11/12/20

Wujudkan Impian Punya Smart Home Tanpa Instalasi Rumit ala BARDI

 


Penggemar drama korea pasti sudah tak asing lagi dengan fitur smarthome layaknya gambaran rumah impian masa depan. Rumah yang digambarkan serba otomatis, seperti bisa menyalakan lampu atau berbagai peralatan rumah tangga secara otomatis. Seru kali ya kalau smarthome seperti itu bisa ada di rumah-rumah di Indonesia juga…

Sebenarnya konsep smarthome itu sudah ada loh di Indonesia terutama di perumahan-perumahan elit yang memang dari awal didesain dengan konsep tersebut. Namun kebanyakan dari peralatan pendukung smarthome tersebut membutuhkan instalasi yang rumit. Oleh karena itu impian ku memiliki rumah dengan konsep smarthome sempat kupendam saja sampai akhirnya aku berkenalan dengan produk-produknya BARDI.

For your information, BARDI ini tuh merupakan start-up yang concern terhadap pengembangan konsep smarthome tanpa instalasi yang rumit. Nah aku sudah mencoba langsung dua produk andalan dari Bardi ini, yaitu, BARDI Smart Bulb 9W RGBWW dan BARDI IR Remote 10M – BLK. Dua produk ini saja sebenarnya sudah cukup mewakili konsep smarthome tadi, tapi mencoba produk BARDI punya efek ketagihan loh. Rasanya ya ingin mencoba produk-produk lainnya gituuu deh, hehehe

 

BARDI Smart Bulb 9W RGBWW, Lampu Pintar BARDI yang ajaib

 

BARDI Smart Bulb 9W RGBWW ini tuh merupakan lampu pintar ala BARDI. Lampu ini bisa dikendalikan secara otomatis melalui aplikasi smartphone, mulai dari menyalakan dan mematikannya secara daring, membuat automatisasi nyala dan mati sesuai keinginan, hingga mengganti scene serta warna cahaya yang dikeluarkan. Seru banget deh pokoknya mah.

Cahaya maksimal yang dikeluarkan nya juga cukup terang dengan kecerahan maksimal sampai 810 lumens dan bisa diredupkan sampai 90 lumens. Iya, BARDI Smart Bulb 9W RGBWW ini bisa diterangkan dan diredupkan sesuai keinginan kita. Aku sendiri menggunakan fitur ini untuk mengatur cahaya yang diperlukan saat bekerja dan saat tidur. Saat bekerja dan butuh cahaya maksimal, aku akan memaksimalkan cahayanya, begitu pun sebaliknya saat waktu tidur. Dengan fitur tersebut, otomatis kita tak memerlukan lagi lampu tidur khusus di kamar.



Tak hanya itu saja, BARDI Smart Bulb 9W RGBWW ini juga dilengkapi dengan kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700 k (warm white) hingga 6000k (cool white). Kombinasi warna tersebut memungkinkan lampu ajaib ini bergonta-ganti warna sesuai keinginan kita.

Asyiknya lagi, pada BARDI Smart Bulb 9W RGBWW juga ada fitur music yang membuat nyala lampu berkedap-kedip sesuai iringan music yang disetel. Jadi saat kita butuh lampu layaknya di klub-klub pun bisa pakai BARDI Smart Bulb 9W RGBWW ini.

Daaaannn satu keunggulan lagi yang paling ku suka adalah sistem automatisasi nya BARDI Smart Bulb 9W RGBWW.  Pada saat pertama kali meng-koneksikan lampu ajaib BARDI kita bisa mengatur system otomatisnya. Kerennya, sistem otomatis ini bisa disesuaikan dengan waktu tertentu atau keadaan tertentu. Misal nya untuk mematikan lampu pada siang hari atau mematikan lampu saat smartphone kita menjauh dari rumah. Ini amat membantuku yang sering lupa mematikan lampu.

Lalu, kalau mau pasang BARDI Smart Bulb 9W RGBWW ini apa perlu instalasi khusus? Jawabannya tidak dong, lampu ajaib ini hanya perlu dipasang di ke dudukan lampu E27, yang sangat umum di Indonesia. Benar-benar hanya perlu diputar  seperti biasanya kita memasang lampu saja. Nah kalau sudah terpasang tinggal koneksikan saja dengan akses internet dan aplikasi BARDI. Segampang itu instalasi nya.

 
BARDI IR Remote 10M – BLK

 

BARDI IR Remote 10M – BLK ini merupakan pemancar infra red yang bisa dikendalikan melalui aplikasi. Bisa dibilang ini merupakan remote cadangan untuk beragam produk rumah tangga di rumah. Asyiknya produk rumah tangga yang dikoneksikan ke remote ajaib ini bisa lebih dari satu dan tak harus produk dengan seri terbaru kok.

Aku sendiri udah coba mengkoneksikan LED TV, TV tabung biasa, dan AC dalam BARDI IR Remote 10M – BLK ini. Jadi dengan menggunakan remote ajaib BARDI kita bisa meringkas semua remote yang ada di rumah dalam satu genggaman saja.



 
Satu aplikasi untuk semua produk BARDI

 

Ini hal yang paling aku suka dari konsep smarthome nya BARDI, semua produk BARDI bisa dikendalikan dalam satu aplikasi saja. Jadi tak perlu download banyak-banyak aplikasi. Proses koneksi masing-masing produk juga tidak sulit kok, ada panduan yang biisa diikuti dalam packaging produk nya kok. O iya, produk BARDI juga bisa dioperasikan dengan Google assistant/ alexa juga. Keren banget kaaannn

Btw, masih banyak produk keren dari BARDI yang belum akau coba nih. Sepert udah aku bilang di atas, produk BARDI ini tuh punya efek samping ketagihan. Setelah mencoba dua produk ini aku jadi kepengen coba produk lainnya nih, seperti BARDI Smart IP Camera, BARDI Lampu LED Strip, BARDI smart adaptor, BARDI smart home door lock, dan berbagai produk BARDI lainnya.

Aku aja bisa ketagihan begini, yakin kamu ga mau coba produk BARDI? Kapan lagi kaaan bisa punya smart home dengan harga yang ramah di kantong tanpa instalasi yang rumit kaya gini?!

1 komentar: