13/04/18

Serunya #VivaLova di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol

Bagi kita yang tinggal di perkotaan besar, tentu sudah tidak asing lagi dengan hectic nya rutinitas harian. Pada beberapa kasus hal ini juga bisa menyebabkan depresi serta stress yang berlebihan. Nah untuk menyiasatinya kita perlu penyeimbang berupa liburan, tentunya liburan yang dimaksud disini adalah liburan yang tidak biasa, dalam artian liburan yang bisa membuat kita lupa sejenak dengan rutinitas harian tadi.

Sama seperti warga perkotaan lainnya, aku yang notabene adalah warga Kota Bekasi ini juga sempat mengalami yang namanya kebosanan tersebut. Beruntungnya, aku mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam liburan bareng yang diadakan oleh Viva.co.id ke Dufan, Taman Impian Jaya Ancol pada tanggal 7 April 2018 lalu.



Meski telah menginjak usia 30 tahun dan tinggal di jabotabek, ini merupakan kali pertamaku jalan-jalan ke Dufan loh... Jadi wajar saja kalau aku agak sedikit lebih bersemangat dibanding teman blogger lainnya yang mungkin sudah bolak-balik main ke Dufan. Alhamdulillahnya lagi dalam #VivaLova ini aku boleh mengajak serta dua orang anggota keluarga untuk ikut dalam keseruan liburan di Dunia Fantasi tersebut. Aku pun akhirnya mengajak abang Nata, anak pertamaku yang berusia 8 tahun dan Icha, adik perempuanku.

Sebelum memasuki area seluas 18 hektar tersebut, aku mengambil peta informasi di depan loket Dufan. Bagi yang baru pertama kali ke Dufan sepertiku ini, peta informasi tersebut amatlah penting. Selain sebagai petunjuk jalan, peta informasi ini juga bisa membantu kita mengatur siasat kira-kira wahana mana dulu yang akan kita coba.



FYI aja, sebelum ke Dufan ini aku sempat bertanya-tanya pada mereka yang memang langganan datang ke Dufan, dan hampir semuanya menyarankan padaku agar cepat menentukan pilihan wahana mana saja yang akan dicoba, karena antrian ditiap wahana disana itu lumayan panjang. Tadinya aku tidak mempercayai hal ini, tapi begitu masuk ke area theme park terbesar se Asia Tenggara tersebut mau tidak mau aku harus mempercayai hal itu.

Antusiasme para pengunjung yang begitu besar pada Dufan lah yang membuat antrian-antrian panjang itu. Namun, hal ini justru semakin membuatku penasaran dan sama sekali tidak menyurutkan langkahku untuk ikut antri juga pastinya.



Sebelum memulai keseruan di Dufan, aku bersama para teman blogger lain diajak untuk berkenalan lebih jauh dengan Dunia Fantasi tersebut. Dufan merupakan Theme park atau taman bertema, disebut demikian karena area-area bermain di Dufan dibagi kedalam beberapa tema yang tentunya berkaitan dengan karakteristik dari wahana-wahana yang ada. Setidaknya ada 10 area theme park dengan 33 wahana di Dufan, diantaranya sebagai berikut :

1. Kawasan Hikayat
Di kawasan ini kita seolah diajak berpetualang lewat 5 wahana yang disajikan. Ada Mysterious Island dengan 3D simulator-nya, Burung Tempur, Rajawali, Galactica, dan Arung Jeram.

2. Kawasan Indonesia
Disini ada tiga wahana yang memiliki ciri khas Indonesia banget, seperti Alap alap, Istana Boneka, dan Tornado.

3. Kawasan Kidz Fantasy
Kalau dibilang Dufan ini hanya untuk mereka yang berusia dewasa, ini salah besar. Terbukti dengan adanya kawasan kidz fantasy ini. Ada 5 wahana di kawasan Kidz Fantasy, diantaranya adalah Ice Age Arctic Adventure, Kontiki, Colour of Kingdom, Hello Kitty, dan Dream Playground.

