13/04/19

Mau tanam sayur tanpa kendala di rumah...? Cek dulu hal ini...



Dulu aku pernah memiliki sebuah mimpi tentang tinggal di rumah mungil dengan halaman luas yang dipenuhi oleh kebun sayur-mayur serta jauh dari hingar-bingar perkotaan. Selain lebih tenang, rasanya kehidupan seperti itu akan amat praktis, mau masak sayur tinggal petik, mau makan buah pun tinggal ambil di kebun. Sayang, kenyatannya jika dikaitkan dengan realita kehidupanku saat ini, impian tersebut  tak semudah itu juga.

Profesiku sebagai seorang blogger yang notabene seringkali dituntut untuk bertandang ke ibukota, serta ketergantunganku yang begitu tinggi terhadap akses internet pun akhirnya semakin menjauhkan diri ini dari impian tersebut.  Meski begitu, bukan suatu hal yang mustahil untuk ‘mengambil’ sedikit dari mimpi tadi agar dapat diwujudkan di tempat tinggalku saat ini, salah satunya adalah dengan melakukan urban farming atau berkebun di perkotaan.



Ya, belakangan ini aku memang sedang giat-giatnya melakukan urban farming di rumahku. Namun  karena memang urban farming yang aku lakukan ini hanya bermodalkan mimpi memiliki kebun sayur saja, tanpa adanya bekal pengetahuan seputar pertanian, seringkali aku pun mengalami berbagai kendala, terutama seputar benih yang tak kunjung tumbuh. Kemungkinan besar benih yang aku gunakan tersebut diragukan keasliannya karena memang aku membelinya bukan di online shop resmi dari perusahaan benih terkemuka.

Oleh karena itu aku benar-benar tidak bisa menutupi rasa bahagia ketika mendapat kabar kalau produsen benih sayuran tropis ‘Cap Panah Merah’, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) meluncurkan official store “Panah Merah Go Online”.  Official store nya ini sudah bisa kita akses di marketplace Bukalapak dan Shoppe loh...



Peluncuran official store “Panah Merah Go Online” ini juga dihadiri oleh Kementrian Pertanian RI, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, KTNA, Pengusaha makanan dan minuman, petani, serta komunitas penggiat petani. Bisa dibilang semua pihak yang akan terlibat dalam dunia perbenihan ini ikut diundang dalam moment peluncuran official store tersebut, agar pesan serta berita peluncuran ini dapat lebih mudah tersampaikan pastinya.

Dengan diluncurkannya official store Panah merah Go Online ini tentu kita akan makin dipermudah saat ingin mendapatkan benih unggul berkualitas yang dijamin keasliannya hingga 100%. Selain itu benih-benih yang dijual di Panah Merah Go Online ini adalah benih yang cukup variatif, mulai dari varietas baru hingga varietas unggulan, seperti benih buah yang sedikit langka atau benih yang mempunyai ketahanan virus lebih kuat misalnya.



Satu hal yang aku suka dari sistem penjualan online seperti ini tuh adalah keefisienan waktu yang ditawarkan, dengan berbelanja secara online aku bisa lebih banyak memangkas waktu sehingga bisa sembari melakukan aktivitas lainnya. Terlebih untukku yang memang minim pengetahuan seputar benih, official store ini jelas akan amat membantuku agar terhindari dari kasus penjualan benih palsu yang sedang marak terjadi itu.

Uniknya, saat kita berbelanja benih di Panah Merah Go Online dengan skala kecil yang diperuntukan untuk urban farming, paket benih kita tersebut akan dikirimkan dalam box merah yang nantinya bisa digunakan kembali sebagai media tanam. Ya, box merah tersebut memang sudah didesain sedemikian rupa untuk hal ini dengan menambah beberapa sekat pembatas serta lubang dibagian bawahnya. Suatu hal yang cukup inovatif sih menurutku.



O iya selain Panah merah Go Online tadi, EWINDO juga membuka forum online petani, Halo Panah Merah, yang bisa diakses di fanpage resmi nya. Forum ini sengaja dibuka untuk memfasilitasi para petani serta penggerak urban farming yang membutuhkan bimbingan khusus. Di Halo Panah Merah ini kita bisa langsung menanyakan berbagai hal seputar benih, pertanian, urban farming serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan Panah Merah secara realtime.

Dengan dibukanya dua kanal tersebut, Panah Merah Go Online dan Halo Panah Merah, aku sebagai konsumen benar-benar merasa amat dimanjakan dengan semua kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Dan ternyata para petani dalam skala besar pun merasakan hal yang sama, mereka yang juga hadir di acara peluncuran kedua kanal tersebut mengakui hal ini, saat ini pembelian benih berkualitas sama sekali tidak akan terkendala jarak lagi karena bisa dilakukan secara online.



Duuuuhh aku jadi semakin semangat untuk kembali bercocok-tanam di rumah nih, kalau kalian bagaimana teman, masih ragu buat melakukan urban farming...? atau malah udah langsung meluncur ke official store Panah Merah Go Online di Bukalapak dan Shopee...? Yuk mari kita semangat menanam sayur...


0 komentar:

Posting Komentar