03/08/18

SERU Bareng di Festival Sahabat Generasi Maju




Di jaman sekarang ternyata pendidikan formal saja tidak cukup untuk menyiapkan anak-anak kita menghadapi ‘keras’nya dunia di masa depan mereka kelak. Selain kata ‘pintar’ yang biasa disematkan pada anak kita, ternyata mereka juga membutuhkan beberapa aspek lain agar bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Kurang lebih makna inilah yang aku dapatkan ketika berkesempatan ikut serta dalam kegiatan Grand Final Sahabat Generasi Maju sekaligus peluncuran SGM Eksplor dengan Complinutri di Summarecon Mall Bekasi beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah lokasi acara yang tidak begitu jauh dari pusat kota Bekasi ini amat memudahkan para bunda yang ingin ikut juga dalam keseruan event tersebut, termasuk aku pastinya.



Acara ini sebenarnya merupakan rangkaian acara dari program kompetisi Sahabat Generasi Maju yang sebelumnya diadakan secara online di media sosial. Pada Festival Sahabat Generasi Maju ini para orang tua ditantang untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si kecil melalui facebook selama masa periode 19 April 2018 hingga 8 Juli 2018.

Nah selama masa aktivasi online tersebut, SGM Eksplor juga memberikan edukasi dan stimulasi 5 potensi prestasi seperti Lomba mewarnai, kegiatan olah raga, serta permainan edukatif lainnya di beberapa kota besar yaitu, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung dan terakhir Bekasi.

Aku sendiri sempat sedikit iri dengan kota kota lain yang sudah lebih dulu disambangi oleh Festival Sahabat Generasi Maju ini sampai pada akhirnya mendapat kabar kalau festival ini akan diakhiri di kota tempat tinggalku saat ini, Bekasi.



Bagaimana tidak iri...? Selain ikut berdebar ingin menyaksikan ke-60 finalis yang nantinya akan dipilih menjadi 25 anak penerima beasiswa pendidikan senilai total 1 Milyar rupiah itu berlaga di Final nanti, aku sendiri ingin ikut juga dalam keseruan acara Festival Generasi Maju itu sendiri.

Rasanya masih terbayang dalam benakku keseruan program serupa yang pernah juga diadakan SGM Eksplor pada tahun lalu di Kota Kasablanca, jadi wajar kalau aku agak sedikit menantikannya bukan...?!



Sesuai dengan harapan SGM Eksplor yang ingin kembali mengingatkan para bunda untuk mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk mengasah 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, yaitu cerdas, kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri dan percaya diri, pada Festifal yang diadakan di lobby Oval Summarecon Mall Bekasi tersebut, para bunda diajak untuk ikut mengajak si kecil melakukan stimulasi-stimulasi yang akan mendukung ke-5 potensi prestasi tadi.

Jadi dalam festival ini tuh ada beberapa kelas khusus yang masing-masing akan mengeksplor kemampuan anak kita. Seperti pada Kelas Cerdas & Kreatif misalnya, si kecil akan diajak mewarnai gambar serta membuat prakarya sederhana yang hasilnya pun bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.



Ada juga kelas Tumbuh Tinggi dan Mandiri yang berisi beberapa wahana permainan. Permainan di kelas ini memang terkesan agak sedikit ekstrim untuk ukuran Balita, namun ternyata menurut Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi yang juga ikut jadi salah satu pembicara dalam talkshow di rangkaian acara festival tersebut, selama anak masih dalam keadaan aman (safety) tidak ada salahnya untuk mempersilahkan mereka mencoba wahana tersebut agar dapat menumbuhkan rasa mandiri.

Di Kelas Tumbuh Tinggi dan Mandiri itu ada wahana trampoline mini dan wahana panjat dinding berukuran kurang lebih tiga meter. Jujur awalnya aku ragu Nara, anak keduaku bisa memanjat dinding tersebut, namun ternyata nara yang biasanya selalu manja kalau dirumah itu justru terlihat lebih jago dan mandiri  serta percaya diri sekali melakukannya.

Tak ketinggalan ada Kelas Percaya diri yang menyediakan sebuah panggung mini. Di kelas ini si kecil ditantang untuk menunjukan bakatnya dalam melatih kepercayaan diri dengan melakukan beberapa aktivitas didepan banyak orang. Seperti bernyanyi, menari atau sekedar berceloteh ringan.



Selain itu, mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi si kecil yang wajib kita penuhi, di Festival Sahabat Generasi Maju ini juga ada pojok Milk Bar loh... Di pojok ini kita bisa mencicipi es krim bernutrisi dengan aneka topping sehat yang pasti disukai oleh si kecil.

Dan untuk lebih memeriahkan acara ini, SGM Eksplor pun sampai mengundang maskot Upin dan Ipin yang konon katanya didatangkan langsung dari negeri jiran. Langsung terlihat antusiasme para bunda dan si kecil yang hadir disana ketika si kembar imut itu keluar. Aku pun tidak tahan juga dan ikut menari bersama mereka.



Wahh... pokoknya satu kata deh untuk Festival Sahabat Generasi Maju ini, SERU. Seru festivalnya, seru aktivitasnya, seru hadiahnya, dan banyak lagi ‘seru’ ‘seru’ lain deh. Jadi stop beranggapan kalau ‘pintar dan sehat’ saja sudah cukup untuk anak kita ya bun, karena anak kita butuh lebih dari itu, tepatnya lagi mereka lebih butuh Cerdas, Kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri.  





3 komentar:

  1. Waah seru banget memang kemarin acara ini, semiga tahun dwpan diadakan di Bekasi lagi yaaah..

    BalasHapus
  2. Wah senangnya bisa hadir di acara Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor

    BalasHapus
  3. Anak-anak kalau belajarnya model 4 kelas sahabat generasi maju begini pasti betah deh ya, hehe

    BalasHapus