28/02/18

Aku, #MyStyleCasio dan Laporan Keuangan

Masalah hitung menghitung uang adalah hal yang menyenangkan, tapi tak jarang justru menjadi suatu hal yang memusingkan. Apalagi kalau yang dihitung itu adalah uang milik orang banyak, seperti uang kas atau uang sumbangan misalnya. Selain untuk dipertanggung-jawabkan pada khalayak banyak, Hasil hitungan uang milik bersama ini tidak boleh salah karena kelak juga akan dipertanggung-jawabkan didepan-Nya.



Beberapa kali aku sempat dipercaya untuk memegang amanah seperti ini. Tepatnya ketika aku mulai aktif mengikuti kegiatan posyandu diwilayah rumahku hingga kemudian aku pun ikut menjadi kader posyandu tersebut. Aku memang bukan bendahara resminya, tapi kemampuanku yang lumayan keren dalam hal hitung menghitung uang ini, seringkali diandalkan untuk sekedar bantu-bantu dalam membuat rincian biaya serta laporan keuangan jika ada suatu event besar yang diadakan oleh posyandu kami.

Namun meski dibilang keren sekalipun, aku tetap saja merasa ada yang kurang setiap kali menghitung uang bersama ini. Tak heran jika setiap kali ‘ditugaskan’ aku selalu menyiapkan beberapa peralatan tempur wajib untuk meminimalisir kesalahan yang bisa saja aku buat dalam proses hitung-menghitung uang bersama tersebut, Berikut diantaranya...

1. Alat tulis

Buku Laporan, pulpen, pensil, penghapus sampai ke buku khusus oret-oretan adalah hal wajib utama yang harus menemaniku tiap kali akan membuat rincian biaya serta laporan keuangan dalam melaksanakan ‘tugas’ku tadi. Awal nya aku akan membuat laporan tersebut di buku oret-oretan terlebih dahulu, dan setelah memastikan semuanya dalam keadaan benar dan akurat barulah kemudian aku akan memindahkannya ke buku laporan yang sebenarnya.

Cara seperti ini memang membuatku jadi Double job tapi entah kenapa aku merasa lebih tenang dan tentu membuat catatanku menjadi lebih rapi karena insya Allah tidak ada coretan yang tak perlu didalam laporanku tersebut nantinya.

2. Berkas serta data terkait

Ini jelas amat penting, aku adalah tipe orang yang kurang bisa menangkap jika hanya dibicarakan saja tanpa ada data serta berkas terkait dalam bentuk fisik. Gampangnya mah bisa dibilang aku ini tipe orang yang pelupa jadi data dalam bentuk fisik tentu amat membantuku. Semakin banyak data fisik yang bisa aku dapatkan, maka akan semakin baik buatku.

3. Alat hitung

Sekeren apapun keahlianku dalam hal hitung-menghitung, tetap saja aku membutuhkan sebuah alat hitung yang akurat agar laporan keuangan yang aku buat tidak salah nantinya. Yah, biar bagaimanapun aku kan juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Meski sekarang dalam smartphone sudah ada fitur alat hitungnya, entah kenapa aku lebih suka memakai kalkulator. Menurutku, menggunakan kalkulator dalam proses hitung-menghitung tadi jelas amat berbeda rasanya jika menggunakan alat hitung dalam smartphone. Kalkulator terasa lebih nyata pastinya.



Sayangnya, akibat dari sudah adanya fitur alat hitung dalam smartphone tadi membuat para produsen kalkulator menjadi sedikit kurang produktif. Tentunya hal ini membuatku agak kesulitan dalam memilih kalkulator yang pas dihati. Kebanyakan kalkulator yang ada dipasaran terlihat amat kuno dengan tampilannya yang monoton alias begitu begitu saja.

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu, aku dikenalkan dengan Kalkulator Casio oleh seorang temanku. Kalkulator yang diproduksi oleh perusahaan teknologi jepang yang telah berdiri sejak 1946 tersebut, langsung membuatku jatuh hati. Bagaimana tidak...? kalkulator ini amat kece dengan warna-warna cantiknya. Amat jauh berbeda dengan kalkulator yang biasa kita lihat pastinya.
Sebagai emak jaman now, kalkulator dengan warna cantik seperti ini membuatku cukup pede saat harus menggunakannya di depan para ibu kader posyandu lainnya. Bentuk nya pun simpel sehingga membuatku lebih mudah saat harus membawa nya didalam tasku.



Kalkulator casio seri SL-310UC yang aku gunakan ini termasuk dalam kategori Shop yang biasanya ditujukan untuk para pelaku online shop. Kalkulator ini memang didesain dengan banyak warna yang bisa kita pilih sesuai dengan karakter pribadi dan kesukaan kita masing masing.

Salah satu keistimewaan yang aku suka dari Kalkulator casio ini adalah tombol keypad nya yang empuk dan tidak berisik saat dipakai. Ini jelas cukup membantuku mengurangi tingkat stress yang mungkin saja ada saat aku membuat laporan keuangan tadi.



Selain itu, Kalkulator Casio ini juga bisa digunakan tanpa menggunakan baterai loh. Kalkulator ini memanfaatkan tenaga surya saat kehabisan baterai.

Oiya, kebetulan banget loh, saat ini sedang ada diskon untuk pembelian Kalkulator Casio ini di Matahari Mall jika kamu memasukkan kode CASIOBLOGVJ90Z24 saat melakukan transaksi disana.
Jadi, masih ragu buat punya Kalkulator sekece ini...? Hayuk atuh cuss dibeli sebelum diskonnya berakhir...



3 komentar:

  1. Casio emang ke bukti berkualitas dan awet ya mba. Apalagi yang skrg lucu banget warna-warnanya

    BalasHapus
  2. yup... brandingnya sudah kuat banget ya...

    BalasHapus
  3. Siapa tak kenal Casio, kalau udah urusan hitung menghitung brand ini jagonya.

    BalasHapus