19/10/18

Tips merencanakan liburan keluarga bersama Traveloka

tips merencanakan liburan keluarga


Kalau untuk orang lain liburan tuh hanya bersifat hedonisme belaka, namun tidak bagiku. Buatku, liburan sama artinya dengan investasi dalam pekerjaan atau bisa dibilang sebagai salah satu ‘bentuk’ kerja juga, karena dengan melakukan liburan maka pikiran pun akan terasa lebih fresh dan nantinya akan berkaitan dengan karya yang aku wujudkan dalam bentuk tulisan blogpost.

Ya, mau tidak mau harus kita akui kalau bagi para pekerja yang berada dalam dunia kreatif seperti para content creator dan blogger, keberadaan pikiran fresh amat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaannya, jadi tidak salah bukan kalau aku katakan liburan tuh salah satu bentuk kerja juga bagiku...?!

Seperti pada beberapa waktu yang lalu misalnya, aku ‘berlibur’ bersama teman-teman blogger ke kawasan ancol. Saat itu, sebenarnya aku tidak dalam rangka liburan sih, akan lebih tepat kalau aku bilang kerja sambil liburan, karena kebetulan aku sedang menyelesaikan suatu job yang ada dikawasan tersebut. Seru...? ya seru... tapi karena masih dalam rangka kerja jadi liburan tersebut pun terasa kurang maksimal.

Berangkat dari alasan inilah kemudian terlintas dalam benakku untuk merencanakan sebuah liburan keluarga dengan destinasi pilihan pastinya. Aku tegaskan kalau kali ini liburan impian ku adalah bersama keluarga, ya karena aku memang benar-benar ingin berlibur. Jika biasanya ‘liburan’ku selalu disisipi dengan embel-embel kerja seperti melakukan photo shoot atau menghadiri suatu event, nah sekarang aku berharap dapat merasakan arti liburan yang sebenarnya.

merencanakan liburan keluarga


Agar liburan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, dari jauh hari aku pun telah membuat beberapa perencanaan khusus yang mungkin saja bisa kalian contek juga, berikut diantaranya :

1. Menetapkan budget

Menetapkan budget atau biaya yang dikeluarkan ini aku letakkan pada posisi pertama karena menurutku budget bisa dijadikan acuan untuk melakukan perencanaan yang lain. Satu hal yang harus diingat adalah jangan sampai liburan yang tadinya bertujuan membuat pikiran lebih fresh justru malah menjadi beban pikiran saat liburan usai. Jadi, tetapkan budget yang sesuai dengan keinginan dan kantong kita terlebih dahulu ya...

Nah karena dalam liburan keluarga kali ini aku berencana mengajak serta Nada, putri ketigaku yang masih berusia batita, maka perencanaan budget ini memang tidak bisa terlalu ditekan demi sebuah kata ‘kenyamanan’. namun bukan berarti sama sekali tidak terkontrol, aku tetap membuat perencanaan budget yang sesuai pastinya.

2. Tentukan destinasi

Menentukan destinasi ini memang agak susah-susah gampang, karena aku harus menyatukan beberapa ‘kepala’ dalam rumah menjadi satu tujuan destinasi wisata. Untuk mendapatkan destinasi yang cocok, aku sempat membuat semacam musyawarah kecil-kecilan, dalam musyawarah tersebut, masing-masing dari anggota keluarga pun aku ajak mengemukakan pendapat tentang tempat mana yang amat ingin dikunjungi beserta alasannya.

Dan akhirnya kami sepakat memilih Nusa Dua,Bali, sebagai tujuan wisata keluarga kali ini. Alasannya simpel, karena kami sekeluarga memang belum pernah menginjakkan kaki di pulau dewata tersebut.

3. Persiapkan transportasi dan akomodasi dengan sebaik mungkin.

Karena ini merupakan kali pertama kami Berlibur ke Nusa Dua, Bali, maka aku sama sekali tidak berharap ada kendala selama masa liburan terkait transportasi dan akomodasi ini pastinya. Oleh karena itu, aku memilih untuk memesan terlebih dahulu semua persiapan terkait hal tersebut dari jauh-jauh hari. Selain lebih murah, cara ini juga membuat kenyamanan liburan kita pun menjadi lebih terjamin.

Hasil browsing kanan-kiri di berantara google, ternyata membeli tiket pesawat dan mencari hotel termurah tuh ada di Traveloka, sebuah aplikasi terbaik untuk memesan hotel, pesawat, dan kereta api yang telah digunakan oleh 1 juta orang di Indonesia.

Penasaran akan hal ini, aku pun langsung mendownload aplikasi tersebut secara gratis di play store. Dan voila... aku benar-benar dibuat takjub dengan si Traveloka ini. Harga di Traveloka ini tidak hanya murah, tapi merupakan harga yang jujur, karena tidak ada biaya tambahan lagi. Jadi harga yang terpampang di aplikasi tuh ya bener-bener harga final.


Tak sampai disitu saja, dengan fitur 1-click booking di aplikasi ini, aku dapat memesan, bayar, dan mendapat kamar hotel terbaik serta tiket termurah hanya dalam hitungan detik. Ini jelas membantuku dalam merencanakan liburan impian bersama keluarga. Dan asyiknya lagi, semua ini bisa aku lakukan kapanpun dan dimanapun.

O iya, di Traveloka ini kita juga bisa memilih langsung kamar hotel yang telah difilter berdasarkan kebutuhan kita, misalnya nih kita lagi butuh kamar hotel dengan range harga sekian, maka aplikasi ini bisa di-setting untuk menampilkan semua pilihan hotel dengan range harga tersebut.

Nah inilah perencanaan liburan ala aku, lalu apa kalian juga merencanakan liburan dalam waktu dekat...? terus bagaimana cara kalian merencanakan liburan impian tersebut...? share yuk di kolom komentar teman...   

0 komentar:

Posting Komentar