23/02/22

Nggak cuma fisik, kesehatan mental juga penting untuk dijaga yaa!


 

Belakangan ini lini masa media sosial ku dipenuhi dengan viralnya film bertajuk ‘Ku Kira Kau Rumah’ yang berkisah tentang isu kesehatan mental. Banyak yang mengaku kalau konflik yang diangkat dalam film tersebut benar-benar related dalam keseharian mereka. Meski belum berkesempatan menonton langsung, namun melihat begitu viralnya film itu, aku bisa menarik kesimpulan bahwa isu kesehatan mental memang tidak bisa lagi kita sepelekan begitu saja, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Situasi pandemi yang penuh ketidakpastian, tak jarang memang membuat kesehatan mental seseorang jadi terganggu. Ya bagaimana tidak, dalam waktu yang hampir bersamaan, kita semua dituntut untuk beradaptasi dengan cara hidup baru lengkap dengan berbagai protokol kesehatan yang membelenggu sembari terus memikirkan cara untuk bertahan hidup di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

Beruntunglah bagi mereka yang sebelum pandemi terjadi memang sudah menyiapkan berbagai dana darurat, jadi bisa fokus menjaga kesehatan diri saja. Namun apa kabarnya masyarakat lain yang sama sekali tak memiliki dana darurat tersebut? Ya bisa ditebak dong, kesehatan mental pun akan dihajar abis-abisan oleh hal ini.  

Kesehatan fisik memang mahal harganya, namun kesehatan mental pun tak kalah mahal. Jadi, jangan sia-sia kan kesempatan untuk menjaga kesehatan mental tersebut yaa. Nah kali ini aku punya beberapa tips cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan oleh kalian semua, berikut diantaranya,

 

1. Eksplorasi diri

Protokol kesehatan di masa pandemi yang membuat banyak orang terbelenggu adalah karena ‘dipaksa’ untuk membatasi mobilitas dan menjaga jarak satu sama lain. Ini jelas sulit untuk dilakukan, apalagi bagi mereka yang memang terbiasa sibuk di luar rumah. Rasa jenuh dan lelah berlebih karena keterbatasan ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mental loh. Hal ini perlu kita hindari secepatnya.

Ambil positif nya saja, paling tidak saat ini kita jadi punya banyak waktu lebih untuk meng-eksplorasi diri. Coba pikirkan lagi, hal apa yang dari dulu ingin dilakukan tapi belum sempat kamu lakukan, mungkin inilah saat nya memulai dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau mencoba sesuatu yang baru, seperti memasak menu favorit, mencoba resep viral, bercocok tanam, dan masih banyak lagi.

Percaya deh, dengan fokus pada diri sendiri, kadar stress yang mungkin timbul bisa terkendali dan kesehatan mental pun dapat terjaga dengan baik.

 


2. Mendengarkan lagu

 

Mendengarkan lagu  bisa jadi salah satu cara untuk membangun mood dan menjaga kesehatan mental loh, apalagi buat kamu yang memang hobi mendengarkan lagu dari penyanyi kesayanganmu. Tapi tenang saja, buat yang kurang suka mendengarkan lagu, bisa coba mendengarkan musik klasik atau suara alam yang menenangkan. Jujur, saat sedang gundah gulana, mendengarkan suara gemericik air dari spotify menjadi salah satu aktifitas favoritku. Rasanya lebih tenang aja gitu, hehehe.

 

3. Bermedsos dengan positif

 

Kabar baiknya, pandemi ini terjadi di saat teknologi dan dunia virtual sudah sedemikian maju. Ya coba saja bayangkan jika pandemi terjadi sebelum ada smartphone atau social media, duuuh pasti bakal lebih sepi lagi yaa. Sayangnya, social media yang diharapkan menjadi hiburan saat ini justru malah sering dipakai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax, huhuhu.

Oleh karena itu, aku ingin mengajaka semua yang mebaca tulisan ini untuk kembali menciptakan atmosfer sehat di lini masa sosial media kita. Yuk kembalikan lagi hakekat dari Sosial media yang kita bangun. Jadikan media sosial kamu sebagai sarana hiburan. Contoh simple deh, kamu bisa menonton video lucu di tiktok alih-alih menonton berita yang belum jelas kebenarannya.

 

4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman

 

Meski ada himbauan untuk membatasi mobilitas dan menjaga jarak, bukan berarti kita harus menjauhi kerabat dan sanak saudara kok. Kita tetap bisa menjalin komunikasi secara virtual melalui voice call, video call/conference, dan masih banyak lagi cara lainnya. Dengan berinteraksi secara virtual seperti ini, silaturahmi pun akan tetap terjaga dengan baik tanpa harus meninggalkan rumah. Tak hanya itu saja, kesehatan mental mu pun ajan tetap terjaga.

 


 

5. Menjaga kesehatan finansial dengan asuransi rawat jalan

Finansial dan kesehatan mental memang selalu berkaitan yaa, siapa coba yang tidak stress jika harus kehilangan penghasilan atau terkena kebijakan pengurangan gaji di masa pandemi?! Oleh karena itu, tak salah dong ya kalau aku katakan mengelola keuangan pribadi dengan baik juga bagian dari usaha menjaga kesehatan mental kita.

Nah salah satu cara mengelola keuangan yang bisa kita lakukan adalah dengan menyiapkan perlindungan diri yang maksimal. Dengan memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa maka otomatis kita bisa menghindari resiko diri dan finansial di masa depan.

By the way, buat yang sedang cari perlindungan diri, bisa banget tuh cari tau lebih jauh soal FWD Insurance, karena FWD Insurance menghdairkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan diri menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra.

Di FWD Hospital Care Protection kita bisa memilih berbagai pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan kita. Tak hanya itu saja, FWD Hospital Care Protection juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan manfaat rehabilitasi, konsultasi gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan.

Kerennya lagi, FWD Hospital Care Protection juga memberikan manfaat tambahan lain yaitu limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman serta didukung oleh jangkauan perlindungan di seluruh dunia dan pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX. Untuk info selengkapnya soal FWD Insurance, bisa langsung aja kunjungi laman  https://www.fwd.co.id/

                               

Gampangnya, kalau kesehatan finansial dapat terjaga dengan baik, maka sama artinya kamu juga sudah memutus salah satu celah yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental mu. So, perencanaan keuangan yang baik ini penting banget untuk dilakukan sesegara mungkin. Tetap semangat menjaga kesehatan mu yaa, baik itu kesehatan fisik, mental maupun finansial. Pokoknya semua harus terjaga dengan baik. Setuju?

 



0 komentar:

Posting Komentar