4. Kawasan Eropa
Desain kawasan ini benar benar penuh dengan nuansa eropa dengan tiga wahana andalannya, Kicir-kicir, Hysteria, dan Stage Show.

5. Kawasan Yunani
Dikawasan ini ada 5 wahana yang wajib dicoba oleh para pecinta tantangan, diantaranya adalah Ombang ambing, Pontang Panting, Ontang-anting, Halilintar, dan Pentas Prestasi.

6. Kawasan Jakarta
Nah kalau di kawasan Jakarta ini ada Turangga-rangga dan Premium Lounge yang siap memanjakan pengunjung.

7. Kawasan Asia
Ada empat wahana favorit yang menjadi andalan kawasan Asia ini, seperti Bianglala, Kora-kora, Baku-toki, dan Gajah Bledug.

8. Kawasan Kalila
Disini ada Ubanga-banga dan Kalila Adventure

9. Kawasan America
Nuansa America amat kental banget disini, bahkan ada area pepotoan juga loh. Untuk wahananya di kawasan America ini ada Poci-poci, Rumah Jahil, Rango-rango, dan niagara-gara.

10. Kawasan Africa
Di sini ada fantasy light dan Fantastique.



Sejak berdirinya Dufan, tepatnya pada tanggal 29 Agustus 1985, Dufan ini memang menjadi salah satu taman bermain favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Ini terbukti dengan tidak pernah sepinya area Dufan meski tiket masuk yang ditawarkan agak sedikit lumayan menurutku. Tapi kalau melihat keseruan yang ada di Dufan, harga tiket tersebut amatlah sebanding kok... Apalagi kalau sedang ada promo promo tertentu, pastinya akan lebih terjangkau lah ya...

O iya di bulan April ini Dufan lagi ada promo harga Annual Pass yang biasanya dijual dengan harga Rp 599.000,- menjadi seharga Rp 299.000,- saja. Annual Pass ini bisa kita gunakan untuk masuk ke Dufan sepanjang tahun. Yup, kalian ga salah baca, Sepanjang tahun... Jadi dengan memiliki Annual Pass ini kita bisa ke Dufan kapanpun, baik itu di weekdays maupun di weekend.

Kembali lagi ke keseruan kami di Dufan, wahana pertama yang kami coba adalah Istana Boneka. Aku pilih Istana Boneka justru karena penasaran melihat antriannya yang begitu panjang. Di wahana Istana Boneka ini aku diajak berperahu santai mengelilingi area sembari melihat boneka-boneka yang mewakili daerah-daerah tertentu, baik itu di nusantara maupun international.

Puas di Istana Boneka, kami melanjutkan keseruan dengan menonton Magic Show yang menghadirkan Denny Darko dengan atraksi-atraksinya. Agak sedikit ngeri juga melihat ilusi-ilusi yang dipersembahkan oleh magician yang satu ini, tapi asli seruuuu... O iya Magic House ini merupakan suguhan baru yang ada di Dufan. Jadi buat kalian yang sudah lama tidak ke dufan, bisa merasakan sensasibaru dufan dengan menonton magic show ini.

Wahana ketiga yang kami coba adalah Galactica yang juga merupakan wahana baru di Dufan. Di Galactica, aku diajak berperang melawan makhluk makhluk asing di luar angkasa dengan berbekal tembakan di roket yang kita gunakan untuk berkeliling area galactica. Disini kita bisa saling berkompetisi dengan rekan atau keluarga juga. Diakhir permainan akan ada skor sebagai pembanding.

Melipir sedikit dari Galactica sudah ada wahana Burung Tempur yang sudah sedari awal menarik perhatian abang Nata, aku pun melanjutkan keseruan dengan mencoba wahana yang antriannya tidak begitu panjang tersebut.



