15/10/18

Sushi halal dan sehat...??? Ya Baiza Sushi jawabannya...

Sushi halal


Beberapa tahun yang lalu, tepatnya ketika aku masih mengandalkan keahlian dalam membuat hadycraft sebagai pekerjaan sampingan, aku sering mendapat pesanan souvenir berbentuk replika makanan. Mungkin karena sedang ngehits, saat itu sushi menjadi replika makanan yang paling banyak dipesan oleh customerku, oleh karena itu mau tidak mau aku pun dituntut untuk dapat membuat replika sushi tersebut semirip mungkin dengan gambaran aslinya.

Jujur saat itu aku agak kesulitan karena hanya mengandalkan imajinasiku yang berkeliaran liar bersama si kakang google. Ya... berbeda dengan jenis makanan lain yang bisa setiap waktu aku beli untuk sekedar dijadikan role model, sushi dalam bentuk asli ini tidak pernah aku hadirkan di meja kerjaku. Alasannya simpel, karena status kehalalannya yang meragukan akan membuat si sushi tersebut menjadi mubazir kalau aku beli hanya untuk dijadikan modelku berkreasi saja tanpa bisa menyantapnya.

Status kehalalan sushi...? halal atau haram...???


Sushi halal dan sehat


Kehalalan sushi ini diragukan karena dalam proses pembuatannya yang menggunakan mirin sebagai campuran bahan. Mirin ini sendiri merupakan bumbu dapur khas masakan jepang berupa cairan berwarna kuning dengan kandungan gula sekitar 40-50% dan kandungan alkohol 14 %. nah kandungan alkohol inilah yang kemudian membuat mirin berstatus tidak halal bagi para umat muslim dan otomatis makanan yang menggunakan mirin sebagai pelengkapnya seperti sushi pun akan memiliki status yang sama.

Berangkat dari latar belakang status kehalalan sushi inilah yang pada akhirnya membuatku pun ragu untuk menyantapnya. Bukan untuk sekedar sok-sok an atau gimana, tapi menurutku sih status kehalalan dari apa yang kita makan ini amat penting karena berkaitan juga dengan apa yang nantinya kita pertanggung jawabkan di akherat kelak. So, jangan ragu untuk bersikap kritis soal kehalalan makanan kita.

Tapi kalau boleh jujur, aku pun amat ingin menyantap nasi jepang yang digulung cantik tersebut. Aku berharap ada sushi yang tidak menggunakan mirin dalam proses pembuatannya, tentu juga tanpa menggunakan bahan makanan haram lain pastinya.

BAIZA SUSHI, gerai sushi halal di jakarta Selatan


Gerai sushi halal



Alhamdulillah, seperti didengar oleh-Nya, beberapa waktu yang lalu aku pun akhirnya menemukan gerai yang menjual si sushi dengan status halal. Yup, apalagi kalau bukan BAIZA SUSHI. Saking senangnya mendapat info soal adanya sushi berstatus halal ini, akupun langsung menyambangi gerainya yang berlokasi di jalan kemang utara no 29, Jakarta Selatan tersebut.

Kesan pertama yang aku tangkap dari gerai Baiza Sushi ini adalah kenyamanannya yang instagramable. awalnya Baiza Sushi ini merupakan anak usaha dari Baiza Kitchen yang hanya menerima pesanan secara delivery saja, dan atas permintaan customer nya itu akhirnya dibuka lah gerai Baiza Sushi ini. Jadi tak heran kalau tampilan dari gerai ini memang dibuat senyaman dan seinstagramable mungkin agar para customernya lebih betah nongkrong di Baiza Sushi ini.


