29/12/18

Mau beli mobil keluarga...? Yuk siapkan keempat hal ini dulu...



Bagi sebagian besar masyarakat perkotaan, memiliki kendaraan roda empat bukan lagi untuk pemenuhan kebutuhan belaka tapi telah mengarah pada gaya hidup, terbukti dengan banyaknya keluarga yang memiliki mobil lebih dari satu. Namun hal ini tidak berlaku untukku, keberadaan tiga orang anak dalam keluarga, membuatku mulai mengidamkan sebuah mobil sebagai alat transportasi andalan.

Yup, aku jelas amat memimpikan kepemilikan sebuah kendaraan roda empat, namun impian ini tak lantas membuatku lupa daratan dan menjadi salah langkah. Aku sadar betul kalau membeli mobil pertama bagi keluarga itu tidak bisa sembarangan. Berdasarkan hasil sharing bersama teman yang telah lebih dulu memiliki sebuah mobil serta hasil perburuanku dari belantara google, akupun merangkum beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk memiliki kendaraan roda empat itu, berikut diantaranya,

  1. Siapkan lahan parkir

pic : pixabay.com


Ini menjadi poin pertama yang harus diperhatikan karena jujur aku sering merasa miris tatkala banyak warga di sekitar rumahku yang memiliki mobil tapi tidak menyiapkan garasinya sehingga memakai badan jalan untuk parkir. Menurutku hal ini sama artinya dengan mengambil hak orang banyak atas jalan tersebut. Jadi, sebisa mungkin sebelum memutuskan untuk memiliki mobil, siapkan terlebih dahulu garasinya.

Jika memang tidak memiliki lahan lagi untuk menjadi garasi, mau tidak mau kita harus mencari tempat parkir terdekat untuk mobil yang akan kita beli. Walau harus mengeluarkan sejumlah dana untuk sewa garasi itu, namun insya Allah akan lebih aman.

  1. Cek dan pilih jenis mobil sesuai kebutuhan



Pemilihan jenis mobil ini juga terbilang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kita malah terkesan ‘membuang-buang’ duit hanya karena salah pilih jenis mobil. Jika memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, tentu akan lebih baik jika kita memilih mobil keluarga alih-alih mobil mini ala smart city itu.

  1. Pilih cara pembayaran, apakah mau cash atau kredit

Mengingat harga kendaraan roda empat yang tidak murah, cara pembayaran pada saat pembelian ini pun menjadi sat hal yang wajib kita pikirkan dengan sebaik-baiknya. Jika memilih untuk melakukan pembayaran secara cash, maka akan lebih baik jika kita mengecek dulu budget yang dimiliki sementara itu kalau ingin membeli mobil secara kredit maka kita wajib meneliti dulu perihal tenor, bunga, biaya admin, dan lain sebagianya.



  1. Siapkan asuransi

Meski tidak berharap ada suatu hal buruk terjadi pada mobil yang akan dibeli, kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dimasa depan. Jadi mempersiapkan asuransi untuk mobil sesaat setelah transaksi pembelian adalah pilihan terbaik pastinya.

O iya memilih asuransi untuk mobil juga tidak bisa dikatakan mudah, ada begitu banyak tawaran di pasar asuransi lengkap dengan plus minusnya masing-masing. Oleh karena itu, untuk memilih asuransi kendaraan yang cocok juga bisa menjadi peer tersendiri bagi kita. Setidaknya kita harus sedikit berselancar secara online maupun offline demi memperbandingkan antara satu asuransi kendaraan dengan asuransi lainnya.

Lalu bagaimana dong...? O tenang aja, sekarang kan ada Futuready, sang supermarket asuransi online yang telah memiliki lisensi lansung dari OJK. Sesuai dengan namanya, di Futuready kita bisa membeli produk asuransi dari berbagai provider, seperti asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, Asuransi mobil ACA, dan beragam produk asuransi lain.



Kabar baiknya adalah kita tidak perlu khawatir perihal keamanan asuransi yang kita pilih di Futuready, karena Futuready telah benar-benar selektif memilih produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menyampaikannya pada kita dengan cara yang informatif, ringkas, jujur dan tidak memihak.

Selain itu pengurusan klaim di Futuready tuh amat mudah dan akan dibantu oleh CS profesional melalui telpon dan online. O iya untuk pengajuan asuransi mobil, persetujuan asuransinya tuh tidak membutuhkan waktu yang lama serta tidak membutuhkan survey yang macam-macam, cukup kirim foto secara online saja.

Ahhh... aku jadi makin pengen deh punya sebuah mobil yang siap mengantarkan keluargaku kemana saja. Cuss lah siapkan dulu keempat hal diatas deh supaya proses kepemilikan roda empat ini bisa berjalan lancar. Amiin... Aamiin... Aamiin...

2 komentar:

  1. Selama ini nggak kepikiran asuransikan Mobil. tapi setealh baca baca kayaknya perlu banget. karena asuransi mobil sudah selesai sejalan dengan selesainya kreditan mobil. hehehe

    Oh ya, future ready juga ada asuransi motor nggak ya?

    BalasHapus
  2. Rumah aku dikampung, dan tempat parkir mobil didepan rumah sering dipakai tetangga. hahaha. Memang kalau niat punya mobil harus dipikirkan benar benar tentang parkir mobil, jangans amapai diparkir di samping jalan.

    BalasHapus