20/12/18

Punya pertanyaan seputar HIV/AIDS...? Tanya Marlo aja yuk...




Saat sedang berada dalam situasi pelik, hal yang paling kita butuhkan adalah seorang teman yang siap menampung segala pertanyaan serta keluh kesah kita. Namun sayangnya dalam beberapa kasus mencari teman yang sesuai kriteria ini tuh bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih pada kasus yang mengarah ke suatu hal buruk atau sering dianggap sebagai aib oleh orang banyak. kalau sudah begitu situasi pelik tadi dapat dipastikan akan makin memburuk hingga akhirnya sampai pada titik nadir yang tidak bisa kita prediksikan lagi.

Seperti pada mereka yang ingin cari tau lebih jauh perihal HIV/AIDS saja misalnya, sebagian besar masyarakat kita yang terlanjur menganggap HIV/AIDS ini sebagai penyakit aib, akhirnya malah membuat masyarakat jadi minim pengetahuan tentang penyakit tersebut. Mungkin ini pulalah yang menjadi sebab banyaknya mitos dan hoax yang beredar di masyarakat kita saat ini.



Dalam sebuah data yang dirilis oleh Kementrian Kesehatan RI, saat ini diperkirakan ada 640 ribu orang dengan HIV (ODHA). dari angka tersebut hanya 48% ODHA yang sadar atau mengetahui kondisi status HIV mereka, sisanya sekitar 52% masih terombang ambing antara ketidakpastian yang diakibatkan oleh rasa malu tiap kali ingin bertanya atau melakukan tes kesehatan.

Masih berdasarkan data yang sama, sebagian besar dari mereka yang ada di presentase 52% tersebut adalah kalangan muda di rentang usia 15-24 tahun. Seperti kita ketahui bersama, golongan usia ini adalah usia yang membutuhkan pendekatan dengan cara berbeda dengan generasi diatasnya. Generasi milenial ini terkenal kurang suka didikte dengan doktrin doktrin yang membosankan, oleh karena itu harus ada cara khusus untuk menangani nya.

Menanggapi permasalahan tersebut, UNAIDS yang merupakan program gabungan PBB untuk HIV/AIDS, bersama Nimbly Technologies dan Botika, akhirnya meluncurkan sebuah platform chat mobile yang terintegrasi dengan aplikasi LINE, dengan karakter teman bagi semua orang yang membutuhkan informasi dan konsultasi seputar HIV/AIDS. “Tanya Marlo”, begitu platform chat mobile ini disebut.



Sesuai dengan segmennya, Tanya Marlo ini memang sengaja didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai chat dengan seorang sahabat dekat yang dapat diajak bicara. Kabar baiknya adalah Marlo ini juga diprogram untuk jadi pendukung setia yang tidak akan membocorkan chat atau curhatan kita ke orang banyak, jadi rahasia kita akan benar-benar terjaga di tangan Marlo.

Karena ditujukan untuk generasi milenial, maka tak heran bahasa yang digunakan oleh Marlo merupakan bahasa gaul yang akrab dikalangan anak muda zaman sekarang, seperti penggunaan Lo untuk penyebutan kamu misalnya. Hal ini semata mata untuk lebih mudah masuk aja ke ‘dunia’ mereka.

Cara untuk dapat berbincang dengan si ganteng Marlo ini pun terbilang cukup mudah, kita hanya perlu meng-add @TanyaMarlo di aplikasi LINE saja, setelah itu kita sudah bisa langsung menikmati berbagai fitur yang ada di Tanya Marlo ini. Ada beberapa fitur menarik yang disediakan oleh Marlo dalam chat mobile Tanya Marlo tersebut, diantaranya adalah, Info HIV, Konsultasi, Kuis, dan Tes HIV.

Info HIV



Di fitur Info HIV ini Marlo telah menyediakan beragam informasi seputar HIV dan AIDS yang disampaikan melalui konten-konten menarik seperti artikel, infografis, perbandingan mitos dan fakta serta video. Ketika kita mengklik “Info HIV” pada saat memulai obrolan dengan Marlo, kita akan langsung ditujukan pada sub fitur yang bisa kita pilih lagi, diantaranya adalah, Mitos atau fakta, Hidup dengan HIV, Pencegahan HIV, dan Pengobatan HIV.

Konsultasi



Di fitur ini kita akan langsung mendapat sapaan akrab dari Marlo yang mengajak kita untuk memilih mau konsultasi dengan konselor via platform LINE atau Whatsapp. Link chat tersebut akan mengarahkan kita pada konselor terpercaya yang telah disediakan UNAIDS. O iya sebelum melakukan chat pribadi tersebut, Marlo juga tidak lupa menyampaikan lagi kalau semua chat yang kita lakukan di link tersebut akan terjamin kerahasiaannya.

Kuis



Di fitur ini kita diajak untuk sedikit bermain dengan tantangan menjawab pertanyaan seputar HIV/AIDS. Kuis disini bukan berarti kita akan mendapat hadiah ya, kuis yang disediakan Marlo ini hanya untuk menguji pengetahuan kita seputar HIV/AIDS saja. O iya, pertanyaan yang diajukan ini ada banyak dan bersifat random, jadi jangan khawatir kalian akan mendapat pertanyaan yang sama terus menerus ya...

Tes HIV



Nah fitur yang satu ini akan amat membantu bagi kita yang ingin melakukan tes HIV atau bagi yang membutuhkan informasi seputar klinikyang menyediakan jasa tes HIV, termasuk lokasi, tata cara, dan jam operasional. Di fitur Tes HIV ini juga kita bisa langsung membuat janji untuk melakukan tes HIV secara online melalui Tanya Marlo.

Ahhh... Marlo emang temen keren buat para milenial yang pengen tau lebih jauh tentang HIV/AIDS deh. Aku sih udah add @TanyaMarlo di LINE, kalau kalian bagaimana teman...? masih ragu kah berteman dengan Marlo di LINE...?

0 komentar:

Posting Komentar