Selain gerainya yang instagramable tersebut, Baiza Sushi juga menawarkan berbagai keistimewaan lain yang membuatku jatuh hati dengan sushi halal ini, salah satunya adalah ciri khas rasa otentik Jepangnya yang tetap terjaga meski penggunaan mirin diganti dengan cuka khusus dalam proses pembuatannya demi menjaga status kehalalan Baiza Sushi. Pendapat ini jelas bukan datang dari mulutku, tapi dari para pecinta sushi yang kebetulan sedang asyik menyantap sushi saat aku datang kesana beberapa waktu yang lalu.

Menu-menu yang ditawarkan pun tak kalah menarik perhatian pengunjung, bagaimana tidak...? ada puluhan jenis sushi yang bisa kita pesan di Baiza Sushi. Menu-menu tersebut bisa langsung dicek pada sosial media yang dimiliki oleh Baiza Sushi. O iya, pada waktu-waktu tertentu, Baiza sushi juga menyediakan menu yang sifatnya season, seperti spesial rendang maki dan rujak maki sushi yang dihadirkan saat bulan puasa tahun lalu.

Sushi In A Box dan DIY Sushi


Sushi In A Box


Tak sampai disitu, Baiza Sushi pun menawarkan keseruan lain dalam menyantap sushi pesanan kita, diantaranya adalah Sushi In A Box dan DIY Sushi yang lagi- lagi berhasil membuatku jatuh hati pada Baiza Sushi.

Kalau biasanya delivery order sushi hanya dikemas dalam mika saja, kali ini Baiza Sushi pun berhasil mendobrak ‘tradisi’ tersebut dengan menghadirkan Sushi In A Box nya. Selain harganya yang lebih terjangkau, desain pop art dari box yang digunakan pun amat menarik sehingga amat cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau hantaran ketika kita berkunjung ke rumah kerabat.

Agar nuansa Jepangnya lebih terasa, Baiza Sushi pun menyediakan kain pembungkus Sushi In A Box seperti orang Jepang pada umumnya. Motif dari kain pembungkus ini pun cukup beragam untuk dipilih, mulai dari motif anak-anak hingga motif yang sedikit terkesan dewasa.

Selain Sushi In A Box tersebut, konsep DIY Sushi nya juga cukup menarik perhatianku. Awalnya aku pikir, DIY Sushi ini berarti kita akan direpotkan dengan membuat sushi pesanan kita sendiri. Tapi ternyata aku salah, yang dimaksud DIY Sushi ala Baiza Sushi ini adalah kita diajak mengkreasikan sendiri menu isian topping serta saos nya sesuai selera kita yang nantinya akan diolah oleh chef dari Baiza Sushi.



Harga yang ditawarkan untuk konsep DIY Sushi ini adalah Rp 38.500,- untuk roll kecil dan Rp 61.000,- untuk roll besar. Pada DIY Sushi roll kecil kita bisa memilih 3 Essentials, 1 Sprinkle, dan 1 House Sauce,sementara pada DIY Sushi roll besar kita bisa mengkombinasikan 5 Essentials, 1 Special, 1 Sprinkle dan 1 House Sauce. Dengan memilih sendiri topping isian serta saus nya maka sushi pesanan kita dijamin sudah sesuai selera bukan...?!

Daaaannnn... satu poin yang paling aku suka dari Baiza Sushi ini adalah konsep sushi sehat yang diusungnya, terutama untuk anak-anak dan ibu hamil. Hal ini dapat dibuktikan dengan adaya beragam menu maki matang yang sangat aman dan pastinya sehat bagi ibu hamil dan anak-anak.

O iya untuk kalian yang lokasinya agak jauh dari gerai Baiza Sushi ini, tidak perlu khawatir karena Baiza Sushi sedang mengembangkan konsep pre order untuk pengiriman di satu wilayah, kelanjutanya bisa langsung dicek di semua sosial media dari Baiza Sushi ini. Jadi, kalian masih ragu makan sushi...? atau malah udah ga sabar nyicipin kelezatan dan keseruan memesan sushi di Baiza Sushi ini...? hayuk atuh jangan ragu dishare di kolom komentar...



0 komentar:

Posting Komentar