdk membosankan, kayak susu Friso ya.

    BalasHapus
  12. Supaya anak memiliki imun yg baik hrslah memperoleh nutrisi.yg baik dari makanan yg dikonsumsi. Susu merupakan pelengkap bkn asupan utama.

    BalasHapus
  13. Mbak, ada typo, aku lupa tapi di bagian mana.

    Friso ini kok kayaknya enak ya, dia bubuk kan ya?
    Gimana kalo dimakan aja gak usah diseduh. ��

    BalasHapus
  14. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    BalasHapus
  15. Yang penting memang ini, membuat anak-anak kita kuat tidak hanya dari luar tapi yang lebih penting adalah kuat dari dalam.

    BalasHapus
  16. Friso susu dengan kandungan yang alami dari dalam, senangnya kalau Azzam berkesempatan meminumnya juga. Apa daya harganya di atas kemampuan orangtua nya.

    BalasHapus
  17. Waaa keempat cata diatas kece banget deh untuk lebih merhatiin nutrisi alami yg masuk kedalam tubuh anak kita

    BalasHapus
  18. Naturescience keren banget. Memangnya ngaruh ya, pemberian pakan sapi sama susu yang akan dihasilkan? Baru tahu, selama ini minum susu, nggak pernah tahu sapinya makan apa kecuali rumput

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah coba susu Friso. Mungkin pas kecilnya anak-anakku dulu belum ada ya susu ini?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rainbow Garden

Eat and play
Sabtu,11 Maret 2017,saya bersama trio kroco berkunjung ke Rainbow Garden, taman bermain baru di wilayah Harapan Indah,Bekasi... Maen kesini nih sebenernya karena penasaran denger seorang temen excited banget pas cerita soal rainbow garden ini... Yang katanya tempatnya asik buat foto foto lah... Yang katanya tempatnya oke banget buat makan makan... Yang katanya tempatnya tuh bagus banget buat main anak anak... Dan katanya katanya yang lain....😂😂😂  Cuss,modal penasaran saya ajak deh tuh trio kroco raun kesana... Sekalian jalan jalan sore lah ya... Agak jauh sih dari gerbang utama Harapan Indah... Jalan lurus ke arah transera water park... Jangan sampai kelewat ya... Posisi rainbow garden ini emang agak kedalam... Persis di belakang pom bensin yang deket transera...  Begitu sampai ke lokasi terjawab lah semua rasa penasaran kami... Dan yang tadinya cuma katanya katanya itu benar benar nyata loh... Memang benar,tempatnya oke punya... Dan yang paling penting ramah di kanto…

Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Beberapa waktu yang lalu, daerah sekitaran rumahku sempat dihebohkan oleh banyaknya warga yang terserang Demam Berdarah Dengue atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD. Dalam satu Rw sudah ada sekitar 5 orang yang terkena penyakit berbahaya tersebut. Tau dong kalau penyakit yang satu ini amat berbahaya bahkan dampaknya bisa sampai pada kematian si penderita. Padahal penyakit berbahaya ini hanya disebabkan oleh binatang kecil bin mungil yang bernama nyamuk. Kesel ga sih denger nya... Binatangnya mah kecil tapi dampaknya amat besar...


Selain nyamuk Aedes Aigypty yang dapat menyebabkan penyakit DBD, chikungunya, dan Zika itu, ada juga nyamuk berbahaya lain yang patut diwaspadai juga loh... seperti Nyamuk Anopheles Sp si pembawa malaria dan nyamuk Culex Sp si penyebab kaki gajah, yang dampaknya bagi manusia pun amat berbahaya.  Ternyata menurut data dari World Health Organization ( WHO ) tahun 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan didunia. Dikatakan demikian kare…

Trik Menyiasati Pengeluaran Bulanan Bagi Si Penghasilan Harian

Mungkin pepatah yang bilang kalau rumput tetangga akan terlihat lebih hijau tuh benar adanya...
Seringkali aku beranggapan bahwa keluarga yang memiliki penghasilan bulanan itu enak, mereka tinggal membagi bagi penghasilan bulanan nya sesuai dengan pengeluaran rutin bulanannya saja, simpel kan...
Walau kenyataannya sih tidak sesimpel itu juga... Karena aku masih sering mendengar keluhan mereka soal 'tanggal tua'... Tapi aku tetap berpendapat demikian...  menurutku, keluhan mereka soal ' tanggal tua' itu ya berarti salah mereka sendiri tidak pandai pandai mengatur keuangan nya...


Ini jelas berbeda jika kita tidak memiliki penghasilan bulanan dan hanya bertumpu pada penghasilan harian saja tapi tetap harus membayar semua pengeluaran bulanan rutin, seperti keluarga ku ini misalnya...
Keluarga kecil yang kami bangun sejak 9 tahun yang lalu ini, hanya bertumpu pada keuntungan harian yang didapat si ayah dari berjualan makanan kecil di sekolah sekolah, tapi pengeluaran rut…