18/01/19

4 Trik mempersiapkan libur lebaran

mempersiapkan libur lebaran


Waktu memang berjalan begitu cepat ya, rasanya baru kemarin kita merasakan serunya mempersiapkan libur lebaran eh dalam beberapa bulan kedepan kita akan merasakan kembali keseruan tersebut. Mungkin karena Indonesia ini merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, jadi tak heran jika suasana libur lebaran tuh lebih terasa’ dibandingkan dengan negara lain.


Saking antusiasnya masyarakat kita dalam mempersiapkan libur lebaran ini, segala sesuatu perihal libur lebaran itu benar-benar harus disiapkan dari jauh hari. Seperti saat ini misalnya, persiapan libur lebaran 2019 yang diperkirakan jatuh pada tanggal 5-6 Juni 2019 tersebut pun sudah mulai dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Namun bak memakan buah simalakama, mempersiapkan libur lebaran yang masih jauh itu memang menghadirkan dilema tersendiri. Disatu sisi, kita harus membeli tiket dari jauh hari agar tidak sampai kehabisan seat, namun disisi lain kita pun dihadapkan pada dilema perihal waktu keberangkatan yang pastinya akan amat berkaitan dengan waktu cuti yang diberikan oleh perusahaan tempat kita bekerja.

Trik mempersiapkan libur lebaran 2019


Nah, bicara soal ini, aku punya beberapa trik nih untuk menyiasati agar si buah simalakama yang terpaksa harus kita makan itu tetap terasa nikmat, berikut diantaranya,

1. Pilih waktu yang paling mendekati tepat

mempersiapkan libur lebaran


Aku sih paham banget kalau yang namanya memilih waktu keberangkatan libur lebaran ini agak susah mendekati kata ‘tepat’ tapi tetap bisa diminimalisir juga kok kesalahannya, contohnya seperti pada libur lebaran 2019 ini misalnya, cuti bersama diperkirakan akan jatuh pada tanggal 3-7 Juni 2019. nah jika sudah mengetahui perkiraannya, langkah selanjutnya adalah tinggal mencocokan waktu keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh ke kampung halaman agar bisa sampai tepat pada waktu yang diinginkan.

O iya karena di Indonesia ini mudik sudah menjadi tradisi, maka bisa dipastikan kalau hampir semua pemudik itu juga memiliki pemikiran yang sama, maka tak heran jika perebutan tiket ditanggal-tanggal tersebut tuh terbilang ‘garang’. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita membelinya benar-benar dari jauh hari ya...

2. Pastikan lagi berapa anggota keluarga yang akan ikut

Kepastian jumlah anggota yang akan ikut dalam liburan lebaran ini tuh kan berkaitan dengan jumlah tiket yang akan dipesan, jadi sebisa mungkin jangan sampai salah, kenapa...? karena jika ada anggota keluarga yang ketinggalan memesan tiket itu maka kemungkinan besar tidak akan dapat pergi dalam satu waktu, dan ini jelas akan lebih mempersulit kita.

3. Siapkan anggaran

Dengan membeli tiket lebih awal maka secara otomatis kita juga harus mempersiapkan anggaran libur lebaran tadi dari jauh hari. Menurutku sih ini justru merupakan langkah terbaik karena nantinya uang THR yang kita miliki itu bisa dialokasikan sebagai dana cadangan saat libur lebaran saja. Jadi libur lebaran kita pun akan lebih tenang dan nyaman pastinya.

mempersiapkan libur lebaran



4. Pilih tempat pembelian tiket dengan jeli

Ternyata sebenarnya yang paling pokok dan paling berperan dalam hal ini adalah tempat pembelian tiket itu sendiri loh... yup, karena sekarang sedang menjamur tempat-tempat pembelian tiket baik itu secara online maupun offline, maka kita pun sebagai customer harus benar-benar jeli memilihnya.

Berdasarkan pengalaman saat aku berlibur ke Bandung beberapa waktu yang lalu, aku sih merekomendasikan Traveloka sebagai e-commerce tiket perjalanan terbaik. Alasannya simpel karena di Traveloka aku mendapat berbagai kemudahan dari sifat fleksibilitas yang ditawarkannya.

Saat liburan kemarin, aku terpaksa harus memangkas liburan karena mendapat panggilan job yang tidak bisa kutolak. Pemangkasan waktu liburan ini pun jelas berdampak pada tiket pulang yang sudah terlanjur aku beli. Tadinya aku sempat ingin mengikhlaskan saja tiket pulang tersebut, namun salah seorang teman memberitahu kalau ternyata pembelian tiket di Traveloka itu bisa dire-schedule. Alhamdulillah banget kan...?!

Nah berbekal latar belakang inilah akhirnya aku pun makin jatuh hati pada Traveloka. Sifat fleksibilitas yang ditawarkan Traveloka ini jelas akan amat membantu kita saat menghadapi dilema ketika memesan tiket lebaran nanti.  


Kurang lebih sih empat hal itu saja yang menurutku akan amat berpengaruh pada ‘rasa dari buah simalakama’ yang biasanya kita makan saat mempersiapkan libur lebaran nanti. Bismillah yuk, Insya Allah libur lebaran 2019 ini akan lancar... Selamat mempersiapkan libur lebaran ya...

1 komentar:

  1. Kaak.. aku belum kepikiran buat liburan buat libur lebaran tahun ini.. Tapi jadi note sih siapa tau dadakan pengen liburan.

    BalasHapus