11/04/19

Ngobrol Seru HUT Kementrian BUMN di acara talkshow Paradigma




Tentu amat wajar jika pada hari ulang tahun kita mengharapkan adanya hadiah spesial yang diberikan oleh orang lain, namun bukan suatu hal yang aneh juga kalau kita malah ingin memberikan ‘sesuatu’ pada diri sendiri bukan...?! Agaknya hal inilah yang coba dilakukan oleh Kementrian BUMN di hari ulang tahunnya yang ke 21 tahun ini.  Eits tapi jangan salah ya, yang dimaksud dengan kata ‘diri nya sendiri’ tersebut tak lain adalah masyarakat Indonesia sebagai ‘pemilik’ dari Kementrian BUMN tersebut.

Ya, Kementrian BUMN memang sadar betul bahwa mereka ada karena rakyat Indonesia jadi tujuan  utama nya tentu adalah untuk kesejahteraan rakyat Indonesia secara keseluruhan.  Nah dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya kali ini, Kementrian BUMN pun memberiakan berbagai keseruan dalam rangkaian acara yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia.



Demi mensosialisasikan rangkaian acara tersebut, Kementrian BUMN pun hadir dalam acara Paradigma  yang disiarkan langsung di Usee TV pada jumat, 5 April 2019 pukul 20.00. Acara talkshow yang bertajuk #NgobrolSeruHUTBUMN tersebut benar-benar berlangsung santai dan penuh gelak tawa, aku yang saat itu ikut tapping sebagai penonton pun dapat merasakan langsung suasana hangat dalam obrolan santai itu, sama sekali tidak terasa seperti syuting yang dibuat-buat, semua mengalir begitu saja.  

Tak tanggung-tanggung, nara sumber yang dihadirkan adalah mereka yang memang terkemuka di Kementrian BUMN, Deputi Kementrian BUMN, Bapak Fajar Harry Sampurno, Direktur Human Capital BTN Yossy Istanto, Rendy Herison (@doroii) sebagai Digital Analist, dan tak ketinggalan juga perwakilan dari generasi millenial, Wendy Marc.



Dari sekian banyak rangakaian acara yang menjadi bahan obrolan dalam acara Paradigma tersebut, ada beberapa acara yang menarik perhatianku, dan rasanya akan amat sayang jika tidak diketahui oleh orang banyak, diantaranya adalah sebagai berikut,

Program Padat karya tunai


Di Program Padat Karya Tunai ini, Kementrian BUMN mengajak masyarakat untuk sama-sama bergotong royong membersihkan serta merapihkan lingkungannya sendiri. Para petinggi Kementrian BUMN pun ikut turun langsung dalam program ini, seperti saat Program padat karya tunai yang diselenggarakan di Jatinegara yang dihadiri oleh Ibu Rini Soemarno selaku menteri BUMN.



Uniknya, meski yang dibersihkan itu adalah lingkungannya sendiri, Kementrian BUMN tetap mengapresiasi masyarakat yang ikut dalam acara ini dengan memberikan sejumlah ‘uang lelah’ loh... Selain di Jatinegara, program padat karya tunai juga hair di beberapa kota lain seperti Ciamis dan lain sebagainya.

Program Pangan Murah


Sesuai dengan namanya, di program pangan murah ini Kementrian BUMN menggelar semacam bazzar sembako murah yang bisa dibeli oleh masyarakat sekitar. Satu paket sembako yang terdiri dari Beras 1 kg, Gula pasir 450 gram, minyak goreng 1 liter, garam 250 gram, dan sarden 420 gram, bisa dibeli hanya dengan harga Rp 10.000,- saja.



Program pangan murah ini jelas menarik perhatian para ibu rumah tangga disekitar lokasi acara, maka tak heran acara ini selalu dipenuhi warga. O iya , untuk mendapatkan paket sembako murah ini, BUMN menyediakan dua cara pembayaran yaitu secara tunai dan non tunai dengan menggunakan aplikasi LinkAja, aplikasi non tunai milik BUMN



Festival LinkAja


Festival LinkAja ini memang acara khusus yang diselenggarakan untuk memperkenalkan aplikasi LinkAja ke masyarakat luas. Selama ini masyarakat hanya mengenal aplikasi pembayaran non tunai milik swasta saja, padal BUMN pun ternyata sudah memiliki aplikasi serupa. Dalam festival LinkAja ini, ada sekitar 70 booth kuliner dan kerajinan tangan yang ikut meramaikan nya. Menariknya, kita bisa berbelanja di semua booth tersebut dengan menggunakan transaksi non tunai dari aplikasi LinkAja ini.



Aplikasi yang sudah bisa didownload secara gratis di play store tersebut tidak hanya terbatas digunakan pada saat festival LinkAja itu  saja, tapi bisa juga dipakai di merchant-merchant BUMN lainnya. Jadi tidak perlu ragu untuk segera mendownloadnya ya...

Selain ketiga hal menarik diatas, sebenarnya ada banyak hal lain yang juga dibahas  dalam acara Paradigma  yang di tayangkan di usee tv tersebut, seperti Funwalk dan acara lari sehat di berbagai kota.



Satu hal yang dapat kutarik menjadi kesimpulan dalam rangkaian hari ulang tahun BUMN ini adalah BUMN memang benar benar hadir untuk negri.  Tak hanya kalangan tertentu saja yang coba dimanjakan tapi semua masyarakat Indonesia, ibu-ibu rumah tangga yang dimanjakan dengan pangan murah, serta generasi milenial yang juga ‘ditimang’ dengan festival LinkAJa merupakan contoh nyata dari   #BUMNHadirUntukNegri.  

Mau tau keseruan lainnya di rangkaian acara HUT Kementrian BUMN...? langsung follow aja semua akun  sosial media dari kementrian BUMN agar tidak ketinggalan info menariknya, siapa tau selanjutnya acara serupa juga hadir di kota mu...

0 komentar:

Posting Komentar