Di sebelah wahana burung tempur ada wahana rajawali yang kurang lebih konsepnya sama, tapi dengan ketinggian yang dua kali lipat dari wahana burung tempur. Aku, abang nata dan icha tidak punya cukup nyali untuk mencoba si rajawali, meski sebenarnya tidak seseram naik tornado juga sih.

Lanjut lagi kami mencari wahana seru lainnya, dan pilihan kami pun jatuh pada wahana ombang ambing. Tadinya aku pikir wahana ini sama seperti komedi putar biasa, tapi ternyata wahana ini cukup membuat perutku berasa diaduk-aduk lewat ombang-ambingnya. Lucunya, saking ketakutan mencoba wahana ini, abang nata justru membaca surat-surat pendek serta berdoa alih alih teriak seperti yang lain.




Rasa mual setelah naik ombang ambing sempat membuatku lemas dan sembari menunggu rasa mualnya hilang, kami pun mencoba masuk ke rumah jahil yang dipenuhi dengan kaca dimana-mana. buat kalian yang belum pernah masuk ke rumah jahil ini aku cuma mau pesan, hati-hati ya jangan sampai malah benjol gegara nabrak bayangan sendiri... hihihi...

Selain rumah jahil, di Dufan juga ada Rumah Ajaib. Dari luar rumah ajaib ini terlihat normal seperti rumah pada umumnya, tapi begitu masuk kedalamnya rumah ini semakin miring dan cukup membuatku yang memang sudah merasa pusing gegara ombang-ambing jadi semakin pusing dibuatnya. Tapi entah kenapa aku malah merasa 'pusing' itu sebagai keasyikan sendiri.



O iya selama di Dufan ini kita tidak perlu takut untuk kehabisan air minum, karena di beberapa bagian ada semacam keran yang berisi air siap minum loh... Selain itu ada juga spot untuk kita nge charge smartphone juga, jadi jangan khawatir tidak bisa eksis di Dufan pastinya.

Pokoknya Liburan Ke Dufan mah emang ga ada matinya deh... Sebenernya ada banyak lagi keseruan-keseruan lainnya yang kami bertiga alami di Dufan, tapi kalau semuanya diceritain disini mungkin bisa jadi satu novel saking banyaknya... Hehehe... 

Intinya, Dufan itu bener-bener sukses bikin kami lupa dunia... Akhirnya aku juga sudah pernah dong main ke Dunia Fantasi, kalau kalian kapan mau main ke Dufan...? 







9 komentar:

  1. Dufan tempat rekreasi keluarga yg berlokasi di dalam kota jakarta. Have fun ya

    BalasHapus
  2. Wahana permainan bikin jantung copot tapi ada juga wahana memyeramkan dan bikin bingung kaya rumah kaca

    BalasHapus
  3. Wah kapan ya aku ke Dufan? Belum pernah nih seumur hidup wkwk

    BalasHapus
  4. belum tau mba he he nunggu pergi bareng sama teman-teman atau keluarga biar makin seru ke Dufannya

    BalasHapus
  5. Udah lama banget gak ke dufan, ternyata sudah banyak perubahannya ya.. :)

    BalasHapus
  6. aku udah lama bgt ga ke dufan. terakhir pas sd apa smp ya hahaha. beberapa kali ke sana tapi ga masuk hahaha.

    BalasHapus
  7. Senangnya, bisa jalan2 gratis sama anak-anak di Ancol Dufan lagi :)
    Lain kali ajak2 doong

    BalasHapus
  8. Rumah boneka, Aku pun seneng masuk ke wahana ini, adem. Hahhaha

    Semakin serru ajah ya wahana yang ada di Dufan ini, apalagi ada promo annual pastnya, lumayan juga ini buat satu tahun.

    BalasHapus
  9. Senangnya bisa berlibur bersama keluarga trrcinta, semoga happy ya semuanya dan ada cerita seru utk dikenang

    BalasHapus