27/05/18

Bermain sambil belajar dengan metode montessori di Kids Republic

Saat ini mempersiapkan anak-anak untuk memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar terkesan tidak begitu mudah. Adanya kebijakan yang mengharuskan anak sudah bisa membaca, menulis dan berhitung itu membuat kita sebagai orang tua seolah dipaksa untuk menyekolahkan anak lebih dini.

Hal ini pun akhirnya membuat banyak lembaga pendidikan usia dini yang ‘mencekoki’ anak pra-sekolah dasar tersebut dengan pelajaran yang semestinya baru mereka dapatkan di Sekolah Dasar tadi.



Sayangnya pendapat tersebut kurang sejalan denganku, aku masih berpikiran kalau yang namanya sekolah dasar ya merupakan tahap awal dimana seharusnya anak baru mulai diperkenalkan dengan abjad dan angka tersebut, bukan malah dilakukan jauh sebelum itu.

 Dalam hal ini aku bukan menentang adanya pendidikan anak usia dini, karena pendidikan tersebut juga amat dibutuhkan sebagai pondasi anak dalam memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi nantinya, hanya saja aku kurang setuju dengan kurikulum yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini pada umumnya tadi.



Aku paham betul kalau setiap lembaga pendidikan anak usia dini tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak kita. Tentu tidak ada yang salah atau benar dari masing-masing sistem yang diterapkan, yang ada hanya cocok dan tidak cocok bagi anak dan orang tua nya.

Pendidikan anak usia dini yang sudah mengenalkan abjad dan angka itu juga tidak salah, namun kurang cocok saja untukku. Aku sendiri beberapa kali sempat bersinggungan dengan guru-guru di TK tempat anak keduaku belajar karena merasa tidak sepaham soal beban pekerjaan rumah yang diberikan pada anakku itu.



Nah kali ini, saat si bungsu Nada sudah memasuki usia batita, aku mulai diberondong pertanyaan-pertanyaan seputar perlukah menyekolahkan nada di pendidikan anak usia dini yang memiliki kurikulum sama dengan sekolah tempat kakaknya belajar tersebut...? Haruskah aku kembali bersitegang dengan guru-guru disekolahnya nanti...? atau adakah pendidikan anak usia dini yang sepemikiran denganku...? Pertanyaan pertanyaan ini amat menggelitikku pastinya.

Alhamdulillah pikiranku seolah dibuat terbuka saat mengikuti open house cabang kedua Kids Republic yang berlokasi di Perumahan Grand Galaxy, Bekasi beberapa waktu yang lalu. Berbeda dari pendidikan anak usia dini lain yang lebih menekankan para siswanya untuk mengenal angka dan abjad, Kids Republic justru meminimalisir pertemuan antara anak dengan angka serta abjad tersebut.



Sedikit terkesan aneh tapi itulah yang berlaku di Kids Republic. Disini anak diberikan materi dengan menggunakan metode Montessori yang ditemukan oleh Dr Maria Montessori. Metode ini dianggap paling cocok untuk menciptakan Future Leader dengan tetap memaksimalkan masa golden ages anak yang penuh dengan rasa ingin tahu dalam dunia bermainnya.

Dikelas montessori Kids Republic tidak akan ditemukan papan tulis maupun guru yang menerangkan didepan kelas, yang ada nantinya adalah guru yang menemani anak ‘bermain’ di workmat yang telah disediakan. Bukan ‘main’ yang biasa pastinya, anak-anak akan difasilitasi oleh para guru dengan alat yang ia pilih sendiri.



Para guru di Kids Republic paham betul kalau anak akan lebih semangat bermain serta belajar dengan alat yang memang mereka inginkan tersebut. Di Kids Republic itu sendiri ada kurang lebih 432 alat yang siap menemani keseharian anak-anak bereksplorasi. Masing-masing alat itu bisa digunakan untuk beberapa materi yang berlainan. Nantinya tugas guru lah yang memfasilitasi permainan tersebut.

Selain itu, anak akan dibiasakan untuk lebih mandiri dalam menjaga serta merapihkan kembali alat-alat yang telah digunakannya tersebut. Tentu bukan dengan cara memerintah atau menyuruh langsung pada anak, tapi dengan beberapa cara yang ada di metode montessori seperti Color Coding misalnya.

Melalui metode color coding, anak akan terbiasa meletakkan kembali pensil yang telah digunakan ke tempatnya lagi hanya dengan melihat warna bodi dari pensil dan tempatnya tersebut. Sistem ini akan otomatis berjalan, guru hanya akan mencontohkannya saja tanpa memerintah atau menyuruh anak.



Ada banyak keistimewaan lain yang bisa didapatkan anak di Kids Republic tanpa melewatkan masa golden ages nya tersebut. Untuk mengenal lebih jauh soal Kids Republic, kita bisa langsung datang ke Kids Republic yang berlokasi di Jl Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia Blok Bd 111,112,113 Grand Galaxy city, Kota Bekasi.

Atau bisa juga cari tau lebih lanjut di semua sosial media dari Kids Republic sebagai berikut,

Facebook : Kids Republic School
Instagram : @kidsrepubliccenterbekasi
Youtube  : Kids Republic School


3 komentar:

  1. Sekolahnya seru dong sambil main-main begitu. Arkana suka lho ada disini, tapi sayangnya belum ada di Depok.

    BalasHapus
  2. Sekolahnya bagus, dijamin anak bakal betah krn belajarnya sambil bermain

    BalasHapus
  3. color coding akan efektif banget ya daripada menyuruh anak-anak secara langsung...

    BalasHapus