14/09/19

Mau ke Kriya Nusa 2019...? Cek dulu beberapa tips ini ...




Kerajinan tangan selalu berhasil membuatku jatuh hati lagi, lagi dan lagi. Bagi orang lain kerajinan tangan mungkin terlihat ‘biasa’ saja, tapi bagiku kerajinan tangan apapun bentuknya merupakan hasil perpaduan nyata antara ide kreatif, tangan terampil dan emosi sang pengrajin yang terwujud dalam sebuah karya. Hal inilah yang akhirnya membuat kerajinan tangan selalu memiliki kesan eksklusif dimataku.

Alhamdulillah aku tinggal di Indonesia yang memang dikenal sebagai negara yang kaya, tidak hanya kaya akan sumber daya alam saja tapi juga kebudayaan dan kerajinan tangannya. Ada berbagai kerajinan tangan khas Indonesia yang berhasil menembus pasar ekspor, tak tanggung-tanggung angkanya mencapai 1,2 juta dollar AS. Sayangnya wilayah Indonesia yang begitu luas ini seolah malah jadi boomerang bagi masyarakat nya ketika ingin mengenal kebudayaan dan kerajinan tangan dari daerah lain. Berbekal latar belakang inilah akhirnya Pameran Kriya Nusa pun kembali dihelat.


Majukan pengrajin daerah di Kriya Nusa 2019


Aku mendapat info lengkap seputar penyelenggaraan Pameran Kriya Nusa 2019 ini saat menghadiri acara Temu Netizen  yang diadakan di salah satu restoran di Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut, Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriya Nusa pun menyampaikan bahwa tahun ini Kriya Nusa 2019 akan diselenggarakan di Balai Kartini pada tanggal 11-15 September 2019.



Masih menurut beliau, Kriya Nusa 2019 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertema ‘Peningkatan daya saing produk kerajinan melalui pengembangan kreativitas dan kewirausahaan’. Sesuai dengan tema nya, selain akan ada pameran kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia, pada Kriya Nusa 2019 ini juga akan berbagai talkshow menarik terkait pengembangan industri kerajinan daerah.

O iya, tidak seperti pameran lain, Kriya Nusa 2019 ini sama sekali tidak dipungut biaya masuk alias gratis, baik itu pengunjung maupun para pengrajin yang memamerkan karya nya di sana, jadi jangan heran jika harga kerajinan di sana benar-benar murah dan jauh dari harga pasar pada umumnya. Harga murah ini bukan karena kualitasnya yang jelek, tapi karena memang tidak ada penambahan biaya sewa stand yang biasanya membuat harga jadi melambung.




Sepanjang area pameran Kriya Nusa 2019 ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kerajinan tangan yang langsung didatangkan dari para pengrajinnya di seluruh provinsi di Indonesia. Produk-produk ini adalah produk yang telah melalui seleksi di tingkat provinsi masing-masing, jadi kualitasnya pun sudah tidak diragukan lagi.


Tips berkunjung ke Kriya Nusa 2019


By the way, untuk kalian yang ingin memanjakan diri di Kriya Nusa 2019, ada beberapa tips agar tidak menyesal nantinya, berikut diantaranya,

 v  Berkunjunglah ke booth-booth daerah lain,


Paham sih, kadang kita akan cenderung untuk berkunjung ke booth daerah sendiri, tapi agar pengetahuan kita tentang kriya bisa bertambah, akan lebih baik jika kita berkeliling dulu ke booth dari daerah lain. Ini akan jadi keseruan tersendiri yang tidak akan terlupakan loh…


 v  Siapkan uang cash secukupnya


Memang ada beberapa booth yang telah menyediakan system pembayaran non tunai tapi akan lebih baik jika kita menyiapkan uang cash saja, karena tidak semua booth menyediakannya.

 v  Jangan lupa untuk berwisata kuliner


Menariknya pameran Kriya Nusa 2019 ini tidak hanya menampilkan kriya saja, tapi juga berbagai kuliner daerah yang jarang kita temui di perkotaan. So, siapkan perutmu untuk berwisata kuliner juga di Kriya Nusa 2019 ini ya


 
v  Please jangan ditawar


Sebagai orang yang pernah menekuni dunia kriya, aku paham betul bagaimana susahnya menghasilkan sebuah karya kerajinan tangan, jadi untuk menghargai jerih payah pengrajin saat membuat karyanya itu, please jangan ditawar lagi ya. Harga yang diberikan oleh pengrajin biasanya sudah dihitung sedemikian rupa supaya tidak akan dirugikan.


 
v  Kenakan pakaian khas daerah yang nyaman


Karena ini merupakan pameran Kriya seluruh Indonesia maka jangan heran kalau di sana kita akan banyak menemui pengunjung yang mengenakan pakaian khas daerahnya. Nah agar tidak terlihat salah kostum, baiknya sih kita juga mengikuti ritme ini, setidaknya gunakan batik yang nyaman dan modis untuk jalan jalan di Kriya Nusa 2019 ini ya…

Jadi, sudah ada rencana ke Kriya Nusa 2019 belum nih…? Buktikan yuk seberapa Indonesia kah kamu semua dengan datang ke Kriya Nusa 2019 ini…

0 komentar:

Posting Komentar